Esai Manfaat Media Sosial untuk Berbisnis: Yuk Aktivasi Penjualan melalui Media Sosial!!

Media Sosial untuk Bisnis

Hai, sobat kreasi...yuk belajar bareng lagi dikolom edukasi sudutpandangnovita 
Kali ini aku menyusun esai tentang manfaat media sosial untuk berbisnis.

Nah, buat kalian yang baru memulai membangun bisnis atau ada keinginan untuk memulai berbisnis, boleh banget ya simak artikel ku ini. Setidaknya untuk gambaran pengetahuan terkait pengembangan bisnis kalian nanti dengan memanfaatkan media sosial...

Namun, sebelum membahas lebih lanjut kita perlu paham dulu konsep dasar media sosial, dan apa kelebihan dan kelemahannya.

Apa Sih Media Sosial?

Media sosial merupakan salah satu bagian dari pemasaran digital. Pemasaran digital merupakan segala bentuk pemasaran melalui internet, termasuk media sosial. 

Media sosial memungkinkan perusahaan dan individu untuk menjangkau audiens yang lebih luas, media sosial juga memungkinkan untuk melakukan monitoring brand reputation, melakukan analisis terhadap konsumen dan feedback yang diterima serta melakukan strategi pemasaran yang tepat.

a. Dasar dalam Pemahaman Media Sosial

- Peningkatan jumlah usaha online
- Munculnya aneka inovasi baru
- Perkembangan internet
- Pemasaran melalui media sosial semakin populer
- Penjualan tidak sekedar mencari keuntungan2

b. Fungsi Media Sosial secara Umum

- Komunikasi
- Branding
- Tempat usaha
- Marketing

c. Kelebihan dan Kekurangan Media Sosial

Kelebihan

- Dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain secara efektif
- Memungkinkan untuk berbagi konten dengan orang lain secara mudah dan cepat, seperti foto video dan teks
- Memiungkinkan untuk menemukan dan bergabung dengan komunitas yang memiliki minat yang sama
- Dapat meningkatkan brand
- Dapat digunakan untuk mengumpulkan data dan analisa pasar
- Dapat menjadi sumber informasi
- Meningkatkan konektivitas sosial dan menjalin hubungan dengan orang lain. 

Kekurangan 

- Dapat mempengaruhi kesehatan mental seperti depresi, kecemasan dan trauma
- Dapat menyebar luaskan masalah privasi yang kompleks
- Dapat menyebabkan masalah keamanan seperti hacking
- Dapat menyebabkan masalah sosial seperti hacking dan phisisng
- Dapat menyebabkan masalah hukum

Manfaat Media Sosial untuk Bisnis

a. Brand Awareness

b. Marketing

c. Pelanggan Engagement

d. Data Analisis

e. Influencer Marketing

f. E-commerce

g. CRM (Customer Relationship Management)


Media Sosial



27 komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Semoga sudutpandangnovita dapat membuat readers nyaman.

Ditunggu celotehnya dikolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup ya... 😊
  1. Bagaimana penggunaan fitur dalam aplikasi tik tok

    BalasHapus
  2. Bagaimana cara penggunaan fitur dalam aplikasi tiktok

    BalasHapus
  3. Bagai mana cara penggunan fitur dalam aplikasi tik tok

    BalasHapus
  4. Cara menggunakan fitur Tik Tok

    BalasHapus
  5. Bagaimana cara penggunaan fitur di aplikasi tiktok yaitu salah satunya timer Fitur dari TikTok ini bisa menjadi asisten pribadi untuk kamu dalam membidik objek video. Kalau kamu nggak punya orang di sekitar yang bisa membantu mengambil video, fitur ini akan sangat berguna. Karena menggunakan timer ini kamu dapat melakukan pengambilan gambar sendiri.

    BalasHapus
  6. Cara penggunaan fitur dalam aplikasi tiktok salah satunya adalah fitur tambahan musik supaya video kamu lebih seru lagi, fitur musik menjadi salah satu yang utama untuk mendukung kamu menghasilkan konten video. Musik yang terdapat di aplikasi ini juga begitu banyak dari sejumlah kategori yaitu, Valentine, Dangdut, Back to 90s dan lain sebagainya.

    BalasHapus
  7. Bagaimana cara menggunakan fitur di aplikasi tiktok?
    Penggunaan fitur di aplikasi tiktok di kendalikan oleh pengguna tiktok/pengguna handphone,kita bisa tinggal memilih apa yang kita inginkan pada fitur tiktok yang telah ada.

    BalasHapus
  8. Cara penggunaan filtur di aplikasi tiktok yaitu salah satu nya dengan efek filter yang memperindah tampilan fisik dengan filter yang sudah di sediakan oleh tiktok.

    BalasHapus
  9. Cara penggunaan fitur dalam aplikasi tiktok salah satu nya adalah stiker dan efek, jika kamu sudah menentukan tema vidio tiktok yang ingin dibuat, kamu juga bisa memilih menambah efek atau stiker ke dalam vidio. Fitur ini tujuan nya agar vidio yang kamu hasilkan semakin variatif dan menarik.

    BalasHapus
  10. Bagaimana cara menggunakan fitur di aplikasi tik tok?
    Penggunaan fitur di aplikasi tik tok di kendalikan oleh penggunaan tik tok/penggunaan handphone. Kita bisa memilih yang kita butuh kan pada fitur tik tok sendiri

    BalasHapus
  11. Bagaimana cara penggunaan dalam fitur tik tok , salah satunya yaitu Filter Video
    Guna mempercantik hasil video yang akan diunggah maka pengguna juga membutuhkan filter yang mampu untuk mengatur pencahayaan sehingga hasil video akan lebih baik.

    Tiktok sendiri juga menyediakan fitur filter yang bisa digunakan pengguna untuk mempercantik video yang dibuat dan akan diunggah di Tiktok.

    Berbagai pilihan filter yang beragam tentunya akan menghasilkan video yang unik dan menarik sehigga mudah menarik penonton untuk melihat akun anda.

    Tidak hanya menggunakan filter yang sudah disediakan namun pengguna juga bisa menggunakan filter dari pengguna lain yang sedang naik daun sehingga video anda akan mendapatkan lebih banyak penonton.

    BalasHapus
  12. Panduan bagi pengguna baru tiktok
    -Memulai
    Memberikan tanggal lahir anda untuk mendaftarkan diri anda sebagai pengguna di tik tok Anda harus memasukkan tanggal lahir anda jika anda memiliki untuk membuat akun penggunaan platform lain.
    -Privasi anda
    Saat Anda menggunakan Tik tok kami memproses informasi anda untuk mendukung penggunaan dan fungsi platform ini kami juga menggunakan informasi ini untuk menjaga keamanan anda dan orang lain.
    -Pedoman komunikasi
    Memberikan lingkungan yang aman dan mendukung adalah prioritas utama kami kami yakin bahwa perasaan aman berperan penting dalam membantu orang-orang merasa nyaman saat mengekspresikan diri secara terbuka dan kreatif, kami menghapus konten termasuk video audio streaming langsung gambar komentar dan teks yang melanggar pedoman komunitas kami dan akun yang terlibat dalam pelanggaran berat atau berulang
    -alat bantu keamanan Dan privasi
    Mendorong lingkungan Tik tok yang positif tempat setiap orang merasa aman dan nyaman adalah prioritas utama kami pelajari lebih lanjut tentang alat bantu dan pengaturan yang kami investasikan untuk membantu Anda mengelola pengalaman Tik tok anda

    BalasHapus
  13. bagaimana cara penggunaan fitur dalam aplikasi tiktok salah satunya voice changer . Beberapa pengguna tiktok biasanya mengubah suara yang dimiliki agar hasil video lebih bagus atau menjadikan suara video menjadi lebih unik sehingga membuat penonton tertawa dan tertarik untuk memberikan apresiasi berupa likes dan juga mengomentari video anda.

    BalasHapus
  14. Bagaimana cara penggunaan fitur aplikasi TikTok
    penggunaannya, dan berbagai fitur yang membantu untuk membuat konten yang menarik dan menghibur.
    Fitur yang Dimiliki Tiktok
    Bertambahnya pengguna Tiktok setiap harinya membuka platform ini terus menerus memperbarui fitur yang dimiliki untuk pengalaman membuat konten video yang lebih.Berikut beberapa fitur yang tersedia dan bisa digunakan untuk membuat konten yang menarik dan unik.
    Backsound Musik dan Suara, Filter Video,Sticker dan Efek Video,Voice Changer,Beautify,Hapus Komen dan Blokir Akun,Siaran Langsung Untuk Sapa Penggemar

    BalasHapus
  15. tagar atau hastags berguna agar pengguna tiktok lain bisa menemukan video yang mereka minati.tagar ini bisa kamu masukkan ke dalam deskripsi video yang akan kamu unggah

    BalasHapus
  16. Bagaimana cara menggunakan fitur dalam aplikasi tiktok?
    Memberikan tanggal lahir, privasi,pedoman komunikasi,alat bantu keamanan

    BalasHapus
  17. Bagaimana cara menggunakan fitur dalam aplikasi tiktok?
    Memberikan tanggal lahir, privasi anda, komunikasi alat bantu keamanan

    BalasHapus
  18. bagaimana cara penggunaan fitur tiktok




    TikTok sudah menjadi salah satu platform media sosial yang merajai pembuatan clip video pendek. Aplikasi ini kini menjadi sangat digemari oleh pegiat media sosial di Indonesia.

    Nggak hanya dari Indonesia saja, TikTok juga sudah menjadi favorit oleh banyak masyarakat mancanegara.

    Buktinya sejak September 2021, TikTok sudah mendapatkan satu miliar pengguna aktif. Tak hanya dari kalangan masyarakat biasa, tapi juga banyak artis yang bermain aplikasi buatan ByteDance ini.

    Rata-rata pengguna pun menghabiskan waktu 310 detik di TikTok dan menjadi yang terlama di antara aplikasi media sosial lainnya.

    Table of Contents
    Fitur TikTok yang Wajib Diketahui Semua Kreator TikTok

    Fitur TikTok yang Wajib Diketahui Semua Kreator TikTok
    Nah, untuk mendukung kreator semakin kreatif dalam menghasilkan konten-kontennya, TikTok menyediakan beragam fitur menarik yang patut kamu coba.

    Tentunya fitur-fitur ini bisa memanjakan para pengguna untuk dengan mudah membuat video yang memikat.

    Kemudahan dan serunya mengedit video membuat banyak orang akhirnya berbondong-bondong menghasilkan video pendek untuk memikat pengguna lainnya.

    BalasHapus
  19. Bagaimana cara penggunaan dalam fitur tik tok , salah satunya yaitu Filter Video
    Guna mempercantik hasil video yang akan diunggah maka pengguna juga membutuhkan filter yang mampu untuk mengatur pencahayaan sehingga hasil video akan lebih baik.

    Tiktok sendiri juga menyediakan fitur filter yang bisa digunakan pengguna untuk mempercantik video yang dibuat dan akan diunggah di Tiktok.

    Berbagai pilihan filter yang beragam tentunya akan menghasilkan video yang unik dan menarik sehigga mudah menarik penonton untuk melihat akun anda.

    Tidak hanya menggunakan filter yang sudah disedi

    BalasHapus
  20. Bagaimana cara penggunaan fitur aplikasi tik tok?
    Memberikan tanggal lahir, privasi, pedoman komunikasi, dan alat bantu keamanan .
    Tik tok juga menambahkan fitur backsound musik dan suara yg mampu membuat video lebih menarik dan unik saat ditonton.

    BalasHapus
  21. Bagaimana cara penggunaan dalam fitur aplikasi tik tok

    BalasHapus
  22. Bagaimana cara penggunaan fitur aplikasi tik tok?
    Memberikan informasi atau mencari tau informasi melalui aplikasi tik tok dan mencari tau kegiatan orang lain

    BalasHapus
  23. Bagaimana cara penggunaan dalam fitur tik tok , salah satunya pertama,masuk ke akun tik tok yang kamu miliki kemudian klk tombol + yang Ada di bagian jawab
    2.rekam terlebih dahulu video yang akan di masukan ke dalam tik tok
    3.setelah video berhasil di rekam mama klk berikutnya dan kmu akan di berikan pilihan until mengedit kangen yang di miliki
    4.pada bagian kanak pilihan fitur mempercantik dan mulailah untuk memories bagian wajah yang ingin kamu ubah ke bentuk yang di ingin kan
    5.jika sudah selesai maka klk centang yang Ada di pojok kanak dan video akan di unggah setelqh kamu memilih isi caption dan hastaga yang selesai

    BalasHapus
  24. bagaimana cara penggunaan fitur aplikasi tiktok?
    -tiktok menambahkan fitur backshoun musik dan suara yg mampu mengubah vidio yg dibuat ke dalam mode suara sehingga bisa di akses oleh akun lainnya
    -filter vidio guna mempercantik hasil vidio yg akan diunggah untuk mengatur pencahayaan sehingga hasil vidio akan lebih baik
    -sticker dan efek vidio guna menamba keestetikan sebuah vidio namun pengguna juga bisa menambahkan berbagai macam pilihan sticker

    BalasHapus
  25. Bagai mana cara penggunaan dalam fitur aplikasi tiktok?
    1.masuk ke akun tiktok yng kamu miliki kemudian klik tombol + yng ada di bagian bawah
    2.rekam terlebih dahulu vidio yng akan di masukan kedalam tiktok
    3.setelah vidio berhasil direkam maka klik berikutnya dan kamu akan diberikan untuk mengedit konten yng dimiliki
    4.pada bagian kanan pilihan fitur mempercantik dan mulailah untuk memoles bagian wajah yng akan kamu rubah ke bentuk yang kamu inginkan
    5.jika sudah selesai maka klik ikon centang yang ada di pojok kanan dan vidio akan di unggah setelah kamu memilih isi caption dan hastag yang sesuai

    BalasHapus
  26. 1.buka alamat goggle link tree
    2.masukan email yang aktif
    3.masukan username yang diinginkan
    4.masukan password
    5.terakhir masukan password lagi untuk konfirmasi
    6.masukan nama lengkap
    7.pilih jenis konten yang mau di buat link tree
    8.klik saya bukan robot dan perintahnya
    9.pilih continue with free untuk gratis dan berbyar yang proo
    10.lakukan vertifikasi melalui email yang di gunakam lalu klik continue

    BalasHapus
  27. Artikel menarik tentang manajemen keuangan. Keuangan yang sehat pun harus dikelola dengan baik agar terhindar dari pengeluaran yang tidak perlu dan utang. Background saya juga dari manajemen kewirausahaan, buat artikel tentang manajemen juga, seperti manajemen waktu. Oh ya saya follow blog ini ya. Thx

    BalasHapus