7 Kunci Simple Resolusi Untuk Lebih Berkembang di tahun 2024



Resolusi Tahun Baru 2024

Hi, Sobat kreasi… Apa kabar?
Sudah pada siap menyambut tahun 2024? Dua hari lagi kita sudah masuk tahun 2024 Loh…
Oh ya, gimana nih kabar resolusi tahun 2023 nya?

Kalau resolusi kalian selama 2023 telah tercapai, aku ucapin selamat ya sudah berhasil….

Tapi misalkan gagal gak apa-apa juga, wajar banget kok. Kalian gak sendirian. Nyatanya berdasarkan survei news.yahoo.com , 80% dari orang-orang yang memiliki resolusi tahun baru, gagal melanjutkan atau melaksanakan resolusi tersebut ketika sudah masuk bulan Februari (Luciani, 2015).
 
Lalu apakah sebenarnya membuat resolusi tahun baru gak penting? Ya gak juga ya… Meskipun pada dasarnya pergantian tahun baru itu adalah hal yang biasa, hanya pergantian waktu saja. Bahkan mungkin saja tidak berpengaruh secara langsung dengan kebiasaan kita sehari-hari. Tapi jika dengan membuat resolusi tahun baru dapat meningkatkan motivasi dan semangat kita untuk tahun depan, kenapa gak kita lakukan…?

Kita memang gak bisa berharap banyak diri kita akan bisa langsung berubah setelah pergantian tahun. Makanya kita harus memiliki keinginan yang kuat merubah diri kita dari dalam dulu buat mendorong tercapainya resolusi yang disusun.

Nah, jika kalian merasa tahun 2023 susah berkembang, masih banyak resolusi yang belum tercapai. Yuk kita bahas bersama tentang definisi resolusi, manfaat penting menyusun resolusi, sebab resolusi tahun baru kita gagal dan gimana sih kunci simple resolusi untuk lebih berkembang di tahun 2024.

Yuk simak pembahasan berikut....

Apa Sih Resolusi Itu?

Menurut KBBI resolusi adalah putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal.

Namun, istilah resolusi banyak digunakan pada masyarakat umum untuk menggambarkan daftar harapan-harapan untuk menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya yang ingin dicapai pada tahun berikutnya.

Resolusi berkembang menjadi suatu budaya yang dilakukan oleh banyak masyarakat umum pada moment tiap pergantian tahun. Adapun tujuan dirancangnya resolusi ini yaitu agar target-target tahun depan dapat tersusun dengan baik.

 
Manfaat Resolusi Tahun Baru

Manfaat Penting Membuat Resolusi pada Tahun Baru untuk Peningkatan Kualitas Hidup

Resolusi itu layaknya sebuah harapan baru, sebuah permintaan untuk kita mendapatkan kesempatan kedua ditahun yang baru. Sehingga, resolusi memiliki beberapa manfaat, berikut setidaknya empat manfaat membuat resolusi tahun baru.

a. Hidup lebih memiliki target dan tujuan yang jelas

Resolusi memiliki manfaat untuk dapat membantu seseorang menentukan hal-hal penting yang akan menjadi prioritas untuk dilakukan dimasa mendatang. Sehingga, dengan menyusun resolusi kita dapat menentukan target dan tujuan yang ingin kita capai dengan jelas.

b. Menghidupkan kembali motivasi di setiap kegiatan yang kita lakukan

Dengan adanya resolusi dapat mendorong kita untuk termotivasi kembali dalam menjalankan segala aktivitas yang kita lakukan. Dengan tujuan yang jelas, bahkan indikator ketercapaian yang jelas kita akan lebih fokus dan semangat untuk menjalankan kegiatan kita.

c. Dapat membentuk karakter diri menjadi lebih baik

Ketika kita telah memiliki resolusi, maka pasti kita akan berusaha untuk mewujudkannya. Sehingga, dalam rangkan mencapai resolusi tersebut pasti kita akan berusaha untuk mencari Langkah terbaik serta akan berupaya untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik.

d. Dapat mendorong terciptanya konsistensi diri, berusaha mencapai hal yang kita inginkan

Mencapai resolusi yang sudah kita tentukan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Akan banyak tantangan yang dihadapi dengan melewati proses yang pastinya tidak mudah. Oleh karena itu, kita dilatih serta didorong untuk tekun dan konsisten untuk mencapainya. Jika kita sudah konsisten, maka apa yang menjadi pengharapan kita akan dapat tercapai.
 
Sebab Resolusi Tahun Baru GagalKegagalan pencapaian keberhasilan resolusi tahun baru merupakan hal yang wajar. Namun meskipun wajar, kita perlu mencari tau sebab kenapa resolusi kita gagal agar tidak terulang pada resolusi tahun berikutnya.

Penyebab dari tidak tercapainya resolusi tahun baru yang kita susun yaitu resolusi itu sendiri. Kurang tepatnya kita dalam menyusun resolusi dapat menjadi akar masalah yang menjadikan kita akhirnya tidak dapat mencapai resolusi secara efektif.

Misalnya, secara tidak sadar kita membuat resolusi yang terlalu luas, abstrak atau tidak jelas, dan tidak realistis sehingga kita kesulitan mengarahkan diri untuk mencapainya. Diri kita akan mengalami kebingungan dalam menentukan langkah menjalankan resolusi tersebut.


Resolusi Tahun 2024

7 Kunci Simple Resolusi Untuk Lebih Berkembang di tahun 2024

Untuk menghindari kegagalan resolusi tahun baru yang sudah kita susun, serta agar kita lebih mudah dalam pengembangan diri di tahun 2024. Berikut 7 kunci simple resolusi yang dapat kita lakukan untuk dapat lebih berkembang di tahun 2024.

a. Menjaga Kesehatan Mental

Luangkanlah waktu setiap hari untuk ibadah dan lakukan meditasi tiap pagi hari. Hal ini akan membantu kita lebih dekat dengan Tuhan Yang Maha Esa sehingga pikiran kita lebih tenang, dapat mengurangi stres dan dapat meningkatkan fokus.

b. Menjaga Kesehatan Fisik

Susun rencana untuk rutin berolahraga, cari olah raga yang kita suka dan mulai untuk rutin melakukannya secara teratur. Olahraga akan meningkatkan mood bagus dan dapat meningkatkan energi. Selain itu, makan makanan sehat, dan merawat kesehatan fisik secara keseluruhan.

c. Peningkatan Keterampilan dan Pengetahuan

Jangan pernah berhenti belajar hal-hal baru. Dengan belajar hal baru akan membuat kita lebih cerdas, menambah link dan dapat membuka kesempatan baru. Misalkan, mempelajari Bahasa asing, keterampilan IT, atau yang sedang trend saat ini terkait skill dunia kreatif dalam bidang social media.

d. Merancang Financial Planning untuk Keuangan Lebih Sehat

Terciptanya stabilitas keuangan yang baik akan membuat kita tenang dan berkembang. Kendalikan keuangan kita dengan baik, susun budgeting untuk masa depan, mulailah investasi dan kurangi pengeluaran yang tidak begitu penting.

e. Set Clear Goals

Tentukan apa yang ingin kita capai dengan jelas. Pecahlah goals besar menjadi tugas-tugas kecil yang relevan dan mudah untuk kita kerjakan. Dengan demikian, goals besar akan lebih realistis untuk dicapai serta kita tetap termotivasi untuk mencapainya.

f. Peningkatan Hubungan Sosial

Cari cara untuk dapat aktif dalam komunitas yang positif, menjalin lebih banyak hubungan, dan menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga dan teman-teman. Pilih orang-orang yang support dan dapat membuatmu bersemangat. Hubungan positif penting bagi pertumbuhan pribadi dan professional.

g. Pengelolaan Waktu yang Lebih Baik

Susun jadwal harian dan mingguan yang efektif untuk meningkatkan produktivitas.

Nah manarik bukan?. Dengan merencanakan dan mengikuti resolusi tahun baru, kita dapat memulai tahun 2024 dengan lebih bersemangat serta memiliki acuan yang jelas untuk mencapai tujuan-tujuan yang lebih baik. Tahun baru adalah kesempatan emas untuk memulai perjalanan menuju perubahan positif.

Yuk yang belum menyusun resolusi bisa banget dimulai ya… dengan 7 kunci simple resolusi di atas harapannya dapat membuat kita dapat lebih berkembang di tahun 2024.

Semoga resolusi kita untuk tahun 2024 dapat menjadi kenyataan dan membawa kesuksesan dalam berbagai aspek kehidupan kita ya….

Selamat tahun baru sobat kreasi…. Yuk kita bertumbuh dan berkembang Bersama… 😊


7 komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Semoga sudutpandangnovita dapat membuat readers nyaman.

Ditunggu celotehnya dikolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup ya... 😊
  1. Bener banget, Mbak. Biar tetap semangat dan konsisten dengan hal ingin kita lakukan emang harus bikin resolusi, ya. Minimal banget wish list dan rencana untuk mencapainya. Aku pribadi sih jarang ya bikin resolusi secara tertulis gitu. Cuman dibayangin aja, makanya sering melesetnya, wkwkwk..

    BalasHapus
  2. Sudah masuk seminggu di tahun 2024 tapi saya belum tulis resolusi nih. Buat saya penting untuk menuliskannya dan melihatnya secara rutin agar tidak lupa. Bahkan lupa ditulisnya dimana. Padahal harusnya bisa dicek kembali resolusi mana yang sudah tercapai dan mana yang belum.

    BalasHapus
  3. Wow saya jadi banyak belajar nih untuk bisa lebih bijak menentukan resolusi tahun ini

    BalasHapus
  4. Baca paragraf awal..whattt 80% resolusi awal tahun gagal di bulan Kedua??? Ternyata membuat resolusi ga asal spill mimpi aja ya mbak. Harus ada analisa dan target jelasnya biar ga halu doang. Thanks sharingnya ya. Semoga semua resolusi 2024 mbak Novita terwujud

    BalasHapus
  5. Baca artikel ini semakin memberikan kesadaran buat saya kalau atur keuangan atau punya finansial sehat penting banget. Kayaknya tahun 2023 finansial saya termasuk kurang bagus. Wah jadi referensi dan pertimbangan buat diri ini untuk memperbaiki keuangan saya.

    BalasHapus
  6. sepakat sekali kalau punya resolusi sama dengan terarah dgn tujuannya. Kalau kata coach Aji kita perlu menulisknnya dan kondisikan circle mndukung resolusi2 kita, smga resolusi 2024 terwujud aamiin

    BalasHapus
  7. Setuju sekali, resolusi itu harus terarah dengan tujuan. Jangan cuma mengalir aja hidupnya, perlu arah untuk menentukan pelabuhan mana yang akan kita tuju

    BalasHapus