10 Contoh Soft Skill yang Wajib Kamu Miliki Agar Lebih Mudah Berkembang!




Soft Skill

Hi sobat kreasi, kali ini aku mau bahas tentang soft skill..
Hard skill memang sangat penting, namun penguasaan soft skill yang baik sangat berguna bagi kita untuk berkembang dan mencapai tujuan karir di masa depan.  Namun, seringkali seseorang lebih fokus untuk mengembangkan dan meningkatkan hard skill dan cenderung mengabaikan soft skillnya. 

Padahal hard skill dan soft skill sangat penting dan seharusnya dapat berkembang secara seimbang dan beriringan.

Tingginya tingkat persaingan di dunia kerja menuntut seorang individu tidak hanya memiliki hard skill, namun harus dilengkapi dengan kemampuan soft skill yang baik. Sama halnya dengan hard skill, soft skill dapat dilatih. Misalnya kemampuan komunikasi, dapat dilatih dengan mengikuti pelatihan-pelatihan khusus.

Soft skill tidak hanya dibutuhkan di dunia kerja, namun juga dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Lalu apa saja contoh soft skill yang perlu kita miliki? Artikel ini akan membahas 12 contoh soft skill yang wajib kamu miliki agar lebih mudah untuk berkembang baik dalam dunia kerja atau dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari.


Pengertian Soft Skill

Apa itu Soft Skill?

Soft skill adalah suatu kemampuan yang dimiliki oleh individu secara alami yang mencakup kecerdasan, baik emosional maupun sosial, komunikasi atau berinteraksi dengan individu lain, dan semacamnya. Dalam hal ini, soft skill adalah karakter bawaan individu.

Jadi jika hard skill lebih kepada kemampuan intelektual yang bersifat teknis, seperti kemampuan akademis, seni, tematik, dan lain sebagainya. Berbeda dengan soft skill yang lebih cenderung berkaitan dengan kepribadian, karakter, serta kemampuan bersosialisasi atau beradaptasi seseorang baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam dunia kerja.

Meskipun soft skilll dimaknai sebagai karakter bawaan, namun soft skill sangat mungkin untuk dipelajari dan dikembangkan. Untuk mengembangkannya tidak harus belajar secara formal dibangku sekolah atau perkuliahan. Namun, kita dapat melatihnya melalui kehidupan kita sehari-hari ketika berinteraksi dengan orang-orang disekitar kita. Misalnya dengan berinteraksi dengan individu lain atau masyarakat sekitar dapat melatih kemampuan komunikasi dan kepekaan sosial kita.

Oleh karena itu, perbedaan soft skill  yang dimiliki seorang individu biasanya dipengaruhi oleh lingkungan sekitar, baik itu pergaulan, sekolah, maupun di dalam keluarga. Seseorang yang dapat menguasai hard skill dan soft skill secara seimbang akan lebih kompeten dan menonjol dibandingkan yang hanya menguasai hard skill saja atau soft skill saja. Jika keduanya dapat kita kuasai, maka kita akan lebih mudah untuk berkembang dan mencapai kesuksesan baik dalam karir ataupun kehidupan sehari-hari.

Soft Skill

10 Contoh Soft Skill yang Wajib Kamu Miliki Agar Lebih Mudah Berkembang

Banyak aspek kemampuan soft skill yang dapat kita miliki, namun setidaknya kita dapat meningkatkan dan mengembangkan 12 soft skill berikut.

a. Kecerdasan Emosional 

Tidak hanya kecerdasan intelektual atau yang bersifat teknis, kecerdasan emosional saat ini juga sangat dipertimbangkan oleh banyak perusahaan atau instansi ketika merekrut pegawai/sumber daya manusianya. Sehingga, kecerdasarn emosional merupakan soft skill yang wajib banget kita miliki ya sob....

Seorang individu yang dapat mengendalikan emosinya akan lebih mampu membaca situasi dan lebih tenang serta mampu berpikir jernal dalam segala kondisi. Sebaliknya jika individu tidak memiliki pengendalian diri yang baik terhadap emosinya, maka akan memberikan kesan buruk karena biasanya cenderung berlebihan dalam meluapkan emosinya.

b. Kemampuan Komunikasi

Kemampuan komunikasi menjadi soft skill yang sangat penting serta utama untuk kita miliki. Karena komunikasi menjadi bekal bagi seorang individu berinteraksi dengan baik dan nyaman dengan individu lain. Apabila kita tidak memiliki kemampuan komunikasi dengan baik, maka kita akan kurang nyaman dalam berinteraksi.

Kemampuan komunikasi yang baik akan membantu kita dalam menyampaikan ide, gagasan dan ide-ide kita. Dengan soft skill komunikasi ini, kita juga akan lebih paham kapan waktu yang tepat untuk sekadar berbicara, beropini, ataupun berdebat.

Untuk mengasah kemampuan komunikasi, dapat kita mulai dengan menjadi pendengar yang baik. Ketika seseorang mendengarkan orang lain bicara, kebanyakan orang akan fokus pada apa yang harus mereka katakan untuk menanggapi apa yang disampaikan oleh orang tersebut, bukan pada apa yang sedang dibicarakannya.

Dengan belajar menjadi pendengar yang baik, kita dapat belajar menganalisa dan cara berbicara serta memberikan tanggapan dengan lebih baik.

Cara lain yang dapat kita lakukan untuk mengembangkan kemampuan komunikasi yaitu dengan merekam percakapan yang kita lakukan. Kemudian dengarkan kembali rekaman percakapan kita, semakin kita mendengarnya biasanya kita akan dapat menemukan kekurangan-kekurangan cara komunikasi kita, dan kita dapat memperbaikinya.

c. Kemampuan Negosiasi

Jenis soft skill yang perlu dimiliki selanjutnya adalah kemampuan untuk bernegosiasi. Dengan kemampuan negosiasi yang baik, Anda dapat mencari jalan keluar untuk mengatasi masalah melalui diskusi.

Skill negosiasi sangat dibutuhkan terutama dalam dunia kerja. Sebab, segala hal yang berhubungan dengan pekerjaan perlu dinegosiasikan. Misalnya saja perihal beban pekerjaan, gaji, maupun bernegosiasi dengan klien untuk mendapatkan solusi terbaik yang tidak merugikan kedua belah pihak.

Contoh lainnya adalah bernegosiasi dalam hal kesepakatan kerja, penjualan dan pembelian produk, kontrak hukum, dan lain sebagainya. Inti dari negosiasi adalah mencari jalan keluar terbaik yang menguntungkan pihak-pihak yang bersangkutan atau paling tidak, tidak ada yang dirugikan.

Kemampuan ini sama pentingnya dengan kemampuan memecahkan masalah karena dengan skill negosiasi Anda dapat menyelesaikan masalah apa pun yang muncul di kemudian hari. Selebihnya, skill negosiasi juga penting dalam penyelesaian masalah di kehidupan sehari-hari.

d. Kemampuan Berpikir kritis

Anda bisa melatih soft skill yang satu ini dengan dua hal, yaitu membaca buku serta melakukan debat dan diskusi/bertukar pikiran. Kedua kegiatan ini sangat membantu dalam pengembangan kemampuan berpikir kritis.

Membaca dapat membantu Anda untuk mengenal lebih banyak kosa kata, membuka wawasan yang lebih luas, dan juga memperdalam pembelajaran tentang berbagai topik.

Selain itu, sebaiknya Anda juga perlu sering melakukan debat dan diskusi. Tidak harus melakukan diskusi atau debat dalam forum, Anda juga dapat melakukan diskusi ringan bersama keluarga, teman, maupun rekan kerja.

Topik yang dibahas pun tidak harus hal-hal yang berat seperti politik atau agama. Anda bisa sekadar membahas isu-isu hangat yang sedang terjadi di sekitar, seperti film terbaru dan novel yang baru saja terbit.

Dengan bertukar pikiran melalui diskusi, selain dapat memperluas pengetahuan dan melatih Anda untuk berpikir kritis, juga dapat memperluas jaringan Anda.

e. Kepemimpinan

Tidak semua orang suka untuk menjadi seorang pemimpin. Namun dalam hal karier, soft skill ini harus dimiliki jika Anda ingin berhasil sebagai seorang profesional/karyawan.

Setiap orang pasti menginginkan posisi yang semakin tinggi dalam kariernya. Maka dari itu, Anda tidak bisa menghindar ketika suatu saat Anda diberikan kesempatan untuk menjadi seorang pemimpin.

Hal yang harus Anda lakukan adalah memiliki kepercayaan diri dan keberanian. Anda harus siap untuk menjadi pemimpin kapan pun kesempatan itu datang pada Anda

Jika diberikan kesempatan untuk memimpin sebuah project, sebaiknya Anda terima dan jadikan itu sebagai kesempatan untuk diri Anda mengembangkan diri. Bahkan, akan lebih baik jika Anda merekomendasikan diri Anda sendiri.

f. Kemampuan Beradaptasi

Kemampuan selanjutnya yang perlu dimiliki oleh profesional/karyawan adalah kemampuan beradaptasi. Setiap pekerjaan mungkin terasa berat dilakukan pada awalnya, apalagi jika belum terbiasa dan banyak hal yang harus Anda pelajari.

Dengan kemampuan beradaptasi yang baik, Anda akan mampu melewati masa sulit tersebut. Soft skill yang satu ini akan membantu Anda melewati segala dinamika di dunia kerja. Kemampuan adaptasi yang baik juga akan membuat Anda siap menghadapi segala kemungkinan yang terjadi di mana pun dan kapan pun.

g. Kemampuan Bekerjasama dan Berkolaborasi

Jenis soft skill selanjutnya yang harus dimiliki oleh seorang profesional/karyawan untuk menunjang karirnya adalah kemampuan untuk bekerja sama atau berkolaborasi.

Menjadi seseorang yang bisa diajak bekerja sama di dalam tim sangat penting untuk keberlangsungan karir. Banyak orang yang mampu bekerja sangat baik jika bekerja sendiri, namun kesulitan ketika harus bekerja sama.

Hal seperti ini akan menyusahkan diri sendiri dan juga menghambat kerja tim. Maka dari itu, Anda harus mengasah skill yang satu ini jika ingin berhasil di dunia kerja. Melalui kerjasama tim juga Anda dapat mengasah soft skill lainnya seperti komunikasi, adaptasi, dan lain sebagainya.

h. Kemampuan Public Speaking

Public speaking merupakan soft skill yang cukup sulit bagi sebagian orang. Banyak sekali orang yang merasa tidak mampu berbicara di depan umum sehingga memilih untuk tidak melakukannya.

Namun, jika ingin sukses di dunia kerja, Anda harus berani menaklukan skill yang satu ini. Terutama jika Anda bekerja di industri kreatif atau marketing yang mengharuskan Anda untuk presentasi di depan banyak orang.

Pada awalnya mungkin public speaking terlihat menakutkan. Namun, satu-satunya cara untuk dapat menguasainya adalah Anda harus melakukannya sesering mungkin. Akhirnya, Anda akan terbiasa melakukannya.

Anda dapat melatih public speaking dengan mulai berbicara di depan cermin. Perhatikan penampilan dan gestur ketika Anda berbicara. Setelah itu, mulailah latihan berbicara di depan orang secara bertahap, dimulai dari orang terdekat Anda.

Kemudian mintalah feedback berupa saran atau kritik kepada mereka sehingga Anda dapat mengevaluasi dan memperbaikinya.

i. Kemampuan Manajemen Waktu

Seorang profesional/karyawan wajib untuk memiliki soft skill manajemen waktu. Dalam dunia kerja, menjadi tepat waktu adalah hal yang sangat penting.

Datang terlambat atau menyelesaikan tugas lewat dari deadline adalah contoh bahwa Anda tidak memiliki manajemen waktu yang baik. Selain itu, hal ini juga menunjukkan bahwa Anda adalah pribadi yang kurang disiplin dan tidak profesional.

Meskipun Anda bukan orang yang suka menjadwalkan segala hal, tapi sebuah timeline dan jadwal kerja harian selalu penting untuk dipertimbangkan demi menguasai skill yang satu ini.

j. Networking

Soft skill terakhir yang harus dimiliki seorang profesional/karyawan tidak kalah penting dengan kemampuan-kemampuan yang telah dijelaskan sebelumnya.

Memiliki networking yang luas merupakan hal yang sangat penting dalam membangun sebuah karir. Semakin luas networking yang Anda bangun, maka semakin banyak pula kesempatan dan peluang terbuka untuk Anda.

Memperluas networking bukanlah hal yang sulit. Anda bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja. Sebaiknya Anda jangan pernah melewatkan sebuah acara yang memungkinkan Anda untuk dapat memperluas networking.

12 komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Semoga sudutpandangnovita dapat membuat readers nyaman.

Ditunggu celotehnya dikolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup ya... 😊
  1. Masya Allah, ternyata banyak juga ya yang harus kita miliki untuk terus mengembangkan diri. Nice post, thank you.

    BalasHapus
  2. Semua ini kemampuan abad 21 ya karena tantangan akan semakin besar...kita bersiap...anak2 kita juga harus bersiap mengasah semua kemampuan ini sedari dini

    BalasHapus
  3. Aq baca artikel ini langsung terbaysng anak-anak. Dimana soft skill ini dipengaruhi oleh orang sekitar. Dan itu aq sebagai orang tua.

    BalasHapus
  4. Terima kasih artikelnya mbak. Artikelnya akan saya share ke anak saya yang baru mulai masuk dunia kerja.

    BalasHapus
  5. Sebagai orang introvert, sebelumnya saya menganggap tidak mengapa kalau saya tidak punya kemampuan public speaking karena memang sudah dari sananya seperti itu. Namun, kini saya menyadari bagaimana pun kepribadian kita, salah satu soft skill ini akan menjadi poin plus yang cenderung wajib kita miliki. Tidak selamanya kita bisa diam di pojokan. Akan ada saat-saat tertentu yang mengharuskan kita berada di bawah lampu sorot.

    BalasHapus
  6. Soft skill memang penting sekali dalam kehidupan kita. Itu mengapa saya pun selalu menekankan kepada anak-anak di sekolah untuk belajar memiliki soft skill ini agar mereka lebih siap terjun ke jenjang kehidupan selanjutnya setelah lulus kelak dari tingkat SMA

    BalasHapus
  7. Penting bgt mengasah soft skill itu, apalagi di dunia digital ini yang butuh analisis yang kritis. Semuanya penting sekali dan harus di upgrade biar semakin berkembang.

    BalasHapus
  8. Sepakat banget dengan pemaparan dari mb Novita. Skill ini bakal kepake dimanapun sih. Ini yang bisa juga dipersiapkan untuk anak-anak kita.

    BalasHapus
  9. Ini alasanku malahan nggak ijinin anakku keluar rumah karena faktor lingkungan yang kurang well, lebih baik tetep ajarin anak sendiri soal softskill, dan pengembangan soft skillnya

    BalasHapus
  10. Semuanya penting banget. Makanya aku sebagai ibu mulai mengajarkan sedikit-sedikit tentang soft skill ini kepada anak-anak. Kemampuan ini akan terus dipakai dimanapun berada.

    BalasHapus
  11. Soft skill negosiasi, komunikasi, dan kepemimpinan ga cuma dibutuhkan di dunia kerja loh, di keluarga dan rumah tangga juga perlu banget kemampuan ini. Justru di rumah saya mengasahnya, gimana berkomunikasi dan negosiasi dengan anak dan suami. Ujung-ujungnya biar kita menang sih hehe...tapi tentu semua demi kebaikan dengan berbagai pertimbangan

    BalasHapus
  12. Bener nih.. Sebegitu pentingnya softskill untuk bekal menjalani kehidupan. Wajib banget mendampingi anak-anak untuk mengembangkan softskill mereka..

    BalasHapus