Panduan Cara Daftar Google News Publisher: Bikin Artikel Blog Mudah Terindeks!

Panduan Cara Daftar Google News Publisher

Hi, Sobat Kreasi....
Pada artikel sebelumnya sudutpandangnovita telah berbagi tentang bagaimana cara memasang Google Analytics dan Google Search Console. Dalam artikel kali  ini, akan kita lanjutkan bahas tentang layanan Google yang lain, yaitu Google News. Ketiga layanan google ini saling berkaitan dan saling melengkapi ya sob.. Dan pastinya sangat bermanfaat untuk kita pemilik Blog atau Website. Nah, pada artikel kali ini kita akan pelajari bagaimana cara mendaftarkan website atau blog kita ke Google News Publisher.

Yuk, simak ya..... 

Apa Sih Google News itu?

Sebagian besar dari kita pasti sudah mengenal atau setidaknya pernah mendengar ya istilah Google News. Lalu apa sebenarnya google news itu?. Google News merupakan platform berita online yang dikelola oleh Google.

Jadi Google News adalah salah satu bentuk layanan dari Google yang fokus pada penyediaan konten berita yang berasal dari berbagai website di seluruh dunia, termasuk juga dari Indonesia. Sehingga, dengan layanan ini memungkinkan pengguna internet untuk dapat melakukan akses berita terupdate dari berbagai sumber berita dengan lebih cepat dan efisien.

Melalui keyword dan minat dari pengguna, Google News membuat algoritmanya melakukan pengumpulan, pengelompokkan, kemudian menampilkan berita dari seluruh dunia.

Selain berita terupdate, pengguna juga masih bisa akses berita-berita yang sudah lama. Karena, Google News menyediakan fitur News Archives Search untuk mencari berita-berita yang sudah lama. Untuk menikmati konten berita, pengguna juga tidak perlu login. Namun, jika pengguna ingin mengakses berita yang lebih personalized content sesuai dengan kesukaannya maka pengguna dapat membuat akun.

Menariknya lagi layanan Google News ini gratis, alias layanan cuma-cuma dari Google. Jadi tidak heran jika sudah lebih dari satu juta pengguna di Google Play yang sudah mendownload Google News (sumber: www.niagahoster.co.id)

Dengan jumlah pengguna yang sangat banyak, menjadikan Google News menjadi media yang potensial sebagai saluran untuk membantu mengangkat artikel sebuah web agar dapat diakses banyak pengguna di seluruh dunia. Termasuk juga dengan blog kita, akan menjadi keuntungan dan dampak positif jika kita dapat memanfaatkan platform Google News ini dengan tepat.

Bayangkan saja, jika jumlah kunjungan Google News dalam satu bulan bisa mencapai 500 juta an di seluruh dunia. Dengan angka akses pengguna artikel kita juga akan memiliki peluang dapat terakses oleh pengguna. Gimana Sob? Asyik bukan…?

Manfaat Mendaftar Google News untuk Blog

Ada beberapa manfaat positif yang didapat blog jika berhasil mendaftar ke Google News. Apa saja manfaatnya? Yuk kita kupas satu persatu…..

Mengutip dari niagahoster.co.id beberapa manfaat daftarkan blog atau website kita ke Google News Publisher yaitu:

a. Lebih Mudah Masuk ke Halaman Pertama Mesin Pencari

Jika kita memiliki konten berita yang unik dan berkualitas, Google News Publisher tak segan untuk menempatkannya dalam daftar berita utama. Dengan kondisi ini, Google tentu akan menganggap website kita juga layak berada di posisi teratas mesin pencari.

Namun, untuk mendapatkan posisi teratas juga bukan hal mudah, kita juga harus selalu melakukan optimasi mesin pencari atau SEO. Namun, dengan memanfaatkan Google News secara maksimal, posisi teratas Google bukanlah hal yang mustahil.

b. Bertambahnya Jumlah Pengunjung

Manfaat mendaftar Google News untuk sebuah blog yang kedua adalah bertambahnya jumlah pengunjung.

Semakin mudah konten kita ditemukan, semakin besar kemungkinan blog kita dikunjungi. Tidak hanya itu, pengunjung blog Anda bisa dipastikan berasal dari traffic yang berkualitas.

Kenapa bisa demikian? Fitur personalized content berperan besar dalam hal ini. Pengguna yang mengunjungi blog kita akan merasa senang bahwa topik yang Anda miliki relevan dengan apa yang mereka butuhkan.

c. Sebagai Media Branding Yang Efektif

Jika blog kita menawarkan konten yang bagus, dampaknya akan sangat positif. Selain pengunjung akan sering datang ke blog kita lagi, Kita juga akan dianggap ahli di bidang tersebut. Hal ini akan membantu kita membangun branding untuk website kita.
d. Berpeluang Mendapatkan Banyak Backlink
Backlink adalah tautan di sebuah website yang mengarah ke website lain. Sebagai blogger, kita tentu memahami bahwa peran backlink dalam mendongkrak kredibilitas blog kita sangat besar.

Saat kita mendaftarkan artikel ke Google News, konten kita berpeluang direkomendasikan oleh Google News. Jika sudah begitu, konten kita akan menjadi referensi terupdate tentang suatu topik.

Apabila blogger lain membutuhkan referensi pendukung, tentu mereka akan menggunakan sumber yang terpercaya. Bisa jadi sumber itu adalah konten blog kita. Semakin banyak backlink yang kita dapatkan, maka blog kita akan semakin terpercaya.

e. Tidak Perlu Mengeluarkan Biaya Untuk Iklan

Memanfaatkan berbagai jenis iklan online untuk mempromosikan sebuah blog adalah hal yang wajar. Namun, jika kita bisa mendapatkan hasil yang sama tanpa mengeluarkan biaya, tentu lebih baik.

Dengan cara membuat berita di Google, layanan ini berpotensi mendatangkan organic traffic ke blog kita. Organic traffic adalah kunjungan yang berasal dari mesin pencari dan kita tidak perlu mengeluarkan sepeserpun untuk hal ini.

Panduan Cara Daftarkan Blog ke Google News Publisher

Setelah tau manfaat daftar Google News untuk Blog kita, yuk langsung cek panduan cara daftarkan blog atau wesite kalian ke Google News Publisher yang sudah aku susun berikut.

a. Tahap Persiapan

Sebelum kita mulai melakukan pendaftaran blog atau website kita ke Google News maka pastikan dulu bahwa blog atau website kita sudah terpasang:
- Google Analytics 
- Google Search Console 

Kemudian siapkan gambar logo dengan ukuran:
- Square ukuran 512 x 512 px
- Logo ukuran 10:1 misal 2000 px: 200 px (Backround putih)
- Logo ukuran 10:1 misal 2000 px: 200 px (Backround gelap)

b. Membuat Akun di Google Publisher

Tahapan dalam membuat akun di Google Publisher yaitu dengan langkah berikut:

1. Membuka publishercenter.google.com
Membuat Akun di Google News

2. Masukkan Isikan URL dengan nama blog yang akan kita daftarkan, dan data lain yang wajib diisi dalam isian, kemudian klik Add Publication
Membuat Akun di Google News

3. Klik Open Google News, jika kita mau menggunakan akun lain bisa klik Other Publications
Membuat Akun Google News untuk Blog

4.  Lakukan Setting dengan cara Klik Edit
Mendaftar Akun ke Google News
    
   Isi Categori dan Isian lain sesuai dengan blog kita
Mendaftar Akun Ke Google News

    Kemudian Klik Next
Mendaftar Akun ke Google News

5. Menambahkan Section dengan Klik New Section Terlebih dahulu Kemudian Klik Feed
Cara Membuat Akun Google News untuk Website dan Blog

Kemudian isi link Feed atau RSS, ini saya awalnya coba menggunakan link feed terlebih dahulu jika  gagal akan saya buat dengan link RSS
Cara Membuat Akun Google News untuk Website dan Blog

6. Menambahkan Logo yang sudah kita siapkan dengan 3 ukuran yang meliputi:
    - Square ukuran 512 x 512 px
    - Logo ukuran 10:1 misal 2000 px: 200 px (Backround putih)
    - Logo ukuran 10:1 misal 2000 px: 200 px (Backround gelap)
Cara Membuat Akun Google News untuk Website dan Blog

7. Melengkapi Terms of Service dengan melengkapi data isian kemudian Klik Submit
Cara Membuat Akun Google News untuk Website dan Blog

8. Lakukan Review, disini penting dilakukan untuk memastikan bahwa data yang kita isi sudah lengkap dan benar. Disini terlihat ada keterangan masih ada 1 empty section. Sehingga, saya harus cek ulang data saya. Dan ternyata link feed saya gagal digunakan. Kemudian saya coba membuat link RSS untuk memperbaiki. Namun, jika dalam kolom review sudah lengkap dan tidak ada yang perlu dilengkapi atau cek lagi kita bisa langsung klik Submit.
Cara Membuat Akun Google News untuk Website dan Blog

c. Membuat Link RSS

    Langkah awal dalam membuat Link RSS yaitu masuk ke rss.app
Cara Membuat Link RSS
    
    Kemudian, lakukan Login dengan akun Google dari Blog atau Website kita
Cara Membuat Link RSS untuk Google News untuk Website dan Blog

    Langkah selanjutnya, yaitu isikan alamat blog atau website kita dan klik Generate
Cara Membuat Link RSS

    Kemudian, Copy Link Hasil Generate
Cara Membuat Link RSS untuk Google News untuk Website dan Blog

d. Lakukan Edit Ulang Section

Setelah berhasil membuat link RSS, kemudian masuk lagi kekolom section dan lakukan pengeditan dengan mengganti link feed dengan link RSS baru hasil generate.
Cara Mendaftar Google News Publisher untuk Blog dan Website

e. Review Kembali dan Publish

Selanjutnya lakukan review kembali, dalam tahap ini pastikan semua artikel kita sudah muncul dalam feed. Setiap akun akan membutuhkan waktu yang berbeda-beda mulai dari 1 menit hingga berjam-jam tergantung seberapa banyak artikel yang telah dipublish oleh website atau blog yang didaftarkan.
Cara Mendaftar Akun Google News Publisher untuk Website dan Blog
    
    Setelah kita pastikan semua artikel telah muncul, selanjutnya kita bisa Submit
Cara Mendaftar Google News Publisher untuk Blog dan Website

f. Tunggu Proses Review Pendaftaran Google News Publisher

Jika sudah melalui step publish pengajuan pendaftaran Google News Publisher, tahap terakhir adalah menunggu proses review dari google. Masing-masing akun membutuhkan waktu yang berbeda-beda, mungkin juga ditentukan oleh jumlah antrian yang mengajukan pada periode tersebut.Ada yang sekitar 3 hari sudah diacc, namun ada yang membutuhkan waktu tunggu lebih lama. Jadi kita harus tunggu dengan sabar ya...
Review Pendaftaran Google News Publisher

Penutup

Nah, gimana? setelah membaca artikel ini sobat kreasi sudah punya gambaran ya tentang Google News, apa saja manfaatnya dan bagaimana sih cara mendaftarkan websiite atau blog kita ke Google News Publisher. Selamat mencoba ya.... Jika sudah coba, boleh banget ya share pengalaman kalian di kolom komentar... 😊

9 komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Semoga sudutpandangnovita dapat membuat readers nyaman.

Ditunggu celotehnya dikolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup ya... 😊
  1. Sepertinya untuk setting Google News ini yang paling sering trouble di RSS feed ya mbak. Trus yang bikin deg-degan nungguin munculnya list artikel dan menanti statusnya Live. Saya 4 hari baru ijo. Alhamdulillah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul mbak,,, saya juga 4 hari baru berhasil status live...hehe

      Hapus
  2. mencoba mengingat-ingat lagi, saya sudah melewati tahap ini atau belum :D, . Ulasannnya bisa diaplikasikan di blog satunya

    BalasHapus
  3. Jadi inget gimana deg-degannya pas waktu masang google news dulu wkwkwk. Tapi emang buktinya ngefek sih, habis pasang gnews jadi gak perlu inspect url di GSC tiap habis nulis artikel. Indeksnya jadi lebih cepet, sehari langsung keindeks..

    BalasHapus
  4. belajar lagi ini, bagi blogger memang google news banyak gunanya ya

    BalasHapus
  5. Saya sudah pasang google news dan beneran kok, bermanfaat banget untuk membantu artikel kita cepat tayang di google, pasangnya juga ga terlalu rumit

    BalasHapus
  6. Pasang goggle news cuma deg-degan diawal aja karena ga langsung terdeteksi, setelah itu ya langsung naik deh trafik blog kita.

    BalasHapus
  7. Aku pasang Gnews sejak kapan ya? rada males dulu mau daftar atau engga. AKu emak-emak yang nunggu butuh dulu baru pasang, untungnya dulu di salah satu kelas wajib daftar gnew. Jadilah daftar. Daan rupanya emang sepenting itu manfaat daftar gnews. Kadang kita tuh harus dipaksa dulu sih baru gerak..yaa itu aku hahaa

    BalasHapus
  8. Ini dia artikel yang saya cari-cari di awal 2024, secara resolusi ku di tahun ini, adalah membuat blog ku lebih maju dan lebih dikenal oleh masyarakat. Google News ini jawaban tepat utk resolusi 2024.

    BalasHapus