Pengalaman Membeli dan Memasang Custom Domain Melalui Niagahoster

Cara Memasang Top Level Domain melalui Niagahoster

“Yeyy… Akhirnya sudutpandangnovita berhasil mengubah domain blogspot menjadi domain .com!!”. Ada rasa bahagia, setelah 2 hari belajar memasang Top Level Domain (TLD) untuk pertama kalinya dan akhirnya berhasil. Nah pada artikel kali ini aku mau ceritakan gimana pengalamanku membeli dan memasang custom domain melalui Niagahoster.

Kenapa sih akhirnya aku memutuskan untuk upgrade domain dari blogspot menjadi .com? Pertimbangan pertamaku selain untuk memperpendek url blog, paling tidak dengan membeli domain dapat meningkatkan semangat aku untuk lebih rajin menulis.

Selain itu, memasang TLD adalah salah satu materi dari blogspedia coaching4. Bersama coach Maritaningtyas mendapatkan materi tentang cara memasang TLD . Namun dalam tutorial tersebut ternyata ada update perkembangan sistem dari niagahoster. Jadi, dalam artikel ini aku akan jelaskan langkah-langkah secara detail mulai dari awal sampai akhir.

Sebelumnya, yuk kita pahami dulu apa itu Top Level Domain (TLD).

Apa itu Top Level Domain (TLD)

TLD adalah bagian akhir nama domain yang terletak setelah tanda titik atau “dot” terakhir pada domain. Karena top level domain ini berada pada akhir nama domain, ini disebut juga dengan domain suffix.

Sebelum mengenal TLD lebih lanjut, kita harus tahu bahwa nama domain dibagi menjadi tiga level yaitu:

- Subdomain yang berada pada bagian depan atau kiri;
- Second-level domain atau label yang berada di tengah, dan;
- Top level domain yang terletak pada akhir atau bagian paling kanan nama domain.

Nama domain yang memiliki second dan top-level domain disebut dengan Fully Qualified Domain Name (FQDN).

Untuk lebih jelasnya, mari ulas lebih dalam lagi contoh dari nama domain www.sudutpandangnovita.com.

- www : adalah subdomain
- sudutpandangnovita : adalah mid level domain
- .com – adalah top-level domain

Semua level domain di atas dipisahkan dengan titik atau “dot”.

Seperti yang terlihat pada contoh, top-level domainnya adalah .com – yang menunjukkan bahwa situsnya adalah situs komersial.

Kemudian Top Level Domain ini memiliki beberapa kelebihan, di antaranya:

1. Memperkuat Identitas
2. Meningkatkan Kepercayaan
3. Regionalisasi
4. Pemilihan Nama yang Lebih Spesifik
5. Dapat Meningkatkan SEO
6. Ketersediaan Nama Domain yang Lebih Baik

Cara Membeli Custom Domain Melalui Niagahoster

Setelah mendapatkan penjelasan dari coach Maritaningtiyas bagaimana cara kita membeli custom domain dan bisa membeli pada jasa penyedia domain mana saja, serta mendapatkan gambaran kelebihan dan kekurangannya. Maka aku putuskan untuk membeli pada penyedia domain Niagahoster

Berikut langkah-langkah cara membeli custom domain melalui niagahoster yang terlah aku lakukan:

1. Buka Niagahoster pada browser atau hp laptop kalian. Tapi buat kalian yang pemula aku     
    rekonmendasikan lebih pakai laptop atau computer saja, agar lebih mudah.

Penyedia Domain Murah Niagahoster

2. Klik kolom “Domain” kemudian pilih “Cari & Cek Domain” untuk melihat apakah custom domain        yang kita inginkan tersedia atau tidak.

Niagahoster

3. Kemudian ketiklah nama domain yang kita inginkan dan klik “Cek Sekarang”, cek tersedia atau           tidak.

Niagahoster

Nah, setelah itu kita akan tau apakah nama domain yang kita inginkan tersedia atau tidak. Jika tersedia akan muncul seperti gambar di bawah ini. Tertera keterangan nama domain dan harganya, seperti sudutpandangnovita.com  tersedia dengan harga Rp. 147.900/tahun. 

Niagahoster
 

    Kemudian kita dapat memilih paket domain seperti gambar di bawah ini.

Paket Domain Niagahoster


4. Setelah itu silahkan kalian yang sudah memiliki akun bisa langsung login namun buat kalian yang belum memiliki akun untuk membuat akun terlebih dahulu. Kebetulan aku belum memiliki akun, jadi harus membuat akun terlebih dahulu. Setelah itu lakukan pengisian data.

Niagahoster

5. Lakukan login bisa menggunakan Facebook atau Google untuk masuk dalam halaman pembayaran. Kebetulan saya memilih menggunakan Google. 

Niagahoster

6. Pilihlah bank yang akan kita gunakan untuk membayar.

Pembelian Domain di Niagahoster

Setelah itu, kita akan mendapatkan nomor akun. Harga yang tertera diawal akan ditambah dengan PPN 11% ya. Jadi dari harga awal sebesar Rp. 147.900/tahun setelah ditambah pajak harga yang harus saya bayar yaitu Rp. 167.288/tahun.

Pembayaran Domain Niagahoster

7. Lakukan Verivikasi Email. Jadi kita harus cek email dan lakukan (klik) verifikasi. Jika verifikasi belum berhasil makan status verifikasi keterangan "Menunggu" seperti pada gambar di bawah ini.

Melakukan Verifikasi Email Niagahoster

Nah, pada tahap ini biasanya kita akan harap-harap cemas. Dari pengalaman saya harus menunggu beberapa jam sampai status berubah menjadi terverifikasi. Nah, sampai akhirnya status berubah seperti pada gambar di bawah ini.

Pembelian Domain Terverifikasi Niagahoster

Jika status sudah terverifikasi, maka artinya pembayaran kita sudah berhasil dan kita sudah bisa melakukan setting di dalam blog kita ya sobkres...

Cara Memasang Custom Domain Melalui Niagahoster 

Langkah selanjutnya yaitu memasang domain yang sudah kita beli dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.

1. Masuk ke Menu DNS/Namesaver

Lalu pilih Kelola DNS Record. Fokus pada list di tabel bawah, yaitu CName dan A

Memasang Domain Niagahoster

2. Buka Akun Blogspot

Masuk ke Setting dan cari Custom Domain. Isi dengan domain yang sudah berakhiran .com dan Save. 

Cara Setting Domain Baru

3. Edit CName di Niagahoster

Lakukan edit pada Tipe CName di bagian Target. Isian pada Target di dapat dari tulisan kecil warna merah, untuk menghindari typo lebih baik Copy dan paste saja. Isi Name dengan www. Dan Target (Destination) dengan ghs.google.com dan jangan lupa klik Perbarui (Update).

4. Tambah CName dengan Tambah Record

Masih merujuk pada tulisan kecil merah di Custom Domain Blogspot, Isi kolom Name dengan kombinasi huruf angka dan target (Destination). Jika sudah, jangan lupa perbarui. Jadi akan ada 2 CName pada list DNS Record.

5. Edit List A

List A, terletak di baris terakhir. Fungsi A ini sebagai penunjuk arah bagi pegunjung ke blog, tanpa pengunjung menuliskan www. atau https. Cukup dengan mengetik nama domain, Google akan langsung membawa pengunjung ke blog kita. Bagian yang diedit pada list A ini adalah Mengarah Ke (lihat kotak merah) dengan salah satu dari daftar berikut :
216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

Untuk menghinari typo, sebaiknya copy paste saja ya. Kemudian klik Perbarui.

6. Kembali ke Setting Blogspot

Aktifkan Redirect Domain dan HTTPS Availability dan Redirect.

Pengaturan Pemasangan Domain Baru di Blog

Daan finish, kita telah berhasil membeli dan memasang custom domain melalui Niagahoster. Tinggal menunggu singkronisasi Niagahoster dan Blogspot, ini membutuhkan waktu sekitar 15 menit sampai 3 jaman. Jadi jangan cemas ya, sering-sering cek saja sambil mengerjakan pekerjaan lainnya 😊

Hambatan dan Tantangan Proses Upgrade Domain

Karena masih baru pertama kali, jadi aku perlu waktu sekitar 2 hari dari mempelajari awal, mencoba langkah-langkahnya sampai tahap akhir berhasil setting di blog. Dan ada 2 fase menunggu yang membuat aku sedikit khawatir melakukan langkah yang salah. Pertama, menunggu berubahnya status verifikasi email pembelian domain. Kedua, pada langkah terakhir setelah melakukan setting pemasangan domain baru pada blog. Namun, aku mengatasi kecemasanku dengan cara berkomunikasi melalui chat dengan customer service Niagahoster. Tenang saja mereka ramah dan fast respon banget Lho..

Customer Service Niagahoster

Perasaan setelah TLD Terpasang dan Harapanku ke Depannya

Setelah berhasil memasang TLD, pastinya seneng dunk... hehehe.... Semoga bisa menjadi pemantik semangatku untuk lebih konsisten dalam menulis dan berbagi dengan sobat kreasi semuanya.... Demikianlah sekelumit share pengalaman dari aku membeli dan memasang custom domain melalui Niagahoster. Komen ya kalian yang sudah berhasil juga... atau mungkin ada yang mengalami kendala. Boleh banget berbagi pengalaman di kolom komentar ya... 😉

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Semoga sudutpandangnovita dapat membuat readers nyaman.

Ditunggu celotehnya dikolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup ya... 😊