Pengalaman Bersama Canva: Mendesain Infografis Blog Lebih Mudah dan Cepat

Desain Grafis Menggunakan Canva


Hai, sobat kreasi… Kali ini aku mau share pengalamanku bersama canva. Dari awal blog ini dibuat, canva bantu aku banget buat mendesain infografis blog sudutpandangnovita ini menjadi lebih mudah dan cepat.

Namun meskipun sudah sering menggunakan canva, awalnya aku belum benar-benar paham tentang desain infografis blog sampai berjumpa dengan coach hamimeha  dalam blogspedia coaching#4. Pembahasan yang seru terkait dengan desain infografis blog menggunakan canva menambah pengetahuanku.

Dari banyaknya platform desain dan komunikasi visual online yang hadir, canva menjadi salah satu yang banyak direkomendasikan untuk digunakan. Kenapa ya?

Jawabannya, karena rata-rata orang suka menggunakan canva karena dapat membuat desain apa pun dan mempublikasikannya di mana pun. Nah, yuk kita bahas lebih detail tentang canva dan bagaimana pengalamanku memulai mendesain infografis blog menggunakan canva.

Apa sih Canva itu?

Canva merupakan sebuah platform yang dapat digunakan dalam desain grafis serta konten publikasi secara online baik melalui browser desktop atau aplikasi mobile yang dapat didownload melalui App atau Play Store. Canva menawarkan dua versi yaitu versi gratis dan versi berbayar (Pro).


Platform Canva


Canva Platform Visual untuk Semua 

Sejak pertama diluncurkan, canva semakin banyak diminati oleh masyarakat. Dari tahun ke tahun pengembang terus berupaya untuk berinovasi menyempurnakan layanannya. Hingga sekarang platform canva dapat menawarkan layanan yang super lengkap untuk untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan desain kita baik untuk kebutuhan personal maupun professional.
Canva dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan desain, di antaranya:

a. Membuat konten media sosial dengan pilihan bermacam-macam animasi atau static

b. Mengedit video untuk berbagai platform media sosial, seperti Instagram, Facebook, TikTok,        Pinterest, LinkedIn, dan YouTube

c. Membuat presentasi dengan berbagai template yang manarik

d. Mendesain poster, flyer, brosur, iklan, postcard, business card, newsletter, dan invoice untuk kebutuhan bisnis dan sebagai digital marketing tools

e. Membantu menyusun format resume, CV, letterhead, proposal, sertifikat, serta berbagai kartu dan undangan

f. Menyusun infografis, mind map, kolase foto, virtual background, format kalender, worksheet, planner, peta konsep, dan wallpaper/background layar gadget.



Canva


Kelebihan dan Kekurangan Canva 

Akan banyak sekali keuntungan yang kita dapatkan dengan menggunakan platform canva, karena canva memiliki banyak kelebihan. Kelebihan yang dimiliki menjadikan canva hingga saat ini menjadi salah satu web dan aplikasi terbaik untuk design grafis. Berikut beberapa kelebihan dari canva.
a. Tersedia dalam versi aplikasi dan web, sehingga selain bisa digunakan dengan komputer juga bisa menggunakan gawai.

b. Memiliki beragam desain yang lengkap dan menarik, fiturnya sangat lengkap, baik untuk video, foto, power point dan dokumen

c. Tools sangat lengkap meliputi template, font dan lain sebagainya

d. Fitur sangat lengkap untuk editing dan membuat design

e. Cara memakainya sangat mudah dibanding aplikasi atau platform lain

f. Hasilnya bisa diunduh dengan berbagai format seperti JPG, PDF dan lainnya

g. Bisa menyimpan hasil design secara otomatis, jadi tidak perlu khawatir hasil progress editan kita akan hilang

Namun, dengan berbagai kelebihannya canva juga memiliki kekurangan ya sobat. Di antara kekurangan yang paling menonjol menurut aku yaitu kita harus selalu online ketika menggunakan platform ini. Jadi tanpa jaringan internet, kita tidak bisa menggunakan canva, bahkan ketika jaringan internet kita tidak stabil juga sangat mengganggu kegiatan desain kita.

Selain itu, karena memang canva menyediakan versi gratis dan versi berbayar (Pro) maka tidak semua fitur dan tools bisa diakses secara gratis pada versi gratis. Kita harus menggunakan versi berbayar (Pro) jika ingin menggunakannya.

Pengalaman Bersama Canva dalam Mengembangkan Blog sudutpandangnovita

Dari awal blog ini dibuat, desain dari infografis aku buat di platform canva. Aku merasa mendesain infografis blog dengan canva mudah dan cepat. Berikut pengalamanku menggunakan canva Ketika mendesain infografis blog ini yang bisa juga kalian lakukan.

a. Membuat Akun Canva 

Langkah awal yang harus kita lakukan pastinya adalah membuat akun canva ya sobat. Caranya yaitu dengan membuka situs atau aplikasi canva kemudian klik opsi “sign up” pada bagian pojok kiri atas. Kemudian kita dapat membuatnya akun canva dengan memilih ingin melalui akun Google, Facebook, atau alamat surat elektronik atau email.

b. Membuat Desain 

Setelah kita berhasil membuat akun canva, baru kemudian kita dapat membuat desain grafis. Kita dapat memilih salah satu jenis konten yang ingin kita buat.

c. Memilih Background 

Selanjutnya kita dapat memilih background yang kita inginkan, sesuai dengan konsep desain yang akan kita buat. Dalam halaman editor tersedia berbagai template background dengan berbagai pilihan gambar dan warna.

d. Mengedit Background 

Setelah kita memilih template background kita dapat berkreasi dengan melakukan edit sesuai dengan konsep desain yang kita inginkan ya sob..

e. Menambahkan Teks pada Desain 

Pada umumnya desain grafis berisi kombinasi antara gambar dan teks, tujuannya yaitu agar informasi yang ingin disampaikan lebih mudah dipahami oleh pembaca. Oleh karena itu kita dapat menambahkan penjelasan berupa teks pada desain grafis kita di canva. Kita juga dapat memindah letak atau mengatur teks mulai dari gaya tulisan, warna, ukuran sesuai dengan yang kita inginkan.

f. Mengunduh Desain yang Sudah Jadi

Langkah terakhir yaitu kita dapat mengunduh desain yang sudah jadi sesuai dengan format yang kita inginkan seperti PNG, JPG, atau PDF. Selain itu kita juga dapat membagikan hasil desain kita ke media sosail Lho…

Berikut kumpulan beberapa desain terakhir yang aku sudah buat ya sob…


Canva

Sedangkan keyword yang beberapa kali aku gunakan seperti “optimasi blog”, “produktif”, “gambar anak”, dan keyword lain sesuai dengan kebutuhan kontenku.

Bagaimana? Mudah sekali kan…??

Yups, mudah dan cepat!!


Begitulah sekelumit pengalaman bersama canva menjadikanku dapat mendesain infografis blog lebih mudah dan cepat. Mungkin sebagian dari sobat kreasi sudah sering menggunakan canva dalam memenuhi kebutuhan desainnya. Namun, mungkin masih banyak yang belum pernah mencobanya. Atau mungkin ada yang pernah menggunakan platform desain yang lainnya?. Boleh banget sharing di kolom komentar ya… Yuk belajar bersama…

4 komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Semoga sudutpandangnovita dapat membuat readers nyaman.

Ditunggu celotehnya dikolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup ya... 😊
  1. Aku seneng baca tulisan ini, runut sekali pengalaman sama Canva nya.. Makasih mba Novita

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih kak, sudah mampir membaca tulisanku.. semoga bermanfaat ya..

      Hapus
  2. Info tentang Canvanya komplit banget, Mbak 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. hallo kak santi, terimakasih sudah mampir membaca tulisanku.. semoga bermanfaat

      Hapus