10 Cara Membangun Personal Branding bagi Blogger Pemula

Personal Branding

Di era digital saat ini, personal branding memiliki peran penting untuk berbagai jenis profesi di antaranya juga bagi profesi penulis salah satunya bagi seorang blogger. Seorang blogger perlu menunjukkan eksistensinya kepada khalayak luas.

Personal branding memberikan pengaruh besar terhadap popularitas seorang blogger dan memberikan dampak terhadap tingginya tingkat ketertarikan kunjungan pembaca dalam blognya. Tentunya hal ini menjadi tantangan utamanya bagi seorang blogger pemula seperti aku untuk dapat membangun personal branding dengan kuat.

Oleh karena itu, seorang blogger pemula wajib banget mengetahui cara membangun personal branding. Yuk Simak penjelasan detailnya dalam uraian berikut ini!


Pengertian Personal Branding

Apa Itu Personal Branding?

Personal branding adalah suatu proses upaya seseorang untuk membentuk dan menjaga persepsi masyarakat dengan citra positif. Persepsi yang dibangun beragam, mulai dari potensi kepribadian, keahlian, dan lain sebagainya dengan tujuan untuk menampilkan citra diri ke hadapan kalayak atau publik.

Dengan personal branding orang akan mengingat kita dengan mudah berdasarkan gambaran diri yang telah kita bentuk.

Ketika kita ingin membangun personal branding, ada tiga pertanyaan yang perlu kita jawab terlebih dahulu, yaitu: Siapa kita?, Apa yang sudah kita lakukan?, Apa tujuan yang ingin kita capai?
Sehingga sebelum kita membangun personal branding, kita harus memahami diri kita dengan utuh, berusaha mengembangkan potensi diri yang dimiliki, sampai akhirnya kita dapat menawarkan secara profesional nilai unggul dari potensi kita baik saat ini maupun untuk masa mendatang.

Manfaat Personal Branding

Apa Pentingnya Personal Branding bagi Blogger Pemula?

Pentingnya personal branding bagi blogger pemula, yaitu agar dapat:

a. Mengembangkan Kepercayaan

Dengan berhasilnya kita membangun personal branding yang baik, maka seorang blogger secara tidak langsung juga telah membangun kepercayaan orang lain kepadanya. Personal branding akan membantu menumbuhkan rasa nyaman orang lain bekerja dengannya serta memberikan tanggung jawab atas kebutuhan kepadanya.

b. Membangun Koneksi

Personal branding dapat memberikan jalan bagi blogger pemula menemukan jejaring, utamanya dibidang spesialisasi yang fokus menjadi branding dia. Begitu seorang blogger membangun reputasi, maka akan membantunya mendapatkan kemungkinan lebih banyak prospek dan koneksi.

c. Membangun Kredibilitas

Personal branding membantu seorang blogger pemula dalam menetapkan bidang spesialisasi keahliannya. Hal ini dapat mendorong blogger tersebut untuk mendapatkan pengakuan pada bidang spesialisasi keahlian yang sudah ditentukan. Potensi keahlian sebagai brandingnya akan membentuk persepsi positif bagi audiens target, sehingga kredibilitas seorang blogger akan terbentuk.

d. Keuntungan dalam Keyakinan

Seorang blogger akan memperoleh kepercayaan diri saat mengembangkan personal brandingnya. Dengan berkembangnya kepercayaan diri, maka kualitas keyakinan dan kekuatan positif dari dalam diri juga turut berkembang. Branding yang dilakukan dengan baik akan menekankan kekuatan individu dan dapat memberikan arahan ke mana dia dapat menggunakan kekuatan tersebut.

e. Mendorong Munculnya Authenticity

Personal branding membantu seorang blogger menjadi otentik. Kekhasan yang otentik yang dimiliki seorang blogger dapat membantu meningkatkan kualitas diri, dan meminimalkan kelemahan yang dimilikinya.

10 Cara Membangun Personal Branding Bagi Blogger Pemula

Dengan membangun personal branding yang kuat, seorang blogger pemula akan lebih mudah menarik perhatian pembaca dan membangun kepercayaan. Berikut adalah 10 cara membangun personal branding bagi blogger pemula yang aku lakukan:

a. Kenali Diri Secara Mendalam

Langkah pertama untuk membangun personal branding adalah mengenali diri secara mendalam. Apa keunikan yang seorang blogger miliki? Apa yang disukai dan kuasai?

Apa yang sih yang ingin dicapai? Ketika seorang blogger pemula telah mampu mengenal diri dengan baik, maka akan lebih mudah bagi dia untuk mengekspresikan diri dan membangun hubungan dengan pembaca.

b. Menjaga Konsistensi

Salah satu kunci untuk membangun personal branding yang kuat adalah konsistensi. Oleh karena itu, bagi seorang blogger sangat penting menjaga konsistensi. Menjaga konsistensi dalam hal jadwal publish tulisan, apa yang ditulis, gaya penulisan, dan cara berinteraksi dengan pembaca.

Ketika seorang blogger berhasil konsisten, pembaca akan lebih mudah mengenali dan mempercayai.

c. Berbagi konten yang berkualitas

Konten merupakan salah satu hal terpenting dalam membangun personal branding. Pastikan konten yang ditulis berkualitas, informatif, dan bermanfaat.

Konten yang berkualitas dapat membantu seorang blogger untuk menarik perhatian pembaca dan membangun kepercayaan.

d. Bangun dan Jaga Interaksi dengan pembaca

Membangun dan menjaga interaksi dengan pembaca sangat penting untuk membangun kedekatan hubungan dan kepercayaan dengan pembaca. Seorang blogger harus rajin memberikan tanggapan terhadap komentar dan pertanyaan dari pembaca.

e. Gunakan Media Social untuk Mempromosikan Blog

Media sosial merupakan sarana yang potensial yang bisa digunakan untuk mempromosikan blog kita dan membangun personal branding. Gunakan media sosial untuk berbagi konten dalam blog, berinteraksi dengan pembaca, dan membangun jaringan.

f. Gunakan nama yang unik dan mudah diingat

Nama blog merupakan hal pertama yang dilihat oleh pembaca, jadi penting untuk menggunakan nama yang unik dan mudah diingat. Nama yang unik akan membantu seorang blogger menonjol dari para blogger lainnya.

g. Gunakan gambar profil yang menarik

Gambar profil yang unik dan menarik merupakan salah satu cara yang efektif untuk memperkenalkan diri kepada pembaca. Gambar profil yang menarik dan professional dapat membantu pembaca lebih mudah mengenal kita.

h. Membuat Profil Blog yang Informatif

Profil blog adalah tempat untuk memberikan informasi tentang diri seorang blogger dan blog yang dimilikinya. Sehingga, membuat profil blog yang informatif dan menarik sangat penting dilakukan.

i. Gunakan tagar yang relevan

Tagar menjadi salah satu cara yang efektif untuk membuat konten blog lebih mudah ditemukan oleh pembaca. Gunakan tagar yang relevan dengan topik dari konten.

j. Promosikan blog Anda

Mengandalkan mesin pencari untuk membawa pembaca mengunjungi blog yang dimiliki oleh seorang blogger pemula menjadi cara yang kurang efektif. Apalagi jika usia blog masih sangat baru. Maka seorang blogger pemula dapat melakukan strategi lain untuk mempercepat pembaca menemukan blog yang dimilikinya, di antaranya yaitu dengan mempromosikan blog pada berbagai platform media sosial dan media online lainnya.

Personal Branding, Aku Ingin Dikenal Sebagai Blogger Yang Seperti Apa?

Blogger Novita Nurul Islami

Sejak memutuskan terjun di dunia blogging, aku banyak melakukan perenungan utamanya berusaha mengenali diri sendiri secara mendalam. Aku juga mulai memetakan potensi-potensi yang ku miliki. Menggali banyak sisi yang aku miliki.

Sebagai blogger pemula, aku masih belum punya cukup keberanian untuk membuat blog dengan topik yang spesifik. Memilih niche lifestyle sebagaimana yang aku tuliskan dalam blog impian, membuat aku lebih bebas berbagi sudut pandang dengan menulis beberapa tema.

Seperti alasan dasar ku memulai ngeblog yaitu sebagai sarana berbagi manfaat, akupun mulai mencoba membangun personal branding sesuai dengan niche yang sudah aku tentukan. Niche lifestyle blog menjadi tantangan tersendiri untukku, karena aku harus bisa menulis berbagai topik sekaligus. Maka aku berusaha menggali sisi unik dan pembeda yang aku tawarkan dalam blog ini.

Perjalananku membangun personal branding tentunya masih panjang, dan aku akan terus berbagi pengalaman perkembanganku dalam upaya membangun personal brandingku kepada kalian sobat kreasi..


Nah, itu dia cerita singkatku tentang personal branding dan 10 cara membangun personal branding bagi blogger pemula yang aku lakukan. Dengan menerapkan 10 cara di atas, aku sebagai seorang blogger pemula dapat membangun personal branding yang kuat sampai nantinya berhasil menjadi seorang blogger profesional.. Bagaimana cerita kalian dalam membangun personal branding? ceritakan dikolom komentar ya.... :) 

6 komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Semoga sudutpandangnovita dapat membuat readers nyaman.

Ditunggu celotehnya dikolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup ya... 😊
  1. Masya Allah, lengkap sekali penjelasan langkah membangun Personal Brandingnya. Menggarisbawahi tentang konsistensi 🤭, semoga selepas coaching ini juga masih bisa konsisten posting ya, mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin yra kak... Saling menyemangati ya kak, semoga kita terus konsisten... :)

      Hapus
  2. MasyaAllah semangat terus mb Novita. Sama nih ngerasain si personal branding ini merupakan perjalanan panjang. Tapi kembali lagi ada 3 pertanyaan mengapa harus membangun personal branding. Menyadarkan diriku hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat kakak.... Perjalanan panjang ya kak, belajar dan terus belajar...

      Hapus
  3. Menjaga konsistensi jadi tantangan berat ku kak... Tetap semangat dalam setiap proses ya... ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat konsisten kakak... semangat terus berproses :)

      Hapus