Apa Pentingnya SEO on Page untuk Optimasi Blog?

Apa Pentingnya SEO on Page?


Hi sobat kreasi,

Jumpa lagi di ruang corat coret sudutpandangnovita . Dalam rangka belajar dan terus belajar, sebuah berkah tahun ini aku dapat tergabung bersama dengan teman-teman cupuers ikut coaching di kelasnya blogspedia. Pekan ini sudah masuk satu bulan proses belajar kami, dan yeey… pekan ini kami belajar mengenal basic SEO on Page dan apa sih alasan pentingnya SEO on Page untuk optimasi blog.

Nah, dalam artikel ini aku bakalan share ilmu yang sudah dibagikan oleh tim coach keceh dari blogspedia. Tentunya sesuai dengan kapasitas pemahaman aku ya..hehe…sehingga, mohon dimaklum jika mungkin saja ada yang kurang tepat atau kurang pas ya sobat kreasi…

Apa Itu SEO On Page?

SEO on page atau juga dikenal sebagai “on-site SEO” merupakan praktik mengoptimalkan halaman web untuk mendapat peringkat lebih tinggi dan mendapatkan lalu lintas organik di mesin pencari atau google (sumber: akudigital )

Oleh karena itu, kita harus mampu memahami SEO on page agar kita bisa mendapatkan peringkat teratas pada mesin pencarian google. Dengan mudahnya dicari oleh pembaca, akan meningkatkan traffic blog kita dan kita dapat mengalahkan kompetitor Lho….

Apa Pentingnya SEO on Page untuk Optimasi Blog? 

Lantas apa sih sebenarnya pentingnya SEO on Page untuk Optimasi Blog?,
Penting banget ya seorang blogger belajar SEO on Page?
Jawabnya: iya penting bangett….
Berikut setidaknya 4 manfaat dari SEO on Page untuk Optimasi Blog

a. Meningkatkan Visibilitas Blog

Visibilitas blog adalah faktor kunci dapat dikenalnya konten tulisan kita bagi pembaca. Jika blog kita tidak muncul di halaman teratas pencarian Google, kemungkinan calon pembaca tidak akan menemukan blog kita.

Oleh karena itu, Dengan menerapkan teknik SEO kita dapat meningkatkan visibilitas blog kita pada hasil pencarian Google dan membuat calon pembaca lebih mudah menemukan blog kita. Dengan melakukan strategi SEO yang tepat, kita dapat meningkatkan visibilitas blog dan menarik lebih banyak calon pembaca.

b. Meningkatkan Traffic Blog 

Setelah meningkatkan visibilitas blog kita di hasil pencarian Google, selanjutnya adalah meningkatkan traffic blog kita. Dengan meningkatkan traffic blog, kita dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung yang membaca konten artikel kita.

c. Lebih Berpengaruh dalam Jangka Panjang

Dengan penggunaan teknik SEO yang baik akan memberikan dampak jangka panjang dan membantu blog kita tumbuh secara organik. Hal ini dapat membantu blog kita tumbuh secara bertahap dan stabil.

d. Memperbaiki Pengalaman Pengguna 

Calon pembaca akan kabur meninggalkan blog kita jika blog kita sulit dipahami dan lambat. SEO dapat membantu memperbaiki pengalaman pengguna dengan cara meningkatkan kecepatan dan fungsionalitas dari blog. Seperti mengatur menu navigasi yang tepat, menambahkan halaman, hingga mempercepat loading blog merupakan beberapa faktor SEO yang bisa dioptimasi.

Tips Optimasi SEO On Page

Tips Optimasi SEO On Page untuk Optimasi Blog 

Berikut beberapa tips yang bisa kita terapkan ketika membuat konten dengan menggunakan teknik SEO on-page, agar blog kita dapat teroptimasi dengan maksimal.

a. Membuat Judul yang Menarik 

Tips pertama yaitu buatlah judul semenarik mungkin. Judul merupakan gambaran perwajahan dari isi artikel. Dengan judul yang menarik, maka pembaca akan merasa penasaran dan berminat untuk membaca keseluruhan isi artikel.

Judul yang menarik biasanya tidak terlalu panjang. Untuk membuat judul yang menarik kita juga dapat memilih dan menyisipkan keyword yang tepat dalam judul kita.

b. Mengoptimalkan Permalink 

Selain menyertakan keyword ke dalam judul, sebaiknya keyword juga harus dicantumkan dalam permalink. Panjang permalink sebaiknya tidak lebih dari 75 karakter yang dihitung dari huruf “h” dalam “https”.

c. Mengoptimalkan Meta Deskripsi 

Setelah kita membuat judul yang menarik, langkah selanjutnya yaitu menyusun meta deskripsi. Dalam menulis meta deskripsi agar dapat optimal, kita dapat menyisipkan secara natural minimal 2 kali keyword terkait artikel yang kita tulis dengan panjang maksimal 155 karakter. Tujuan dari pengoptimalan meta deskripsi melalui penyisipan keyword ini yaitu agar dapat memperkuat halaman blog kita di mesin pencari Google.

d. Mengoptimalkan Paragraf Pertama 

Seringkali dalam deskripsi Google yang muncul bukanlah meta deskripsi, namun paragraf pertama dari artikel. Sehingga, penting juga kita munculkan keyword dalam paragraph pertama. Paling tidak keyword muncul satu kali dalam paragrap pertama.

e. Mengoptimalkan Paragraf Akhir 

Pada paragraph akhir sebuah artikel, penting juga kita sisipkan keyword terkait artikel yang kita tulis. Paragraf akhir merupakan simpulan dari keseluruhan artikel, sehingga dalam simpulan harus menggambarkan point penting isi dari artikel yang dapat digambarkan oleh keyword tersebut.

f. Jumlah Kata dalam Artikel 

Dari informasi yang dibagikan oleh coach maritaningtyas tidak ada ketentuan yang pasti berapa jumlah kata yang bagus untuk sebuah artikel blog. Jumlah kata bukan lagi sesuatu yang penting. Namun, kita perlu melihat dan menyesuaikan jumlah kata dalam konten artikel kita dibandingkan dengan artikel kompetitor kita. Misalkan kompetitor kita menulis artikel dengan panjang 1000-2000 kata, maka kita harus membuat tulisan yang lebih panjang darinya.

g. Mengoptimalkan Paragraf 

Untuk menghindari rasa bosan dari pembaca, maka paragraf dalam artikel kita jangan terlalu panjang. Cukup 1-4 kalimat dalam satu paragraf, yang terpenting bukan panjangnya namun isinya harus singkat, ringkas, padat, dan berisi.

h. Memanfaatkan Heading dan Subheading 

Memanfaatkan heading dan subheading termasuk strategi SEO on-page yang juga harus kita lakukan. Tujuan dari penggunaan heading dan subheading yang tepat, yaitu memudahkan pembaca menemukan point penting yang dibutuhkan dalam membaca artikel kita.

Penggunaan heading dan subheading dalam artikel harus urut dari H1, H2, dan seterusnya. Selain itu, ingat keyword juga wajib banget muncul pada heading atau subheading ya. Tidak harus keyword muncul pada setiap heading atau subheading kok. Setidaknya minimal ada 1 keyowrd yang muncul di bagian heading atau subheading.

i. Mengoptimalkan Gambar 

Mengoptimalkan gambar pada konten artikel kita ternyata penting juga Lho. Karena, dengan adanya optimasi gambar dapat meningkatkan kualitas SEO on-page blog kita. Untuk gambar yang kita upload ukurannya jangan lebih 100 KB ya, biar loading blog kita tidak lambat ketika dibuka oleh pembaca.

Kemudian, kita juga dapat memberikan nama pada file gambar kita sesuai dengan keyword dari konten artikel kita. Hal ini bertujuan agar gambar tersebut dapat muncul di Google Image Search. Selanjutnya selain judul, kita juga harus memperhatikan alt text yang sesuai dengan keyword kita. Beberapa pendapat menyatakan bahwa judul dan alt text baiknya dibuat berbeda.

j. Menambahkan Link pada Artikel 

Kita juga dapat menambahkan link pada artikel kita, batas maksimal link yang dapat kita tautkan dalam blog kita yaitu 150 link yang terdiri dari link internal dan eksternal. Namun, baiknya link internal yang kita tautkan lebih banyak dibandingkan dengan link eksternal dengan perbandingan paling tidak 3:1.

Penggunaan link eksternal biasanya kita gunakan di antaranya sebagai sumber referensi. Sedangkan dengan menautkan link internal dapat membantu mengarahkan pembaca kita ke halaman artikel lain dalam blog kita dengan mudah. Penggunaan link internal juga dapat membantu dalam meningkatkan peringkat blog kita di mesin pencarian Google. Karena dengan menautkan link internal menunjukkan bahwa blog kita memberikan informasi bermanfaat dan yang lengkap yang saling tertaut antar konten.

Demikian ulasan singkatku tentang pentingnya SEO on Page untuk optimasi blog serta tips optimasi SEO On Page untuk optimasi blog. Semoga sharing ilmu yang ku dapat dari kelas BlogspediaCoaching4 dapat bermanfaat ya sobat kreasi.. Jangan Lupa mampir lagi di artikelku selanjutnya… Ditunggu yaa….. 😊

Ngeblog Bareng Sudutpandangnovita

4 komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Semoga sudutpandangnovita dapat membuat readers nyaman.

Ditunggu celotehnya dikolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup ya... 😊
  1. Iyaa kak sepakat, fungsi utama SEO untuk visibilitas blog kita, semangatt ✨

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat kakak.... Belajar SEO lama2 menarik jg ya kak 🥰

      Hapus
  2. Ditunggu tulisan berikutnya kak ...

    BalasHapus