8 Manfaat Content Plan dan Peluang Job untuk Blogger

Content Plan

Haii kamu!! Yeyyy…. selamat ya sudah bertahan sampai tahap ini, bertahan dalam kelas Blogspedia Coaching Batch #4 dari tanggal 9 Juli 2023 sampai nanti sekitar akhir Oktober 2023 bukan hal mudah. Content plan dan peluang job untuk blogger adalah materi pamungkas terakhir dalam coaching kali ini.

Sampai pada step ini rasanya campur aduk banget, ada rasa rasa haru, sedih sekaligus senang… 😍

Sedih karena ini adalah materi terakhir, yang artinya keseruan selama hampir 4 bulan ini dengan semua teman kelas Blogspedia Coaching Batch #4 dan dengan semua coach akan segera berakhir. Keributan, kepanikan setiap hari Rabu dan Sabtu kejar target setor tugas juga pasti bakal gak ada lagi ya..hehehe….

Senengnya, karena kita berhasil mencapai materi penghujung coaching, tinggal satu challenge yang menanti beberapa hari kedepan… Apa itu? Aku ceritin di next artikel ya….
 

Nah, dalam artikel kali ini kolom BLOGGING & TECHNO dari sudutpandangnovita bakal membahas tentang 8 Manfaat Content Plan dan Peluang Job untuk Blogger. Mengutip kalimat dari coach Maritaningtyas
Perencanaan yang matang adalah separuh jalan dari kesuksesan - Marita Ningtyas

Dalam hidup ini, kita semua pasti memiliki tujuan dan harapan yang ingin dicapai kan…. Untuk memudahkan kita dalam mencapainya, kita membutuhkan suatu perencanaan yang tepat. Begitu juga dalam proses upaya kita mencapai kemajuan rumah maya alias blog kita, perencanaan dapat menjadi salah satu kunci kesuksesan dalam mencapainya.

Apa sih Content Plan untuk Blog itu?

Content plan merupakan sebuah jadwal perencanaan guna mengembangkan sebuah konten dengan tujuan mendukung tercapainya perkembangan kemajuan suatu blog. Perencanaan yang dimaksud di sini adalah berupa ide konten yang disesuaikan target pembaca, hingga menentukan waktu tepat untuk mengunggah konten.

Content plan juga merupakan sebuah metode yang bertujuan untuk membuat sebuah media blog menjadi lebih menarik agar bisa dicerna informasinya oleh pembaca. Dalam sebuah content plan, akan ada tahapan-tahapan perencanaan yang bertujuan untuk mendapatkan pembaca baru.

Content plan adalah salah satu teknik yang harus dilakukan oleh seorang blogger pada setiap pembuatan konten.

4 Jenis Content Plan Blog

Ada 4 jenis content plan blog yang bisa diterapkan oleh seorang blogger, yaitu: yearly content plan, monthly planning, weekly content plan dan daily content plan.

a. Yearly Content Plan

Yearly content plan merupakan setting goal ngeblog seorang blogger dalam setahun ke depan. Misalkan seorang blogger dapat membuat goal plan sebagai berikut:

1) menetapkan tujuan ngeblog tahun ini: traffic yang ingin dicapai, DA/ PA yang ingin dicapai, angka DR yang ingin diraih, nominal rupiah yang ingin didapat, dsb;

2) hal-hal yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan: jadwal posting, update artikel lama, membenahi struktur blog, dsb;

3) agenda upgrading: ikut kelas SEO, ikut kelas sosmed, dsb.

Yearly content plan yang telah disusun menjadi pengikat seorang blogger untuk benar-benar berkomitmen berusaha menjalankannya dengan maksimal di tahun tersebut.

Contoh Content Plan Blog 2023
Yearly Content Plan

b. Monthly Planning

Monthly planning merupakan rencana jadwal postingan ngeblog bulanan. Jadi setahun kan ada 12 bulan, seorang blogger harus membreakdown rencana tahunan menjadi per bulan. Misalkan seorang blogger dapat membuat rencana bulanan dengan point sebagai berikut:

1) merencanakan jumlah artikel yang akan dihasilkan pada bulan tersebut/masing-masing bulan dalam setahun;
2) merencanakan jadwal postingan setiap hari/ per dua hari sekali;
3) mencatat hari-hari besar di bulan itu, apakah akan membuat postingan dengan tema tersebut.

c. Weekly Content Plan

Weekly content plan adalah merencanakan jadwal postingan ngeblog mingguan. Jadi seorang blogger harus membreakdown rencana bulanan menjadi mingguan. Misalkan seorang blogger dapat membuat rencana mingguan dengan point sebagai berikut:

1) menetapkan jadwal posting;
2) merencanakan kategori dan tema postingan;
3) menuliskan tujuan: misal ada lomba blog di pekan tersebut;
4) mencatat hal-hal yang harus dilakukan pekan itu: mencari referensi tulisan, menyiapkan infografis, wawancara narasumber, dsb.

Contoh Content Plan Minggu ke-3, Bulan Oktober 2023 
(Tanggal 16 Oktober 2023 - 21 Oktober 2023)
Weekly Content Plan

d. Daily Content Plan

Daily content plan yaitu membuat content plan harian berupa outline postingan untuk membantu penyusunan artikel. Daily content plan dapat berisi:

1) tema, kategori, judul;
2) tanggal terbit;
3) keyword;
4) latar belakang pembuatan artikel;
5) tujuan dan manfaat;
6) narasumber, konten pendukung yang dibutuhkan;
7) kesimpulan;
8) daftar pustaka/ sumber/ referensi.

Manfaat Content Plan

8 Manfaat Membuat Content Plan untuk Blog

Ternyata membuat content plan untuk blog memiliki banyak manfaat Lho… Berikut 8 manfaat yang bakal kalian dapat jika menyusun content plan dan konsisten dalam menerapkannya.

a. Membantu Keteraturan dan Konsistensi Postingan Blog

Membuat jadwal posting akan membantu seorang blogger lebih teratur dalam update blog. Apakah 1 hari 1 post, 3 kali per minggu, dsb.

b. Merencanakan Konten yang Seimbang

Jika seorang blogger memiliki lebih dari 1 niche/ kategori, dengan membuat perencanaan di awal, seorang blogger dapat menyusun jadwal konten masing-masing kategori secara bergantian.

c. Menyediakan Konten yang Ditunggu Pembaca

Ketika blog tak lagi sekedar hobby, namun juga tempat berbagi, tentunya seorang blogger harus memperhatikan jenis konten apa yang disukai pembaca. Content plan membantu keyword research. Jika seorang blogger dapat menyediakan konten yang ditunggu oleh pembaca, maka dapat meningkatkan SEO on Page untuk optimasi blognya.

d. Dapat Menandai Hari-Hari Spesial

Dengan perencanaan konten, seorang blogger dapat menyesuaikan postingan dengan hari-hari besar/ perayaan-perayaan tertentu.

e. Dapat Memilih Ide Terbaik

Content plan membantu seorang blogger untuk memutuskan mana ide terbaik yang akan dieksekusi terlebih dahulu.

f. Tidak Ada Alasan Buntu Ide

Ketika tema-tema yang akan ditulis sudah ada dalam genggaman, tidak ada alasan buntu ide bagi seorang blogger saat proses ngeblog.

g. Mencari Postingan Lebih Cepat

Jika seorang blogger juga mencatat link postingan yang sudah tayang di dalam content plan yang dibuat, dia bisa mencari tulisan lama dengan lebih mudah.

h. Menghemat Waktu dan Biaya

Saat orang lain baru berpikir mau nulis apa hari ini, seorang blogger yang sudah menyusun content plan sudah punya daftar tulisan hingga seminggu, sebulan atau bahkan setahun sekalian. Kita ketahui bahwa manajemen waktu yang baik sangat penting bagi seorang blogger jika ingin berkembang. Selain itu, dengan content plan juga peluang menghemat biaya lebih besar, seorang blogger juga dapat membuat konten tulisan sesuai dengan jadwal kegiatan atau perjalanan yang dilakukan. Jadi sekalian jalan menyelesaikan pekerjaan lain juga dapat menghasilkan tulisan.

Peluang Job Blogger

6 Jenis Peluang Job untuk Blogger

Ada banyak sekali peluang job bagi blogger, seorang blogger dapat berusaha untuk mendapatkan kesempatan itu. Berikut peluang job blogger yang bisa didapatkan di antaranya:

a. Job Review

Job review adalah pekerjaan mengulas kelebihan dan kekurangan suatu produk atau jasa atau bahkan sebuah event. Kategori job ini ada yang berbayar ada juga yang ditukar dengan produk. Tergantung kesepakatan kedua belah pihak diawal.

b. Placement Content

Placement content adalah pekerjaan mereview suatu produk atau jasa juga seperti poin a, namun bedanya artikel dan keyword sudah disediakan oleh klien, Blogger tinggal posting saja.

c. Google Adsense

Caranya, dengan mengajukan diri sebagai mitra dari google sebagai penayang iklan di blog kita. Dari situ Google akan memberikan kompensasi tergantung dari banyaknya iklan yang dilihat pengunjung.

d. Affiliate

Dalam kategori ini blog kita dapat berafiliasi dengan media-media ternama untuk memasang banner iklan di blog kita. Jika ada yang meng-klik layanan afiliasi ini, kita akan mendapatkan bayaran tiap kali ada yang mengklik kode tersebut.

e. Menyewakan Banner Space untuk Pengiklan

Kita juga dapat menyewakan sedikit lapak dalam blog kita untuk dipasangi banner iklan. Maka, penyewa akan membayar sesuai tarif yang disepakati antara blogger dan klien. Besaran tarif sangat beragam, tergantung dari besarnya banner dan lamanya banner dipasang.

f. Mengikuti Lomba Blog

Meski peluang menangnya juga sangat kecil, namun lomba blog sangat bisa juga untuk mendapat penghasilan lewat blog. Jika menang akan mendapatkan hadiah tentunya, namun jika belum menang maka akan menambah jam terbang dalam menulis.

Nah itulah ulasan sudutpandangnovita tentang manfaat content plan dan peluang job untuk blogger. Adakah dari kalian yang sudah praktek membuat content plan? Atau pernah mendapat mendapatkan job blogger? Bagi pengalaman kalian dengan bercerita di kolom komentar ya… 😊

6 komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Semoga sudutpandangnovita dapat membuat readers nyaman.

Ditunggu celotehnya dikolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup ya... 😊
  1. Keren banget kak Novi, suka banget dengan detail gambarnya. Semangat ka

    BalasHapus
  2. Mantaaap... semoga goals-nya bisa goool... hihi.. ini aku suka peluang-peluangnya, semoga bisa dapat juga.aamin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin yra kak... Hehe...yuk semangat kejar peluang-peluang ini bareng-bareng kedepan kak 😍

      Hapus
  3. kak novi, gambarnya keren banget.. semangat kak novii..

    BalasHapus