Alasan Kenapa Kita harus Belajar Public Speaking

apa pentingnya public speaking


Hi, sobat kreasi! Apa kabar? Semoga selalu happy ya… Oke, dalam artikel kali ini aku mau membahas tentang alasan kenapa kita harus belajar public speaking alias berbicara di depan umum.

Banyak dari kita bertanya “emang penting banget ya skill public speaking?"

Manusia sebagai mahluk sosial pasti akan berkomunikasi dengan orang lain sebagai wujud interaksi, salah satunya dengan berbicara atau berbincang dengan orang lain.

Dalam beberapa kesempatan, seringkali kita dihadapkan pada kondisi dimana kita harus berbicara tidak hanya dengan beberapa orang teman. Akan tetapi kita diharuskan berbicara di depan audiens yang lumayan banyak.

Nah, ketika kita berbicara di depan banyak orang pasti kita akan merasa jadi pusat perhatian. Tidak sedikit dari kita akan merasa takut, tidak percaya diri, khawatir membuat kesalahan, khawatir salah menyampaikan informasi dan banyak kekhawatiran-kekhawatiran lain yang akan muncul dalam pikiran kita.Banyak orang yang menganggap berbicara di depan khalayak menjadi suatu yang menyeramkan, susah, enggak gampang. Bahkan, beberapa orang akan mengalami rasa mual, pusing, gemetar, muncul keringat dingin dan efek lain yang lebih parah. Tidak jarang bagi mereka yang merasa tidak siap, akan melarikan diri lho…. Adakah yang mengalami hal seperti ini? Hehe…. Bisa sharing di kolom komentar ya sobat kreasi 😊

Sebenarnya perasaan atau kondisi yang kalian rasakan di atas merupakan hal normal Lho.. Kondisi tersebut kita kenal dengan istilah demam panggung hehe…. Tenang saja kalian tidak sendirian, semua orang pernah mengalami yang namanya demam panggung. Termasuk juga aku, meskipun sudah 9 tahun menjadi dosen dan setiap hari pasti mengajar mahasiswa di depan kelas. Tapi tidak jarang aku juga mengalami demam panggung, tiba-tiba lupa apa yang mau aku sampaikan ke mahasiswa 😁

Sampai sekarang aku terus belajar skill public speaking, aku merasa public speaking penting banget. Aku bilang ini penting bukan hanya karena aku butuh dalam mendukung pekerjaanku aja ya, tapi berdasarkan pengalaman aku menguasai skill public speaking menjadikan kita lebih percaya diri dalam hal apapun. Oleh karena itu, selain aku belajar secara mandiri aku juga ikut kelas public speaking seperti ceritaku dalam video di bawah ini.



Banyak Lho dari kita yang merasa dirinya introvert tidak mungkin bisa menguasai skill public speaking. Nyatanya, pemikiran itu salah besar ya sobat, skill yang satu ini bisa banget dilatih dan diasah.

Buat kalian yang masih sekolah atau kuliah bisa banget ikutan organisasi di sekolah atau organisasi dikampus kalian. Jika kalian sudah bekerja atau sudah menikah misalnya untuk ibu rumah tangga bisa banget ikutan aktif dalam organisasi kemasyarakatan di sekitar kalian. Banyak banget organisasi atau perkumpulan yang dapat kalian manfaatkan sebagai wadah pengembangan soft skill.

Nah, buat menambah pengetahuan dan kepercayaan diri terkait public speaking, kalian bisa baca artikel ini. Di sini, aku bakal bahas seberapa penting public speaking dan benefit apa yang bakal kalian dapatkan jika berhasil menguasai skill yang satu ini.

So, simak sampe abis ya!!!

Apa Sih Public Speaking itu?

Public speaking merupakan kegiatan berbicara didepan umum untuk menyampaikan sebuah pesan yang dilakukan dengan teknik-teknik tertentu, sehingga penyampaian pesan dapat berlangsung secara efektif.

Kenapa Kita harus Belajar Public Speaking?

“Harus banget ya kita belajar public speaking?”

“Memang sepenting itu ya?”

Jawabnya, “yap, public speaking merupakan hal yang sangat penting buat kamu kuasai. Skill ini enggak cuma kamu butuhkan sekarang, namun akan kamu butuhkan dalam jangka panjang”.

Dengan kalian bisa kuasai skill public speaking, bakal bantu kalian juga untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Berdasarkan pengalaman aku selama menjadi job seeker, perusahaan atau sebuah Lembaga akan merekrut pegawai dengan paling tidak memiliki kemampuan dasar skill public speaking.

Dari pemaparanku di atas sudah jelas ya, ternyata skill public speaking sangat penting untuk kita. Next, 6 alasan kenapa kita harus belajar public speaking:

a. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Ketika kita belajar public speaking, semakin lama kemampuan kita akan terasah. Dengan meningkatnya kemampuan public speaking, maka akan memberikan dampak pada peningkatan rasa percaya diri kita. Karena kita bakal memiliki rasa percaya diri untuk berbicara dan mengkomunikasikan banyak hal di depan banyak orang. Semakin lama rasa percaya diri kita akan berkembang tidak hanya untuk melakukan public speaking saja, namun rasa percaya diri itu akan berkembang dalam berbagai aspek.

b. Dapat Melatih Otak Kita untuk Berpikir Cerdas dan Kreatif

Semakin kita sering mengambil kesempatan berbicara di depan umum, tanpa disadari maka otak kita akan terlatih berpikir cerdas dan kreatif. Lho, kok bisa? Iyes, karena sebelum kita berbicara di depan umum pasti kita akan menyiapkan materi terlebih dahulu. Kita akan menulis apa saja yang akan kita bicarakan nanti, dan dalam proses ini kita akan berpikir dan berusaha untuk menciptakan ide-ide yang kreatif.

Selain itu, kita juga harus menganalisis audiens, memahami audiens kita. Sehingga, kita benar-benar berusaha untuk memastikan audiens bakal menikmati dan memahami alur pembicaraan kita. Dengan terbiasanya kita melakukan step-step tersebut, maka secara otomatis otak kita akan terlatih untuk berpikir cerdas dan kreatif.

c. Dapat Membangun Koneksi Sosial yang Luas

“Apa sih kaitannya public speaking dengan koneksi sosial?”

Jadi semakin kita sering berbicara di depan umum, dalam banyak acara, utamanya pada acara-acara yang besar. Maka, akan semakin banyak orang yang mengenal kita. Kita gak pernah tau siapa saja yang akan menjadi audiens kita. Sehingga, mungkin saja yang datang adalah seorang dari suatu Lembaga yang memang membutuhkan pekerja atau narasumber yang sesuai dengan tema yang kita bicarakan.

Dan dengan begitu, kita akan lebih mudah dalam membangun koneksi sosial. Semakin luas koneksi sosial kita, maka artinya akan semakin cepat juga kita memperoleh informasi dan semakin luas juga koneksi karir dan bisnis kita.

d. Dapat Meningkatkan Kemampuan Leadership

Seorang pemimpin wajib banget memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, terutama public speaking. Sebagai pemimpin dalam sebuah organisasi atau lembaga pasti akan sering berbicara di forum dengan banyak audiens. Nah, pemimpin harus bisa mengkomunikasikan dan memberikan pemahaman kepada anggotanya agar mereka paham dan dapat menjalankan tugas yang diberikan.

Selain itu, seorang pemimpin juga harus dapat menjawab dan merekomendasikan solusi kepada anggotanya yang mengalami kendala. Kita sebagai pemimpin juga harus bisa memberikan motivasi kepada semua anggota agar anggota dapat menjalankan tugas sesuai dengan tujuan organisasi.

Nah, oleh karena itu ternyata skill public speaking sangat bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan memimpin bagi seorang leader ya sob!

e. Dapat Membantu Peningkatan Karir

Nah, seperti yang sudah aku bahas sebelumnya, bahwa public speaking merupakan soft skill dasar yang menjadi salah satu pertimbangan utama bagi sebuah perusahaan Ketika merekrut pegawainya. Seseorang yang memiliki skill public speaking memiliki kecenderungan lebih terlatih dan cekatan.

Selain itu, dengan memiliki skill public speaking yang baik seseorang juga lebih dinilai lebih tenang dalam bertindak, dapat berkomunikasi dan bekerja sama dalam tim dengan baik. Sehingga, perusahaan akan memberikan nilai positif kepada seseorang yang memiliki skill public speaking yang baik.

f. Dapat Lebih Mudah mempromosikan Produknya dan Meyakinkannya kepada Orang Lain

Nih, pada point terakhir dijelaskan bahwa ternyata skill public speaking dapat membantu kita dalam mempromosikan produk atau suatu project yang kita tawarkan kepada client Lho Sob!!

Kok bisa ya? Yes bisa banget, karena seseorang yang memiliki skill public speaking akan lebih mudah untuk mempengaruhi orang lain. Pola pikir yang kreatif disampaikan dengan vokal dan intonasi suara yang tepat dapat membuat client fokus dan yakin dengan yang dijelaskan.

Yes itu dia beberapa alasan kenapa kita harus belajar public speaking. Sebagai tambahan pengetahuan, kalian juga bisa simak video dari Kak Maya Rachma yang banyak mengulas tentang public speaking sebagai berikut:
 


Jadi kita perlu pahami, bahwa sebenarnya kita belajar public speaking gunanya untuk keuntungan diri kita sendiri ya sob. Jika kita ingin berhasil dan memperoleh keuntungan dari skill ini, maka wajib banget kita bekerja keras untuk mendapatkannya ya..

Kalau kalian enggak suka public speaking, maka mulai sekarang kalian wajib banget untuk mulai menyukainya. Cepat atau lambat kalian pasti akan merasakan manfaatnya. Jangan sampai kalian menyesal karena tidak segera memulai belajar public speaking. Semangat terus ya sobat kreasi!!
 

sudut pandang novita

12 komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Semoga sudutpandangnovita dapat membuat readers nyaman.

Ditunggu celotehnya dikolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup ya... 😊
  1. Apalah dayaku, ingin lancar public speaking seperti para motivator-host di luar sana tapi suka demam panggung..haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe...sama kak, yuk semangat belajar terus... kita belajar bareng-bareng ya :)

      Hapus
  2. Sepakat sekali dengan yang disampaikan dalam artikel, Mbak. Lumayan sih kalau bicara di depan publik sudah berani tapi masih sering ada virusnya kalau bicara, seperti mengulang "eee..." dan "begitu, ya". Masih harus belajar juga saya, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbk, sama banget dengan ku. Nanti kalau jam terbang udah tinggi pasti udah cas cis cus tapa "eee..." lagi... yuk semangat belajar yuk mbk :)

      Hapus
  3. Okey siap kak Novita, setelah ini langsung belajar publik speaking. Semoga jiwaku yg introvert ini mampu ya

    BalasHapus
  4. semoga habis baca ini jadi semangat buat belajar public speaking hehe

    BalasHapus
  5. MasyaaAllah tulisan mb Novita 😍 Sudah bisa embed video pula ya mbak, barakallahu. Semangat belajar public speaking dan belajar ngeblog, semoga istiqamah 💪

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin yra.. Makasih mbk... Salah satu guru public speaking saya nih.. hehe...

      Hapus
  6. Masyaallah bener banget mbak, memang public speaking perlu diasah dan sangat membantu pekerjaan kita. Sebenarnya apapun profesinya scr profesional butuh banget public speaking. Boleh spill lebih lanjut terkait kursus yg diikuti jg mba. Nice info

    BalasHapus
  7. Iya mbk... Aq ikutan kelas onlinenya public speaking The Jannah Institut mbk 🥰

    BalasHapus