Tips Merawat Bayi Baru Lahir Agar Tidak Rewel

Tips Merawat Bayi Baru Lahir

Hi Mom...

Memiliki bayi merupakan hal yang didambakan sebagian besar moms di dunia, ya kan...

Namun, seringkali ketidaksiapan pengetahuan tentang bagaimana merawat bayi yang baru lahir dapat memicu kebingungan dan kegalauan, terutama bagi mom yang baru memiliki bayi. Bayi baru lahir butuh perawatan khusus, karena masih dalam masa penyesuaian..

Apa saja sih yang bisa kita lakukan untuk merawat bayi baru lahir?

Berikut aku mau sharing tentang tips merawat bayi baru lahir agar tidak rewel.. yuk ikuti pembahasannya..

Gantilah Popok Secara Berkala

Taukah mom, bayi baru lahir belum bisa mengontrol buang air kecil (BAK) dan buang air besar (BAB). Bayi akan lebih sering BAK atau BAB. Jadi, mom wajib banget ya sering-sering ganti popoknya setidaknya 2-3 jam sekali.

Namun jangan menunggu 2-3 jam baru cek popoknya ya mom, Mom harus sering-sering cek popok bayi kita meskipun belum 2-3 jam, apalagi jika bayi menunjukkan sinyal kurang nyaman bisa jadi popok penuh BAK atau BAB.

Hal ini dilakukan agar kulit bayi kita terhindar dari ruam popok atau infeksi jamur.

Pentingnya Ganti Popok Bayi

Berikan ASI atau Susu Formula Secara Rutin

Bayi baru lahir membutuhkan asupan makanan yang berasal dari ASI atau susu formula. Untuk menghindari bayi rewel karena kehausan atau lapar, mom dapat memberikan ASI atau susu formula secara rutin setidaknya setiap 2 jam sekali.

Jaga Kebersihan Bayi dengan Mandi Rutin

Menjaga kebersihan badan si kecil merupakan hal penting yang harus dilakukan. Mandikan si kecil setidaknya 2 kali sehari, pada pagi dan sore hari. Dengan mandi secara rutin, bayi akan merasa segar dan nyaman, jadi si kecil menjadi lebih tenang dan tidak rewel.

Lindungi Bayi dari Gigitan Nyamuk

Nah, siapapun pasti tidak nyaman ya jika digigit nyamuk. Orang dewasa saja akan merasa tidak nyaman, apalagi bayi yang belum bisa menggaruk sendiri jika merasa gatal.

Jadi wajib banget ya moms kita melindungi kulit bayi kita dari gigitan nyamuk. Misalnya, moms bisa menggunakan tudung pelindung nyamuk, lotion antinyamuk khusus bayi atau dengan minyak telon yang memiliki kandungan antinyamuk.

Namun, mom juga harus lihat dulu ya kondisi sensitifitas kulit si kecil untuk mengantisipasi adanya produk yang ternyata tidak cocok buat kulit si kecil.

Gunakan Produk Khusus Bayi

Kulit bayi baru lahir cenderung lebih sensitif ya moms. Lebih rentan mengalami iritasi ataupun ruam jika terpapar kandungan bahan tertentu yang tidak cocok, misalnya bahan kimia, pewarna dan bahan lain yang tidak cocok untuk kulit bayi.

Jadi, moms jangan coba-coba menggunakan produk yang kandungan bahannya tidak diperuntukkan buat kulit bayi ya. Pakailah produk yang memang khusus dibuat diperuntukkan bagi bayi. Pilih produk dengan bahan yang aman digunakan untuk si kecil. 
 
Karena kesalahan moms dalam menggunakan produk dapat mengakibatkan kulit si kecil menjadi iritasi atau ruam yang dapat menyebabkan si kecil menjadi kurang nyaman dan rewel.

Pilihlah Pakaian dengan Bahan Lembut dan Nyaman

Kesalahan dalam memilih pakaian dengan bahan yang kasar dan panas dapat menjadikan si kecil merasa kurang nyaman. Maka, moms wajib memilih pakaian yang tepat buat si kecil ya. Pakaian dengan kain yang lembut dan dingin membantu si kecil merasa nyaman dan tidak mudah rewel.

Lakukan Pijat Setelah Mandi

Meskipun bayi baru lahir belum banyak melakukan gerakan, namun melakukan pijat secara rutin perlu dilakukan. Seperti pijatan ILU pada perut, pijatan lembut pada kaki tangan dan punggung.

Moms bisa lakukan pijatan lembut secara rutin setelah bayi mandi. Hal ini dapat bermanfaat untuk membuat bayi merasa lebih tenang dan nyaman, mengurangi si kecil rewel karena membantu si kecil terhindar dari perut kembung, mengurangi rasa pegal pada kaki, tangan dan punggung serta membantu si kecil untuk lebih lelap tidurnya.

Manfaat Memijat Bayi

Nah itu ya moms, sedikit sharing dari aku tentang bagaimana merawat bayi baru lahir agar tidak rewel yang juga aku lakukan kepada anakku. 

Kalau moms, biasanya melakukan apa saja agar bayinya tidak rewel? Bisa tulis dikolom komentar ya.... 😊 

14 komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Semoga sudutpandangnovita dapat membuat readers nyaman.

Ditunggu celotehnya dikolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup ya... 😊
  1. Emh auto kecium wangi khas bayi, nih, Mbak. Anak saya yang bungsu tahun ini mau lima tahun. Rasanya baru kemarin dia masih belum bisa apa-apa. Alhamdulillah sekarang tumbuh sehat dan bisa melakukan banyak hal. Dulu saya juga kerap memijatnya dengan gerakan ILU setiap dia habis mandi. Katanya untuk melancarkan pencernaan juga.

    BalasHapus
  2. Merawat bayi memang dibutuhkan ketelatenan, kesabaran dan ketelitian yang semua harus dilakukan dengan penuh cinta dan kasih sayang. Sehat selalu untuk bayinya ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perjuangan banget, ya, Bu. Saat seorang ibu beluk sepenuhnya pulih paska melahirkan, dia pun harus menjaga bayinya dengan baik. Tetap bersyukur dan terus semangat, Ibu-Ibu hebat.

      Hapus
  3. Wah terima kasih tipsnya mba, senangnya melihat bayi yang baru lahir, lucu dan mengemaskan meskipun terkadang rewel dan bikin orangtuanya harus begadang semalaman, karenanya penting banget buat orangtua baru tahu tips merawat bayi yang baru lahir.

    BalasHapus
  4. Jadi ingat awal si kakak aleisha lahir. Nangis terus ya, dengan ilmu merawat bayi terbatas jadi bingung banget kenapa kok nangis terus. Cuma digendong gendong tanpa periksa pokoknya. Ternyata udah BAB banyak banget 😂

    BalasHapus
  5. tips yang bagus sekali mbak, cocok untuk pasangan muda yang baru dapat momongan, jadi tidak bingung saat si kecil rewel

    BalasHapus
  6. Di antara sekian hal-hal yang berhubungan dengan perawatan bayi, suka kasian kalau debay sudah kena gigitan nyamuk, padahal kita udah berusaha dengan ngasih kaya minyak telon gitu, eh, ada aja nyamuk yang gigit, mana bekasnya suka merah-merah lagi

    BalasHapus
  7. Tips yg bermanfaat sekali nih.. Bayi baru lahir kalau rewel pasti kita ikut stres juga ya kalau setelah lahiran.. Yg saya lakukan jg seperti itu, khususnya menjaga bayi kenyang dan hangat biar nggak rewel.. Pijat bayi ini berguna sekali agar bayi nyenyak boboknya..

    BalasHapus
  8. Saya kira bayi rewel itu karena memang masih bayi. Ternyata karena dia sering merasa tidak nyaman ya? Kak, boleh dong, bagi tips atau tutorial tentang pijatan bayi. Pijatan bagaimana yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Secara belum pengalaman punya bayi itu mau pegang aja takut. Terima kasih.

    BalasHapus
  9. Teringat anak pertamaku lahir dengan kondisi BBLR, duh rewel parah. Subhanallah. Pengalaman pertama yang bikin keringet jagung bertaburan deh. Aku setuju banget kalau anak rewel kemungkinan besar karena dia nggak nyaman. Cek popoknya, pasti BAK atau BAB. Aku tim ibu yang 'nggak papa pakai diapers jika itu bikin bayi nyaman dan ibu tenang.

    BalasHapus
  10. mulai dari mandidin, nenenin sampai bikin anak tenang memang butuh ilmu banget bagi emak-emakyang baru jadi ibu dengan satu anak. Jadi kangen pengen punya debay lagi, hhhhe. senang aja gitu, sama anak kecil

    BalasHapus
  11. Merawat anak kecil memang menjadi hal yang penting. Setiap pasangan kudu tahu hal ini. Harus bisa melalukan perawatan bayi. Sejak anak pertama sampai ketiga selalu melakukan perawatan pada bayi, kecuali emmberi asi.cuma bantu memantau si kecil, ngebangunin istri untuk mengasihi

    BalasHapus
  12. Aku setuju semua yang ditulis di sini kecuali poin mandi rutin. Ini kayaknya perlu diperjelas lagi mbak tentang kondisi si kecil. Karena pengalamanku, bayi lahir bb rendah, cuma 2.3 kilo. Itu dia pas newborn mandinya cuma 1 kali, karena dia kecil bangetttt justru harus selalu pakai baju hangat karena tubuhnya belum punya lemak. Bahkan kata bidan yg nangani anakku dulu gak mandi tiap hari pun gpp, 2 kali sehari aja, tiap hari cukup dibersihkan/dilap2 manja gitu pakai air hangat. Jadi nggak harus 2 kali sehari sih, liat2 kondisi bayinya. Baru setelah dia udah 1 bulan, bb udah naik banyak, bayiku mandi 2 kali sehari.. Btw, makasih tips2nya. Semangat membersamai si kecil...

    BalasHapus
  13. Wah bermanfaat banget tipsnya mba, apalgi untuk pasangan yang baru punya baby. Beberapa hal diatas juga aku lakukan saat anakku masih bayi

    BalasHapus