Tips Merawat Sepeda Motor Bersama Planet Ban, Bengkel Terbaik dan Terpercaya

 

Tips Memilih Bengkel Terbaik

Hi, sobat kreasi…

Siapa nih yang suka pakai sepeda motor tapi malas merawat sepeda motornya?

Sepertinya banyak ya… utamanya para cewek, yang mitosnya hanya tau cara mengendarai tapi kurang paham bagaimana cara merawatnya. Hahaha…. Sepertiku juga, yang lebih suka mempercayakan perawatan sepeda motor ke bengkel. Maka, berkunjung ke bengkel tiap bulan sudah menjadi keharusan buat motorku.

Tak dipungkiri, sepeda motor masih menjadi moda transportasi andalan bagiku. Meskipun ada mobil tapi aku tetap lebih sering menggunakan sepeda motor. Karena dibanding mobil, sepeda motor bisa diandalkan untuk menerjang macet dan pastinya lebih efisien. Karena sepeda motor masih menjadi andalanku untuk beraktivitas sehari-hari, sangat penting menjaga kondisinya untuk tetap prima.

Namun, aku perlu hati-hati dalam memilih bengkel terbaik dan dapat dipercaya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Tidak jarang ada bengkel yang tidak memiliki SOP yang jelas dalam pelayanan kepada konsumen, sehingga ada potensi-potensi kecurangan yang dapat dilakukan oleh oknum-oknum di dalamnya. Misalnya, mekanik tidak jujur yang menjelaskan bahwa ada elemen dari motor kita yang sudah tidak layak/rusak sehingga harus diganti, padahal sebenarnya kondisinya masih bagus.

Oleh karena itu, dalam artikel kali ini aku mau bahas tentang tips merawat sepeda motor dengan cara memilih bengkel terbaik dan terpercaya.. Yuk ikuti pembahasannya….

4 Tips Merawat Sepeda Motor Agar Tetap Prima untuk Beraktivitas

Menjaga kondisi kesehatan sepeda motor kita dengan cara merawatnya secara rutin sangat penting. Selain agar tetap prima dalam mendukung aktivitas kita juga bisa menjadikannya lebih awet, sehingga bisa menemani aktivitas kita dalam jangka panjang. Berikut 4 tips sederhana yang bisa kita lakukan untuk merawat sepeda motor kita agar bisa awet dan prima.

a. Cuci Sepeda Motor Minimal Seminggu Sekali

Sama hal nya dengan badan kita, sepeda motor kita juga perlu dibersihkan secara rutin ya sob, minimal satu kali dalam satu minggu.

Mencuci sepeda motor secara rutin selain menjadikan motor kita enak dipandang dan membuat nyaman saat dikendarai, juga dapat menghindarkan motor berkarat karena tempelan debu yang menempel pada badan motor. Apalagi saat musim hujan, debu dan kotoran pasti sangat mudah menempel pada body motor.

Kita bisa mencuci sepeda motor sendiri atau bisa juga dengan membawa ke tempat pencucian sepeda motor yang kita percaya ya….

b. Ganti Oli Secara Rutin

Oli berfungsi penting untuk pelumas serta sebagai pendingin mesin pada saat mesin sepeda motor kita bekerja. Jadi mengganti oli secara rutin dapat membantu merawat kondisi mesin sepeda motor kita tetap prima dan awet.

Beberapa sumber menjelaskan maksimal kita harus ganti oli maksimal 2 bulan sekali. Namun juga tergantung dari seberapa sering kita melakukan pemakaian. Semakin sering kita kendarai sepeda motor kita dan dengan jarak tempuh yang panjang maka kita harus semakin sering ganti olinya.

Nah, buat kita-kita yang tidak paham cara mengganti oli sendiri dan tidak memiliki alat sendiri. Percayakan kepada bengkel untuk penggantian olinya.

c. Lakukan Servis Secara Rutin

Sepeda motor mempunyai banyak komponen yang saling terhubung. Apabila ada kerusakan pada salah satu komponen, maka akan berpengaruh terhadap kinerja komponen lainnya.

Sehingga, melakukan pemeriksaan komponen sepeda motor kita secara rutin sangat penting untuk menjaga performa. Misalkan, kita lakukan pengecekan filter udara, melakukan pembersihan throttle body dan CVT secara menyeluruh. Tujuannya yaitu agar kotoran tidak ada yang masuk ke ruang bakar saat mesin bekerja, sehingga asupan udara yang masuk keruang bakar dapat optimal.

Jadwal servis sepeda motor yang direkomendasikan adalah setiap 3.000-5.000 km sekali. Atau jika berpatokan dengan waktu, setiap 2 atau 3 bulan sekali, tergantung mana yang tercapai lebih dulu.

Nah, buat kita yang awam pasti pemahaman kita terkait kondisi komponen motor kita pasti kurang. Kita bisa percayakan pengecekannya pada bengkel yang kita percaya ya…

7 Tips Memilih Bengkel Terbaik dan Terpercaya untuk Sepeda Motor

Untuk merawat sepeda motor ternyata kita membutuhkan bantuan bengkel, utamanya bagi kita yang kurang mengerti komponen dari sepeda motor. Dalam memilih bengkel terbaik dan terpercaya, kita harus pertimbangkan beberapa hal berikut.

a. Memberikan Informasi Harga dengan Jujur dan Transparan

Tidak jarang ada bengkel yang tidak jujur dan menyembunyikan harga produk serta layanannya kepada calon konsumen, mereka tidak mau memberikan informasi harga secara transparan. Jika menemukan bengkel yang seperti ini, kita sebagai calon konsumen harus aktif bertanya secara langsung kepada pegawai bengkel atau mekaniknya.

Namun untuk mengantisipasi kenakalan dari bengkel, kita juga harus melakukan riset atau mencari informasi terlebih dahulu berapa harga suku cadang dan layanan servis yang berlaku secara umum. Jadi, ketika bengkel memberikan harga di luar ekspektasi, kita bisa menolaknya dengan dasar informasi harga yang sudah kita ketahui sebelumnya.

b. Memiliki Mekanik Profesional dan Handal

Hal penting yang perlu kita pentimbangkan dalam memilih bengkel terbaik dan terpercaya selanjutnya yaitu pilih bengkel yang memiliki mekanik yang professional dan handal.

Untuk mengetahui sebuah bengkel memiliki mekanik yang handal, kita perlu melakukan tes sederhana yaitu dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar masalah kerusakan sepeda motor. Namun, sebelumnya kita harus mencari tau terlebih dahulu jawaban dari pertanyaan yang kita ajukan kepada mekanik.

Kita dapat mencocokkan jawaban dari mekanik dengan informasi jawaban yang sudah kita miliki. Jika jawaban spontan yang dijelaskan oleh mekanik cocok dan memuaskan, maka kita bisa mempercayakan perawatan sepeda motor kita pada bengkel tersebut.

c. Memiliki Peralatan Modern

Tips selanjutnya yaitu pilih bengkel yang memiliki peralatan modern. Peralatan modern dapat membantu mekanik dalam bekerja dengan lebih mudah, efektif dan efisien.

Selain itu, peralatan modern memberikan jaminan keamanan suku cadang sepeda motor kita saat dilakukan perbaikan. Misalnya, dapat membantu mekanik dalam melepas maupun memasang berbagai baut atau mur dan suku cadang lain secara aman tanpa merusak atau membuatnya tergores.

d. Menawarkan Suku Cadang yang Lengkap

Bengkel yang menyediakan suku cadang yang lengkap dapat mempermudah kita dalam mendapatkan pelayanan yang optimal. Kita tidak perlu repot-repot mencari suku cadang yang dibutuhkan untuk sepeda motor kita di bengkel lain.

Bengkel terbaik akan berusaha menyediakan suku cadang dengan lengkap untuk memberikan kenyamanan dan pelayanan yang optimal bagi konsumennya. Sehingga, kelengkapan suku cadang penting untuk menjadi salah satu pertimbangan utama ketika kita memilih bengkel untuk perawatan sepeda motor kita.

e. Memberikan Jaminan Garansi

Sebagai upaya menjaga kepercayaan dan kepuasan konsumen, bengkel terbaik dan terpercaya biasanya berani memberikan jaminan garansi baik garansi suku cadang atau pelayanannya. Tujuannya agar konsumen yang menggunakan jasa bengkel tersebut akan kembali mempercayakan perawatan sepeda motornya.

Jadi jaminan garansi atas pekerjaan bengkel terhadap sepeda motor kita sangatlah penting untuk memastikan kita mendapatkan pelayanan terbaik. Oleh karena itu, sebelum memutuskan memilih sebuah bengkel, kita wajib nih tanya dulu baik kepada mekanik ataupun staff bengkel terkait garansi yang diberikan. Jika tidak ada garansi yang diberikan maka lebih baik kita cari bengkel lain yang memberikan jaminan garansi.

f. Memiliki Jam Operasional Panjang

Pernahkah sepeda motor kalian mengalami masalah di malam hari? Nah, pasti pusing banget ya jika ini terjadi. Tidak banyak bengkel yang memiliki jam operasional panjang apalagi sampai malam hari. Atau bagi kita yang bekerja dari pagi sampai sore, hanya bisa melakukan perawatan ke bengkel pada malam hari.

Bengkel terbaik akan memberikan pelayanan jam operasional lebih panjang dibandingkan bengkel lainnya. Bengkel dengan jam operasional yang panjang memberikan solusi fleksibel bagi permasalahan motor jika mengalami kendala di malam hari ataupun bagi kita yang hanya bisa ke bengkel pada malam hari.

g. Berbagai Metode Pembayaran

Bengkel terbaik pasti akan menerima berbagai metode pembayaran, termasuk mengakomodasi metode pembayaran baik tunai maupun non tunai. Apalagi transaksi non tunai sudah menjadi gaya hidup sebagian besar masyarakat saat ini, praktis dan cepat.

Meskipun metode pembayaran tunai masih banyak digunakan, namun sebagian masyarakat sudah mulai meninggalkannya. Seperti saya sendiri merasa membawa uang tunai dengan jumlah yang banyak kemana-mana sangat tidak praktis dan beresiko. Jadi, dalam bertransaksi termasuk memilih bengkel akan lebih nyaman memilih bengkel yang menerima metode pembayaran yang tidak hanya tunai, namun juga non tunai.

Planet Ban: Rekomendasi Bengkel Motor dengan Banyak Keunggulan

Ternyata tidak banyak bengkel yang dapat memenuhi kriteria tips di atas. Setelah melakukan survey dan mencobanya aku rekomendasikan Bengkel Planet Ban, bengkel motor dengan banyak keunggulan yang ternyata memenuhi kriteria tips di atas.

Saat ini Planet Ban juga sudah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Dengan jargon konsep "Servis Motor, Rasa Mesin Baru", planet ban berkomitmen memberikan layanan servis yang terbaik untuk konsumen yang berbeda dibanding dengan servis motor pada umumnya. 

Layanan servis yang bisa kita dapatkan di Planet Ban, di antaranya sebagai berikut:
● Servis Mesin
● Servis Throttle Body
● Servis CVT / Rantai
● Servis Injeksi

Selain itu, Planet Ban tidak hanya menjual ban motor saja. Planet Ban juga menyediakan berbagai suku cadang berkualitas dan lengkap. Mulai dari servis motor, oli motor, kampas rem, minyak rem, busi, dan berbagai suku cadang lainnya.

Dan yang terpenting soal harga, jangan khawatir ya... Planet ban menunjukkan harga secara transparan kepada calon konsumen, karena sebelum kebengkelnya bisa di cek harga di website resmi Planet Ban. Selain itu, kita juga bisa langsung melihat di rak produk yang terdapat di bengkel Planet Ban.

Planet Ban dapat menjadi bengkel pilihan yang bisa kita percaya dengan layanan terbaik, mekanik yang profesional, peralatan canggih, produk suku cadang lengkap, bisa pembayaran non tunai (debit & e-wallet) hingga garansi layanan servis sampai dengan 7 hari. 

Selain itu, Planet Ban memberikan berbagai benefit lain yang mungkin tidak akan kamu dapatkan di Bengkel Motor lain, seperti :
● Gratis biaya pemasangan ban
● Gratis jasa servis dan ganti oli
● Gratis jasa pengisian cairan anti bocor
● Kamu juga bisa dapat gratis pengisian nitrogen selama-nya

Promo Diskon Bengkel Planet Ban

Eiittss... jangan ketinggalan ya, planet ban lagi ngadakan "Promo Ngebut" Lho.... 
So, segera kunjungi bengkel Planet Ban terdekat di daerah kalian dan dapatkan voucher dengan potongan harga sampai Rp. 150.000. Info lebih lengkap silahkan klik link promo PLANET BAN pada https://bit.ly/PotonganSampai150Ribu ya...

Promo Ngebut Bengkel Planet Ban
Yuk Rawat Sepeda Motor Bersama Planet Ban, Salah Satu Bengkel Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

13 komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Semoga sudutpandangnovita dapat membuat readers nyaman.

Ditunggu celotehnya dikolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup ya... 😊
  1. Banyak banget nih keunggulan Planet Ban, Kak. Apalagi bagian punya jam operasional panjang itu. Jadi, terbantu banget kan para pekerja yang punya rutinitas harian di jam kantor.

    BalasHapus
  2. Planet ban memang rekomendasi bengkel terbaik. Cabangnya juga ada dimana-mana ya.

    BalasHapus
  3. Planet ban itu cabangnya banyak & makin lengkap lagi ya sekarang bisa servis motor juga. Aku pernah ganti ban disana & memang profesional servisnya

    BalasHapus
  4. Memang sebaiknya service motor di bengkel yang terpercaya, salah satunya Planet Ban ya mbak. Sudah kita catatan kita selama service disana terekam juga

    BalasHapus
  5. Bengkel dengan layanan komplit dan de best gini pastinya jadi andalan para kaum hawa ya, Mbak 😁

    BalasHapus
  6. Planet Ban ini mudah dijangkau mbak, dekat kantor dan dekat rumah juga ada, sampai malam juga bukanya, harganya pun transparan, penting nig untuk orang seperti saya yang ga paham harga spare part jadi ga ketipu

    BalasHapus
  7. Planet ban memang profesional tidak saja dengan kualitas produk tapi juga pelayanan

    BalasHapus
  8. cewek mah mikirnya skincare dooong...motor mah biar diurusin ma bengkel aja ya. kalo di bengkel biasa pasang spare part kena ongkos kan,,,,ternyata kalo di planet ban nggak bayar ya, enak banget hemat loh itungannya. Tau kelebihan planet ban gini, jadi hunting planet ban terdekat biar sewaktu-waktu butuh biar bisa cuus langsung

    BalasHapus
  9. Bengkel layanan yang komplit, apalagi perempuan macam diriku yang maunya tinggal terima enak, pelayanan planet ban pas banget buatku

    BalasHapus
  10. Kala lewat di sebuah jalan dan terdapat plakat Planet Ban saya kira cuma ngelayani pembelian ban saja, lha gak taunya bisa service segala macam

    BalasHapus
  11. Transparansi harga service untuk pelanggan itu penting banget ya. Jadi dengan begitu pelanggan bisa nentuin bagian apa yang perlu diperbaiki segera sesuai dengan budgetnya. Karyawan planet ban tentunya akan membantu berikan rekomendasi terbaik.

    BalasHapus
  12. Aku kalau mau ganti ban sama sekalian ganti oli selalu ke planet ban. harga cukup terjangkau.

    BalasHapus
  13. Untung banget ada bengkel planet ban yang dekat dengan rumah. Sudah percaya banget servis motor disana. Peralatan lengkap. Pelayanan juga oke banget..

    BalasHapus