Cara Mengatasi Mood Swing pada Anak

 Ketika sedang mengalami perubahan mood, anak biasanya juga akan lebih mudah marah atau tantrum. Saat menghadapi anak yang mengalami mood swing, orang tua tidak perlu panik dan frustrasi, apalagi sampai bertindak kasar. Sebagai gantinya, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi mood swing pada anak yang bisa diterapkan


1. Temukan pemicu mood swing

Ketika Si Kecil mengalami mood swing, dekati di saat ia tenang, kemudian jalin komunikasi dengan hangat sambil menanyakan masalah apa yang sedang terjadi hingga membuat dirinya risau atau emosi.


2. Alihkan dengan beragam aktivitas

cobalah alihkan perhatiannya dengan mengajak Si Kecil melakukan berbagai aktivitas yang menarik minatnya, misalnya mengajak jalan-jalan, membaca buku, menonton film, atau mendengarkan musik favoritnya.


3. Tawarkan makanan bergizi

Kurang asupan nutrisi tertentu, seperti vitamin, mineral, protein, dan karbohidrat, bisa meningkatkan risiko anak mengalami mood swing.


4. Biarkan ia bermain dengan temannya

biarkanlah anak bermain dengan temannya ketika sedang mood swing. Namun, Ayah dan Bunda tetap harus memberikan batasan waktu agar ia tidak bermain terlalu lama.


5. Ajarkan keterampilan mengatasi emosi

Ayah dan Bunda juga perlu mendidik dan mengajarkan Si Kecil cara mengendalikan emosi, misalnya melalui relaksasi, meditasi, latihan pernapasan, atau sekadar mendengarkan musik yang Si Kecil sukai.

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Semoga sudutpandangnovita dapat membuat readers nyaman.

Ditunggu celotehnya dikolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup ya... 😊