The Alpha Girl’s Guide: Cara jadi Perempuan Berkualitas

The Alpha Girl's Guide

“Saya ingin buku ini menjadi sebuah ‘perjalanan’ Bersama saya dan kamu, yang menggelitik nalar dan hati melalui lembaran” - Henry Manampiring

Itulah yang diungkapkan penulis laki-laki ini dalam bukunya ‘The Alpha Girl’s Guide’. Sangat menarik Henry Manampiring seorang laki-laki dengan sudut pandangnya menulis tentang buku yang membahas bagaimana perjalanan seorang perempuan dapat menjadi perempuan keren yang berkualitas.

Keunikan Sudut Pandang Seorang Penulis Laki-Laki 

Mungkin saja jika kita perempuan mendengar sesuatu dari sesama perempuan, akan muncul persepsi bahwa hal tersebut hanya bentuk afirmasi saja atau mungkin kita mengira bahwa mereka bercerita hanya untuk mendapatkan support system saja.

Berbeda jika yang bercerita atau menulis adalah laki-laki, kecenderungan kitab bisa berfikir lebih netral dalam menerimanya. Kita juga bisa menyeimbangkan sisi logika dan perasaan kita. Seperti yang kita ketahui bahwa laki-laki lebih unggul pada kemampuan logika sedangkan perempuan lebih kepada perasaan.

Nah, hadirnya buku ini benar-benar memberikan harapan dan sudut pandang penyeimbang ditengah anak muda perempuan yang sering galau berlebihan.

Buku ini relate banget dengan perasaan pembaca yang sesuai dengan targetnya yaitu anak muda perempuan ya sekitar usia SMA dan kuliah. Buku ini dapat digunakan sebagai pemandu karena di dalamnya terdapat banyak kutipan, ungkapan, sudut pandang, bahkan contoh tindakan para alpha female yang dapat kita digunakan sebagai contoh.

Meskipun diawal penulis sudah menjelaskan bahwa dengan membaca buku ini pembaca tidak serta merta atau langsung gitu menjadi alpha female. Akan tetapi setidaknya para perempuan yang membaca dapat termotivasi untuk mengupgrade diri untuk bisa menjadi lebih baik setiap harinya.

Dalam buku ini menggambarkan sudut pandang penulis pria terhadap Alpha Female yang menjelaskan bahwa perempuan itu sebenarnya tidak selemah yang banyak orang persepsikan, bahwa perempuan juga bisa logis dengan keputusan dan tindakan yang diambilnya. Bahkan, perempuan berhak mendapatkan masa depan sesuai dengan yang diimpikannya selama itu baik dan benar.

Selain itu, buku dengan ketebalan 254 halaman ini juga memberikan actionable tips agar perempuan dapat tetap bersinar dan percaya diri dengan tindakannya.

Nah, diceritakan dalam buku ini bahwa alpha girl yang akan menjadi cikal bakal untuk menjadi alpha female, sehingga buku ini menyajikan tindak-tanduk alpha girl agar dapat menjadi seorang alpha female. Tindak-tanduk tersebut meliputi the alpha student, the alpha friend, the alpha lover, the alpha professional, the alpha look, the alpha care, dan your alpha future. Pada intinya, bagaimana seorang alpha girl bertindak di lini sekolah, pertemanan, percintaan, dunia profesional, perawatan diri, kepedulian, dan persiapan untuk menghadapi masa depan.

Dikemas dengan ilustrasi yang menarik layaknya komik menjadikan buku ini menarik untuk dibaca. Selain insight yang bermanfaat, meskipun buku ini masuk dalam kategori non fiksi namun buku ini ringan untuk dibaca.

Oke, sebelum membahas lebih jauh, yuk kita pahami apa sih sebenarnya alpha female itu?

Apa itu Alpha Female?

Alpha Female awalnya lahir dari ilmu perilaku fauna yang di dalamnya terdapat kelompok-kelompok dan memiliki strata sosial, yaitu alpha male atau jantan yang dominan yang menjadi pemimpin serta pelindung bagi kelompoknya dari predator.

Alpha adalah huruf pertama dari alfabet Yunani yang menandakan anggota kelompok teratas.

Alpha female sering diartikan sebagai perempuan yang ambisius, bertekad kuat dan menginspirasi, memimpin dan menggerakkan orang sekitarnya untuk menciptakan perubahan yang berarti

Mereka adalah perempuan-perempuan yang bisa dibilang cerdas, percaya diri,dan independent dengan keputusannya. Makanya gak heran jika banyak yang segan dan mengaguminya.

Alpha female memiliki keberanian yang sama dengan alpha male dalam hal kerja keras dan lain sebagainya. Alpha Female adalah perempuan-perempuan yang berada di puncak karena prestasi dan attitude-nya. Mereka dihormati dan disegani, baik oleh perempuan maupun pria. Mereka percaya diri dan mengoptimalkan potensinya.

Oke, sekarang sobat kreasi sudah punya gambaran ya gimana si alpha female ini, gimana tipikal nya atau mungkin jangan-jangan sobat kreasi adalah orangnya ya… 😊

Alpha Female

Alpha Female Terbentuk dari Kebiasaan Alpha Sejak Kecil (Karakter)

Untuk menjadi seorang Alpha Female dewasa, kalian dapat memulainya sejak dini dengan menjadi Alpha Girl. Jadi alpha female tidak ujuk-ujuk muncul atau hadir dalam diri seseorang, namun dia terbentuk dari habbit atau kebiasaan alpha yang dilakukan sejak kecil hingga terbentuk menjadi karakter. Sampai pada akhirnya alpha female itu terbentuk.

Pernah gak lihat teman perempuan kita dengan segudang prestasi namun dengan attitude yang bagus. Untuk sampai pada titik tersebut, dia telah membentuknya dari kecil entah itu dibentuk dari dirinya sendiri atau lingkungannya, orang tuanya mungkin.

Alpha Female

Women Empowered Other Women

Menjadi seorang alpha female tidak serta mesta menjadikan orang tersebut merasa dirinya menjadi ‘si paling’ yang kemudian merasa dirinya lebih dari perempuan lain. Karakter dari alpha female sebaliknya, meskipun dia mandiri mentereng dengan segudang prestasi namun dia menjadi perempuan peka dengan attitude yang baik, memiliki hati yang tulus untuk berbagi dan cenderung suka menolong.

Jadi alpha female yang baik justru bukan hanya sekedar menjadi leader saja tetapi juga menjadi protector/ pelindung terhadap sekitarnya. Berusaha untuk memberikan pengaruh positif terhadap lingkungan. Mengajak perempuan lain untuk sama-sama maju dalam mencapai tujuan.

Alpha female tidak akan merendahkan perempuan lain, senang memberikan pertolongan dan mengajak, memberdayakan, merangkul dan membantu perempuan lain untuk terbebas dari belenggu keterbatasan, kemiskinan, dan kebodohan.

Itulah sekilas ulasan buku 'The Alpha Girl’s Guide' dari sudutpandangnovita. Buku ini recommended banget untuk dibaca khususnya bagi cewek alpha. Dengan membaca buku ini, harapannya kalian dapat mengetahui bagaimana cara jadi perempuan berkualitas ya sob…

Semangat untuk terus upgrade diri menjadi lebih baik sobat Alpha Girl’s

Oke, untuk kolom review buku sudutpandangnovita selanjutnya, kalian mau rekomendasikan buku apa nih? Tulis di kolom komentar ya… 😊

4 komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Semoga sudutpandangnovita dapat membuat readers nyaman.

Ditunggu celotehnya dikolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup ya... 😊
  1. Jadi penasaran penilaian alpha female itu berdasar perlu tes psikologi atau pendapat orang lain/pengakuan diri sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasarkan pengakuan/pendapat orang lain kakak... :)

      Hapus
  2. Sangat menarik mb. Dari dulu suka buku-buku yang menyinggung perempuan. Pernah pengen baca buku ini juga belum keturutan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...iya kak, sama saya juga suka buku-buku tentang perempuan, salah satunya buku ini. buku ini recommended banget kak 😍

      Hapus