Cara Melatih Konsentrasi Belajar

Cara Belajar
Hi Sobat Kreasi,

Sekarang sudah pada mulai aktif belajar lagi ya.. yang sekolah sudah satu bulan yang lalu mulai masuk dan yang perguruan tinggi sudah hampir masuk juga akhir Agustus ini atau awal September besok ya. Nah, dalam artikel kali ini sudutpandangnovita membahas tentang bagaimana cara melatih konsentrasi belajar untuk membantu sobat kreasi mempersiapkan diri dalam belajar,

Sebagian dari kalian pastinya pernah mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi ketika belajar kan?. Sudah berkali-kali mencoba berkonsentrasi, namun tetap merasa gagal?. Jangan cemas ya, kalian tidak sendirian karena sebenarnya sebagian besar dari kita pernah mengalaminya.

Sebenarnya ada banyak cara untuk melatih konsentrasi belajar kita, Apa saja caranya? Dalam artikel ini akan kita bahas ya. Namun sebelum membahasnya, ada baiknya kita memahami konsep dasar dari konsentrasi itu sendiri.


Pengertian Konsentrasi

Apa Sih Konsentrasi Itu?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) konsentrasi adalah pemusatan perhatian atau pikiran pada suatu hal. Sehingga, dapat kita pahami bahwa konsentrasi belajar merupakan kemampuan individu untuk memusatkan perhatian dan pikirannya pada kegiatan belajar dalam waktu tertentu.

Konsentrasi dapat diumpamakan layaknya otot yang butuh latihan secara teratur agar lebih kuat. Sebagian dari individu mungkin saja memang terlahir dengan kemampuan konsentrasi yang lebih kuat. Namun, beberapa mungkin terlahir dengan kemampuan konsentrasi yang kurang. Meskipun begitu, pada dasarnya semua individu dapat melatih meningkatkan kemampuan konsentrasinya.

Jika kita dapat melatih kemampuan konsentrasi kita dengan konsisten dan benar. Maka dapat membantu kita si pembelajar agar lebih mudah dalam mengikuti materi pelajaran. Harapannya kita dapat mencapai kesuksesan dalam proses belajar ya sobat..

Yuk, simak apa saja penyebab kita sulit berkonsentrasi dalam belajar dan bagaimana sih cara melatih konsentrasi belajar kita.

Masalah Belajar

Apa Penyebab Sulitnya Konsentrasi dalam Belajar? 

Sobar kreasi, agar bisa menentukan cara terbaik dalam melatih peningkatan konsentrasi belajar kita dengan mudah dan efektif. Maka, kita perlu memahami terlebih dahulu apa saja sih penyebab konsentrasi belajar seseorang dapat menurun.
 
Ada beberapa penyebab yang membuat kita sulit untuk berkonsentrasi, berikut di antaranya:
1. Lingkungan belajar yang kurang kondusif, baik di rumah, di sekolah, di kampus, atau di tempat belajar kalian yang lain.
2. Adanya pengaruh dari penggunaan gadget yang berlebihan, contohnya sering kali kita suka lupa waktu ketika bermain media sosial. Banyak dari kita merasa sepertinya baru saja membuka media sosial. Eeehh ternyata tanpa kita sadari kita sudah membuang waktu berjam-jam bahkan seharian hanya untuk berselancar scroll-scroll medsos ya sobat.. hehe…
3. Terlalu banyak tugas yang harus dikerjakan. Nah, terkadang kita juga dihadapkan dengan kondisi ini, kita mendapatkan tugas yang terlalu banyak untuk diselesaikan dalam waktu yang bersamaan. Sehingga, menjadikan kita mengalami penurunan konsentrasi karena kelelahan fisik dan pikiran.
4. Ada perasaan kurang suka dengan tugas atau materi pelajaran tertentu, sehingga menyebabkan rendahnya motivasi kita untuk mencapai target hasil belajar yang maksimal.
5. Ada persoalan atau trauma yang dialami, misalnya ada persoalan atau konflik dalam keluarga yang akhirnya mengganggu spikis kita.
6. Kurangnya nutrisi, untuk memaksimalkan kerja otak. Oleh karena itu sangat penting untuk kita dapat menjaga pola makan sehat dan bergizi.
7. Pola tidur yang kurang berkualitas. Banyak dari kita menganggap menjaga pola tidur yang berkualitas merupakan hal tidak penting. Utamanya bagi kita yang usianya masih muda, banyak yang masih suka begadang sampai pagi lho. Hayooo… kalian suka begadang sampai pagi juga gak sobat…? Yuk pola tidurnya dijaga ya 😊

Bad Study Habits

9 Cara Melatih Konsentrasi Belajar 

Setelah kita tau apa saja yang dapat menyebabkan kita sulit untuk konsentrasi dalam belajar. Maka kita dapat berusaha untuk mengatasinya dengan cara mencari solusi dari permasalahan tersebut. Nah berikut beberapa cara mudah dan efektif yang dapat kita coba agar semangat dan konsentrasi belajar kita meningkat.

1. Hindari Hal yang Berpotensi menjadi Pengganggu dalam Belajar 

Hal pertama yang harus kita lakukan sebelum memulai belajar adalah menjauhkan semua hal yang berpotensi mengalihkan perhatian kita ketika nanti belajar. Gangguan atau distraksi seringkali menjadi penyebab yang membuat kita sulit untuk konsentrasi belajar, bahkan tidak jarang membuat kita akhirnya gagal belajar.

Banyak hal yang menjadi penyebab gangguan kita belajar, salah satunya yaitu bersumber dari smartphone yang selalu ada di dekat kita. Notifikasi media sosial, email, dan lain-lain berpotensi untuk mengalihkan perhatian kita. Adanya notifikasi yang sering pasti membuat kita penasaran dan ingin membukanya. Ketika kita sudah membukanya, biasanya kita jadi keasyikan lebih memilih bermain gadget dari pada belajar dan tanpa terasa lupa waktu.

Nah, supaya kita bisa fokus dan menghindari gangguan dari smartphone, kita harus meletakkan smartphone jauh dengan area belajar kita. Penting juga menonaktifkan notifikasi sosmed sejenak selama kita belajar. Dengan demikian, kita dapat berkonsentrasi penuh dengan materi atau tugas yang sedang kita kerjakan, sehingga kita dapat memahami materi yang kita pelajari secara maksimal ya sobat…

2. Lakukan Persiapan 

Sebelum Belajar Melakukan persiapan sebelum belajar juga menjadi hal penting sebelum kita memulai untuk belajar. Pertimbangkan tempat yang akan kita gunakan untuk belajar, pilih tempat belajar yang menurut kita paling nyaman. Misalkan kita adalah tipe orang yang mudah terdistraksi, maka perlu kita pilih tempat belajar yang sepi dan jauh dari gangguan, misalnya di dalam kamar.

Pencahayaan ruang juga penting menjadi pertimbangan kita. Oleh karena itu, kita harus memilih tempat belajar dengan pencahayaan yang baik, agar tidak mengganggu penglihatan kita dalam belajar ya sob..

Oh ya, pastikan juga sinyal internet kita lancar ya... Karena biasanya ketika kita belajar, kita juga membutuhkan referensi materi secara online. Eits… tapi kita harus membuat komitmen dengan diri sendiri untuk tidak menggunakan internet membuka selain materi penunjang belajar kita ya.. Kalau kita gunakan untuk membuka hal lain, nanti malah akan merusak konsentrasi belajar kita Lho… hehehe….

Nah yang terakhir, rapikan area belajar kita, siapkan fasilitas penunjang belajar berupa alat tulis atau media penunjang belajar lainya. Serta, jangan lupa siapkan makanan dan minuman ringan di dekat area belajar sebagai pendamping ketika nanti kita belajar. Dengan begitu kita bisa berkonsentrasi penuh dalam belajar ya sob…

3. Buatlah Jadwal 

Belajar yang Konsisten Membuat rincian jadwal belajar menjadi hal penting, agar kita dapat merencanakan dan mengatur waktu belajar kita. Pastikan jadwal yang kita tentukan sesuai dengan kondisi kita ya sob, misalnya kita sesuaikan dengan waktu-waktu yang kiranya mood kita bagus. Sebab kondisi mood yang bagus dapat menumbuhkan semangat belajar lebih baik.

Kemudian kita harus berusaha disiplin menerapkan jadwal yang sudah kita susun dengan konsisten. Jika aktivitas kita sudah terjadwal dengan baik, akan membantu memudahkan kita dalam meningkatkan konsentrasi kita. Dengan disiplin menjalani rutinitas keseharian kita sesuai dengan jadwal yang sudah kita susun, kita menjadi lebih merasa nyaman dan dapat memperkuat konsistensi kita. Dengan terbiasanya kita belajar pada waktu yang sudah kita tentukan. Maka kita dapat belajar dengan maksimal Lho..

4. Pilihlah Waktu dan Metode Belajar yang Paling Cocok untuk Kamu 

Setiap individu memiliki karakteristik yang berbeda-beda, seperti kebiasaan dan cara dalam belajarnya. Oleh karena itu, cari tau karakteristik belajar kita seperti apa serta waktu yang tepat atau pas untuk kita belajar kapan. Kita harus paham apakah kita memiliki kecenderungan ciri pola gaya belajar visual, auditoria atau kinestetik.

Jika kita sudah paham dengan karakteristik diri kita, baru kemudian tentukan waktu dan metode belajar yang paling tepat untuk kita. Dengan menentukan waktu dan metode belajar yang tepat dapat membantu kita bersemangat dalam belajar dan otomatis kita menjadi lebih mudah memahami suatu materi dengan efektif.

5. Tentukan Batas Waktu Belajar dan Sisipkan Waktu Istirahat 

Saat Proses Belajar Menerapkan batas waktu dalam belajar juga penting ya sob. Jangan sampai karena kita terlalu bersemangat ingin mencapai hasil yang maksimal, menjadikan kita belajar tidak kenal waktu.

Kita harus paham bahwa kemampuan otak kita dalam belajar dalam satu waktu tertentu juga memiliki keterbatasan. Belajar terus menerus tanpa kenal waktu akan membuat fisik dan otak kita kelelahan. Ujungnya bukannya nilai maksimal yang kita dapat, malah khawatirnya akan membuat kita jadi sakit ya..hehe…

Oleh karena itu, kita harus menentukan batas waktu dalam belajar dengan durasi yang tidak terlalu lama, namun juga tidak terlalu cepat. Misalnya, kita tentukan batas durasi waktu belajar kita 2 jam. Nah, dalam waktu 2 jam ini kita harus benar-benar fokus untuk belajar tanpa distraksi apapun.

Untuk menghindari rasa bosan dan lelah, kita juga dapat menyisipkan jeda waktu untuk istirahat sekitar 5-10 menit. Ingat! jeda waktu istirahat jangan terlalu lama ya, ini hanya untuk merilekskan badan dan mengistirahatkan mata kita saja. Tujuannya agar badan kita kembali rileks dan otak kita juga kembali fokus. Setelah waktu istirahat selesai kita wajib banget kembali fokus belajar lagi sampai batas waktu belajar kita habis.

6. Buat Daftar Target Belajar 

Membuat target dalam belajar penting untuk membuat kita menjadi lebih fokus, karena kita sudah paham dan yakin point yang harus kita pelajari atau kerjakan. Jadi, sebelum kita mulai belajar kita susun rincian target-target yang ingin kita capai dalam belajar. Misalkan, hari ini kita akan mentarget diri kita dapat memahami mata pelajaran ekonomi BAB 1. Maka kita akan fokus belajar tentang materi tersebut.

Namun ingat ya sob, dalam menetapkan target belajar harus kita sesuaikan dengan kapasitas kemampuan belajar kita masing-masing ya…. Jadi jangan terlalu dipaksakan mencapai target belajar diluar kapasitas kemampuan kita.

7. Pelajari atau Kerjakan Pelajaran yang Disukai Terlebih Dahulu 

Untuk meningkatkan semangat dalam belajar, kita dapat mendahulukan pelajaran yang kita sukai terlebih dahulu. Namun, bukan berarti kita dapat mengabaikan pelajaran yang tidak kita sukai ya sob…hehehee….

Strategi ini bertujuan untuk memancing munculnya semangat belajar kita. Dengan harapan jika semangat belajar kita sudah muncul, maka kita akan juga bersemangat untuk belajar di mata pelajaran lainnya. Dengan semangat belajar yang tinggi, akan membuat konsentrasi belajar kita lebih optimal.

8. Istirahat Cukup dan Berkualitas 

Taukah kalian sob, istirahat yang cukup dan berkualitas dapat mempengaruhi konsentrasi kita dalam menjalankan aktivitas sehari-hari termasuk di dalamnya aktivitas belajar kita. Tidak sedikit di antara kita menyepelekan waktu dan kualitas istirahat kita utamanya diwaktu malam hari.

Upayakan kita memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas pada malam hari, yaitu kurang lebih 8 jam. Dengan kecukupan waktu kualitas tidur, maka kita akan memiliki energi yang cukup dan lebih siap menyambut aktivitas pada keesokan harinya. Kitapun akan lebih mudah menyerap dan memahami informasi atau pengetahuan baru dalam pelajaran di sekolah atau di kampus.

9. Penuhi Nutrisi dengan Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi 

Point terakhir ini tidak kalah pentingnya untuk kita perhatikan ya sob.. Kita harus memastikan bahwa asupan nutrisi yang masuk dalam tubuh kita sudah memadai sesuai dengan kebutuhan tubuh kita. Ciptakan pola makan yang sehat dan bergizi seimbang untuk menjaga kesehatan tubuh dan kecerdasan otak kita.

Dengan tubuh sehat, maka akan memberikan pengaruh terhadap kecerdasan otak kita. Sehingga, konsentrasi kita juga secara otomatis akan ikut meningkat juga kan ya sob....

Oke, itu dia beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk melatih konsentrasi belajar. Ingat ya sob! Latih diri kita untuk belajar secara rutin dan hindari belajar dengan pola SKS (Sistem Kebut Semalam), karena selain hasilnya bakal gak maksimal juga efeknya tidak baik Lho buat otak dan kesehatan badan kita.. Semangat terus belajarnya yaa…. Terimakasih sudah mampir di ruang corat coret sudutpandangnovita. Nantikan artikelku selanjutnya 😊

Blog sudutpandangnovita

4 komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Semoga sudutpandangnovita dapat membuat readers nyaman.

Ditunggu celotehnya dikolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup ya... 😊
  1. Masya Allah, lengkap banget tipsnya, Mbak. Anakku yang bungsu susah diajak konsentrasi, ntar tak coba ah. Makasih, ya, Mbak. Btw, aku suka ilustrasinya, cute 🙂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih kak.... Semoga tips nya dapat bermanfaat buat melatih konsentrasi belajar anaknya ya kak... 🥰❤️

      Hapus
  2. Alhamdulillah ketemu tips ini, semoga bisa segera saya coba nih.. Oh iya kak, sama kayak komennya kak Meliana, ilustrasinya lucu hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kak...hehe...selamat mencoba.. semoga berhasil ya kak 🥰

      Hapus