9 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri dalam Berbicara di Depan Umum, Wajib Dicoba!

 

Tips Public Speaking

Hi, sobat kreasi…

Pernah gak kalian merasa malu, berbicara dengan terbata-bata, keluar keringat dingin bahkan sampai gemetaran ketika berbicara di depan umum? Merasa menjadi pusat perhatian, dimana semua mata dan pendengaran semua orang yang hadir tertuju kepada kita.

Kalau aku pernah banget dunk hehehe…. Bahkan hampir semua kawan dekatku bercerita jika mereka pernah mengalaminya. Oleh karena itu, sebenarnya penting banget buat kita belajar tentang public speaking.

Hmmm.... So sebenarnya kita tidak sendirian ya sobkre, karena sebagian besar dari kita ternyata pernah mengalaminya Lho..  😀

Oke, dalam artikel kali ini sudutpandangnovita mau bahas gimana sih cara meningkatkan rasa percaya diri dalam berbicara di depan umum. Namun, sebelumnya kita juga perlu tau sebenarnya apa sih yang menyebabkan munculnya rasa tidak percaya diri berbicara di depan umum.

Berbicara di Depan Umum

Faktor Penyebab Rendahnya Rasa Percaya Diri Berbicara di Depan Umum

Seringkali tiba-tiba perasaan tidak percaya dalam diri kita muncul ketika berbicara di depan umum. Sebenarnya perasaan itu tidak muncul secara tiba-tiba, namun ada penyebab yang melatar belakanginya.


Ada beberapa faktor yang menyebabkan tingkat kepercayaan diri dalam berbicara di depan umum menjadi rendah. Apa saja kah penyebabnya? Yuk ikuti penjelasan di bawah ini.

1. Kurangnya Persiapan dan Latihan Sebelumnya

Seringkali kita menyepelekan tahap persiapan dan latihan sebelum tiba saatnya kita harus berbicara di depan umum, misalkan waktu menjadi pemateri dalam sebuah acara. Sehingga, berakibat kita merasakan kurang percaya diri saat berbicara menjelaskan suatu tema kepada audience.

2. Kurang Memahami Tema yang disampaikan

Tujuan kita berbicara di depan umum pada umumnya menjadikan kita sebagai komunikator yang bertugas untuk menyampaikan pesan dari sebuah tema tertentu. Namun, semua akan menjadi kacau jika kita kurang atau bahkan tidak memahami tema yang seharusnya kita bahas. Kita akan merasa bingung dan merasa tidak percaya diri, karena kita tidak paham akan menjelaskan apa.

3. Pengalaman Buruk di Masa Lalu

Jika seseorang pernah mengalami pengalaman buruk dalam hal berbicara di depan umum, maka akan cenderung memiliki rasa percaya diri yang rendah jika diharuskan berbicara di depan umum untuk selanjutnya. Sebaliknya, jika seseorang memiliki pengalaman yang baik bahkan sampai mendapatkan pujian dari audiensi. Maka akan memiliki kecenderungan lebih percaya diri dalam berbicara di depan umum untuk selanjutnya.

4. Perasaan Takut dan Cemas yang Berlebihan

Sebenarnya memiliki perasaan takut dan cemas ketika hendak berbicara di depan umum itu wajar. Menjadi tidak wajar dan berpengaruh buruk terhadap performa kita ketika berbicara di depan umum jika kita tidak dapat mengendalikan perasaan takut dan cemas tersebut. Jika kita tidak dapat mengendalikannya, maka dapat mengakibatkan adanya kesulitan berbicara di depan umum secara lancar.
Public Speaking

9 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri dalam Berbicara di Depan Umum

Banyak dari kita yang menganggap berbicara di depan umum menjadi tantangan yang berat, bahkan menjadi masalah besar. Adanya perasaan menjadi pusat perhatian, menjadikan kita gugup.

Namun taukah kalian bahwa sebenarnya berbicara di depan umum bukanlah hal yang menakutkan, asal kita memahami strategi-strategi untuk bisa meningkatkan rasa percaya diri dalam berbicara di depan umum.

Di antaranya kalian dapat mencoba mempraktekkan 9 cara meningkatkan rasa percaya diri dalam berbicara di depan umum di bawah ini. Cek bersama-sama, yuk!

1. Lakukan Persiapan Materi dengan Baik

Sebelum berbicara di depan umum, pastikan Sobat Kreasi memahami dengan baik materi yang akan disampaikan ya... Buatlah struktur materi dengan runtut, jelas dan mudah dipahami.

Materi jangan sampai melebar kemana-mana, susun pembahasan materi yang fokus dan mengena. Karena jika pembahasan materi melebar dari tema inti, maka audiens akan mengalami kesulitan menangkap simpulan dari inti materi yang kita sampaikan.

2. Pelajari Audiens yang Hadir

Kenalilah audiens yang hadir dalam acara ketika kita tampil, hal ini bertujuan agar kita dapat memahami karakteristik dari audiens kita. Dengan begitu, kita dapat mengidentifikasi kebutuhan dari audiens dan dapat menyesuaikan gaya bahasa yang akan kita gunakan agar sesuai dengan latar belakang mereka. Agar informasi yang kita sampaikan dapat diterima audiens dengan mudah.

Selain itu, kita juga dapat memberikan contoh yang relevan dengan latar belakang audiens kita. Hal ini dapat membantu mereka lebih mudah memahami materi yang kita sampaikan.

3. Lakukan Latihan Terlebih Dahulu

Ibarat pisau, semakin sering diasah maka akan semakin tajam. Begitu juga dengan kemampuan kita dalam berbicara di depan umum. Kita harus sering berlatih, lakukan Latihan terlebih dahulu sebelum tampil dihadapan audiens.

Sobkre bisa memanfaatkan cermin untuk berlatih, atau dengan cara merekam dengan kamera. Hal ini dapat membantu kita mengetahui kekurangan kita untuk kemudian kita perbaiki. Kita dapat Simak Kembali hasil rekaman kita untuk melihat bagian-bagian mana yang kurang kita kuasai dan harus kita tingkatkan.

4. Gunakan Pakaian yang Nyaman dan Sesuai dengan Tema Acara

Penggunaan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan tema acara sangat penting. Cara berpakaian dapat memberikan energi pada diri kita, dan dapat mempengaruhi penilaian serta kesan audiens kepada kita. Dengan pakaian yang nyaman dan sesuai dengan acara, akan dapat meningkatkan rasa percaya diri kita ketika berinteraksi dan menyampaikan materi di depan audiens.

5. Lakukan Kontak Mata dengan Audiens

Ketika kita berbicara di depan audiens, menjalin kontak mata sangat penting. Kontak mata dapat memberikan kesan kepada audiens bahwa mereka merupakan bagian penting dari pembicaraan yang sedang kita bangun. Selain itu, dengan kontak mata kita juga dapat memastikan bahwa audiens fokus dengan materi yang kita sampaikan.

6. Gunakan Gaya Bahasa sesuai dengan Gaya Sendiri

Jadilah diri sendiri dengan menggunakan gaya bahasa sesuai dengan gaya kita. Kemudian agar pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik, gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh audiens.

Gunakan teknik komunikasi yang baik seperti berbicara dengan jelas, mengatur volume suara yang tepat, memperhatikan kontak mata, dan lakukan gesture atau gerakan tubuh yang sesuai.

Selain itu, Bahasa tubuh juga penting untuk membantu kita lebih percaya diri ketika menyampaikan materi

7. Jangan Berbicara Terlalu Cepat

Nah sering kali kita tidak kontrol, tanpa terasa ternyata kita berbicara terlalu cepat. Audiens akan sulit menerima pesan yang kita sampaikan jika kita berbicara terlalu cepat. Oleh karena itu, kita harus selalu mengontrol diri untuk tetap santai saat berbicara.

8. Yakin dengan Diri Sendiri

Hal yang tak kalah penting adalah rasa yakin bahwa diri kita mampu, yakin bahwa kita memiliki pengetahuan dan keahlian yang baik pada bidang topik yang kita sampaikan.

Dengan keyakinan kita terhadap diri, dapat membantu kita memiliki rasa percaya diri dan lancar dalam menyampaikan materi

9. Berdoa

Sebelum memulai sesuatu, ada baiknya untuk berdo’a terlebih dahulu. Berdoa dapat membantu kita lebih tenang dan yakin dalam berbicara di depan audiens.

Nah itu itu, 9 cara meningkatkan rasa percaya diri dalam berbicara di depan umum yang dapat kalian coba ya sobat.. Mungkin kalian ada yang pernah mencobanya. Yuk, ceritakan pengalaman kalian mempraktekkan 9 cara di atas di kolom komentar 😊

6 komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Semoga sudutpandangnovita dapat membuat readers nyaman.

Ditunggu celotehnya dikolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup ya... 😊
  1. Bagi introvert kayak aku memang harus belajar ekstra untuk bicara didepan umum. Semoga tips dari mbak bisa aku coba kapan2 nih, hihi. Makasi mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin kak, hehe.. sama-sama.. selamat berlatih ya kak

      Hapus
  2. Pernah punya pengalaman ini mba. Kayaknya tips yang bener-bener ngefek ke saya tuh dihadapkan pengalaman hehe. Untuk tipsnya yakin sama diri sendiri memang kunci.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, betul kak. Yakin kalau diri mampu penting banget kak...

      Hapus
  3. Tipsnya pantas dicoba nih, aku tim masih grogiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat mencoba berlatih kakak... semoga rasa grogi nya semakin berkurang ya...

      Hapus