Hari Pangan Sedunia 2023: Memaknai Pentingnya Ketahanan Pangan melalui Kualitas Air

Hari Pangan Sedunia 16 Oktober

Hai sobat kreasi, pada artikel kali ini aku mau mengulas tentang “Hari Pangan Sedunia”. Sobat kreasi sudah pada tau kan kalau hari ini tepatnya tanggal 16 Oktober 2023 adalah salah satu hari penting yang diperingati dunia, yaitu tepat diperingatinya “Hari Pangan Sedunia”. Hari Pangan Sedunia tahun 2023 mengusung tema tentang arti penting air untuk kehidupan dan untuk ketahanan pangan berkelanjutan.

Yuk kita bahas bagaimana sih cerita sejarahnya sampai muncul perayaan Hari Pangan Sedunia, apa tema tahun ini dan apa saja rentetan acara peringatan Hari Pangan Sedunia tahun 2023…
 

Sejarah “Hari Pangan Sedunia”

Sejarah awal mula diperingati Hari Pangan Dunia atau World Food Day pada tanggal 16 Oktober yaitu adanya konferensi Food and Agriculture Organization of the United Nations (FAO) yang ke-20 pada bulan November 1976 di Roma. Pada konferensi FAO ke-20 tersebut juga mencetuskan resolusi No. 179 tentang World Food Day dan pada tanggal 16 Oktober juga menjadi peringatan berdirinya organisasi FAO.

Dan pada tahun 1979, FAO akhirnya menetapkan tanggal 16 Oktober diperingati sebagai Hari Pangan Sedunia. Kemudian, sejak tahun 1981, FAO menyelenggarakan peringatan Hari Pangan Sedunia dengan tema khusus tiap tahunnya hingga saat ini.
 
World Food Day

Tema Hari Pangan Sedunia 2023, Memaknai Pentingnya Ketahanan Pangan melalui Kualitas Air

Hari Pangan Sedunia tahun ini yang dirayakan lebih dari 150 negara, menjadi titik kumpul bagi pemerintah, dunia usaha, organisasi masyarakat sipil, dan masyarakat untuk bersama-sama memerangi kelaparan dan meningkatkan kesadaran tentang dampak besar pengelolaan air yang bertanggung jawab dalam sistem pertanian pangan.

Peringatan Hari Pangan Sedunia tahun ini mengusung tema sebagai berikut:

Water is Life, Water is food. Leave No One Behind - Food and Agriculture Organization of the United Nations (FAO)
Mengutip penjelasan dari Food and Agriculture Organization of the United Nations (FAO) tema hari pangan sedunia yang tepat jatuh pada hari ini, tanggal 16 Oktober 2023 diambil dengan alasan bahwa FAO menyoroti penderitaan 2,4 miliar orang di negara-negara yang kekurangan air dan 600 juta orang yang bergantung pada sistem pangan perairan yang menghadapi polusi, degradasi ekosistem, dan dampak dari perubahan iklim.

Menyadari arti penting air bagi kehidupan di bumi, menjadi fokus utama tema perayaan hari pangan sedunia tahun ini. Sebagian besar permukaan bumi dapat terjaga dengan baik karena peranan air, membentuk lebih dari 50 persen tubuh kita, menghasilkan makanan, dan mendukung penghidupan.

Namun sumber daya yang berharga ini bukannya tidak terbatas, dan kita harus berhenti menganggap remeh sumber daya tersebut. Apa yang kita makan dan bagaimana makanan itu diproduksi semuanya mempengaruhi air. Bersama-sama, kita dapat mengambil tindakan air untuk pangan dan menjadi perubahan.

Ketahanan pangan berkelanjutan akan tercipta dengan terciptanya ketahanan ketersediaan air yang berkualitas.

Rentetan Kegiatan Peringatan Hari Pangan Sedunia oleh Food and Agriculture Organization of the United Nations (FAO)

Hari Pangan Sedunia sebenarnya menampilkan sekitar 500 kegiatan dari 150 negara dan akan disiarkan secara luas melalui TV, radio, dan media sosial, serta melibatkan jutaan orang. Tujuan utamanya yaitu untuk meningkatkan kesadaran dan memobilisasi aksi global untuk transformasi sistem pangan pertanian.
                                                                                                                   
Namun, Peringatan Hari Pangan Sedunia oleh FAO sendiri tahun ini diawali dengan beberapa acara pembuka yaitu mulai tanggal 13 Oktober 2023, sampai nanti berakhir pada tanggal 20 Oktober 2023. Berikut kegiatan penting yang merupakan rentetan agenda Peringatan Hari Pangan Sedunia oleh Food and Agriculture Organization of the United Nations (FAO).

a. Coldiretti Village (13-15 Oktober 2023)

Terletak di Circus Maximus di Roma, stan FAO menampilkan dinding foto live aksi air dimana pengunjung dapat mengikrarkan komitmen terhadap dunia yang lebih aman terhadap air dan pangan. Lokakarya untuk anak kecil juga fokus pada tema tahun ini.

b. Penanaman Pohon dan Peresmian Perpustakaan Pohon Global dan Taman Bunga FAO (15 Oktober 2023)

Sebuah inisiatif bekerja sama dengan Roma Capitale di Villa Pamphili di mana 90 spesies pohon yang mewakili tujuh wilayah geografis dari seluruh dunia akan ditanam.

c. Upacara Perayaan Hari Pangan Sedunia (16 Oktober 2023 10:30 CEST)

Acara utama akan diadakan di Plenary Hall, FAO, Roma. Para tamu terhormat termasuk Direktur Jenderal FAO QU Dongyu, Presiden Sergio Mattarella dari Italia, Presiden Michael D. Higgins dari Irlandia, dan lainnya akan membahas pentingnya aksi untuk air dan iklim. Penghargaan Prestasi FAO juga akan diberikan pada upacara tersebut.

d. Hari Pangan Sedunia Junior (19 Oktober 2023 14:30 CEST)

Siswa akan terlibat dalam percakapan dengan tamu istimewa, termasuk koki, atlet, aktivis, dan musisi, mendiskusikan tindakan penghematan air dan praktik berkelanjutan. Video musik aksi remaja berjudul “Water is life, water is food” akan diluncurkan, mempromosikan keterlibatan dan dukungan dari remaja.

e. Pameran – Pengalaman Hari Pangan Sedunia (16-20 Oktober 2023)

Atrium FAO akan menyelenggarakan pengalaman air interaktif, termasuk dinding foto aksi air langsung, permainan interaktif untuk anak-anak, dan pengalaman air mendalam untuk menyoroti peran penting air dalam kehidupan dan pangan sistem pertanian.

F. Sejalan dengan perayaan Hari Pangan Sedunia, Forum Pangan Dunia akan menjadi tuan rumah serangkaian acara di Roma pada tanggal 16-20 Oktober 2023

The WFF Global Youth Forum, the FAO Science and Innovation Forum, and the FAO Hand-in-Hand Investment Forum.
 
Hari Pangan Sedunia 2023
Nah, itu ulasan singkat sudutpandangnovita tentang perayaan Hari Pangan Sedunia 2023: Air adalah Kehidupan, Air adalah Makanan. Di tengah perubahan iklim dan polusi yang dihadapi manusia selama ini telah berakibat hilang satu perlima cadangan sumber daya air tawar bumi yang dibutuhkan untuk pertanian. Parah ya sob, yuk saatnya kita turut memberikan peran, setidaknya turut mengkampanyekan dan menjaga kualitas air dilingkungan kita ya…. Sobat kreasi bisa ceritakan dalam kolom komentar bagaimana pengalaman tentang air dilingkungan sobat ya… 😊

Sumber Referensi:
Food and Agriculture Organization of the United Nations (FAO). 2023. World Food Day and World Food Forum 2023 set to spark global action for water, climate action and sustainable agrifood systems
(https://www.fao.org/newsroom/detail/world-food-day-and-world-food-forum-2023-set-to-spark-global-action-for-water--climate-action-and-sustainable-agrifood-systems/en)




4 komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Semoga sudutpandangnovita dapat membuat readers nyaman.

Ditunggu celotehnya dikolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup ya... 😊
  1. Temanya pas banget sama kondisi di Indonesia sekarang, harus hemat air karena kemarau sepertinya masih akan panjang. Penasaran sama perpustakaan pohonnya 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul kak, kemarau cadangan air menipis ya kak... hehehe... menarik ya perpustakaan pohonnya :D

      Hapus