Pentingnya Website untuk Bisnis di Era Digital

Website Bisnis
Perkembangan era digital yang semakin cepat, menjadi tantangan bagi dunia usaha… Dunia usaha dituntut untuk terus menyesuaikan diri agar dapat bertahan dan berkembang... Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu melakukan strategi pengembangan potensi bisnis melalui internet dengan website. Dalam artikel kali ini aku mau bahas pentingnya website untuk bisnis di era digital.

Adakah sobat kreasi yang memiliki bisnis?

Mungkin sebagian dari sobat kreasi adalah pengusaha atau mungkin sedang belajar tentang bisnis, boleh banget Simak ulasan artikel ini ya….

Sebelum mengulas pentingnya website untuk bisnis, yuk kita pahami dulu apa sih sebenarnya website itu, sejarah dan unsur dari website.

Apa sih Website itu?

Website merupakan halaman atau kumpulan halaman web yang saling terhubung dan dapat diakses dari mana saja melalui jaringan internet.

Situs web biasanya berisi informasi yang ditampilkan dalam berbagai format seperti gambar, teks, video, dan audio. Selain itu, di dalam website juga menyediakan fitur interaktif seperti, komentar, form kontak ataupun chatting. Masing-masing halaman web mempunyai alamat unik yang dikenal dengan istilah URL (Uniform Resource Locator).

Dikutip dari niagahoster website terdiri dari dua elemen utama, yakni client-side dan server-side.

Client-side website adalah bagian situs yang terlihat oleh pengguna melalui browser, seperti Google Chrome atau Internet Explorer. Bagian ini tersusun atas HTML, CSS, dan JavaScript untuk merancang dan menampilkan halaman web.

Sebaliknya, server-side website adalah bagian website yang tersembunyi oleh pengguna, dan berisi file dan data yang diolah oleh web server. Bagian server-side ini terdiri dari bahasa pemrograman, seperti PHP, Python, atau Ruby on Rails.

Sejarah Kemunculan Website

Sejarah awal dikenalnya teknologi website yaitu bermula dari temuan cemerlang dari seorang ilmuan genius yang bernama Tim Berners-Lee. Dia adalah seorang ilmuwan komputer yang lahir di London dan lulus dari Universitas Oxford.

Awal mulanya Tim Berners-Lee terlibat dalam sebuah proyek Bernama World Wide Web (WWW) di tahun 1989. Sebenarnya tujuan awal perancangan website pada saat itu yaitu untuk memfasilitasi kebutuhan ilmuan terkait dengan pertukaran dan pembaruan informasi antar sesama peneliti secara cepat dan otomatis. 
In those days, there was different information on different computers, but you had to log on to different computers to get at it. Also, sometimes you had to learn a different program on each computer. Often it was just easier to go and ask people when they were having coffee… - Tim Berners-Lee.
Tim Berners-Lee berpikir untuk mencari cara memecahkan masalah ini dan bisa diterapkan secara luas. Perkembangan internet telah mendukung jutaan computer untuk dapat terhubung, dan ini dapat dimanfaatkan dengan mengembangankan teknologi baru.

Dalam proses pengembangannya, Tim Berners-Lee menuliskan tiga teknologi dasar yang sampai saat ini masih menjadi dasar pembuatan web. Ketiga teknologi dasar tersebut mencakup HTML (HyperText Markup Language), URI (Uniform Resource Identifier) yang sekarang lebih umum disebut URL (Uniform Resource Locator), dan HTTP (HyperText Transfer Protocol).

Kemudian tepatnya tahun 1990an, Tim Berners-Lee mulai memperkenalkan website untuk dipergunakan oleh masyarakat luas. Sejak saat itu, pertumbuhan web mengalami peningkatan setiap tahunnya. Menurut data websiterating menjelaskan bahwa:
- Per 6 Januari 2023, ada 5,569,200,301 (5.6+ miliar) pengguna internet.
- Rata-rata pengguna Internet global menghabiskan tujuh jam online setiap hari.
- Dan pada November 2022, ada lebih dari 1.14 miliar situs web.

Dengan meningkatnya pengguna internet secara global, perkembangan website juga ternyata mengalami perkembangan yang luar biasa pesat ya sob…

Website untuk Bisnis

Unsur-Unsur Pendukung Website

Sebuah halaman website terdiri dari beberapa unsur, berikut adalah lima unsur penting yang wajib ada di dalam sebuah website:

a. Domain

‍Unsur pertama yaitu domain, domain adalah alamat atau nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi situs web di internet. Jadi dengan alamat unik ini halaman web dapat diakses. Contoh domain yaitu “.com”, “.id”, “.co.id”, atau “.org”.

Penggunaan domain yang unik, mudah diingat, dan relevan dengan bisnis akan mempermudah pengunjung dalam mengakses website kita. Buat kalian yang mau beli dan pasang domain, bisa intip artikel yang bisa kalian gunakan panduan bagaimana cara membeli memasang domain ini ya.

b. Hosting

Unsur kedua yaitu hosting, hosting merupakan layanan penyimpanan data dan website di server internet. Sehingga website kita dapat diakses melalui internet.

Ada banyak jenis hosting yang dapat kita pilih, mulai dari cloud hosting sampai VPS hosting. Kita dapat memilih jenis layanan hosting dengan menyesuaikan kebutuhan dan ketersediaan dana yang kita miliki. Hosting yang baik dan andal akan menjamin website kita dapat cepat dan stabil ketika dibuka pengunjung.

c. Bahasa Pemrograman

Unsur ketiga website yaitu bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman merupakan bahasa khusus yang digunakan untuk membuat dan mengatur tampilan serta fungsi-fungsi sebuah situs web. Contoh bahasa pemrograman yang umum digunakan antara lain HTML, CSS, JavaScript, dan PHP.

Website yang didukung dengan bahasa pemrograman yang tepat akan dapat menjadikan situs web jadi lebih interaktif dan fungsional.

d. Konten

Unsur selanjutnya yaitu konten website, konten website merupakan unsur vital dapat mempengaruhi perkembangan website. Sebuah situs website yang dapat menyajikan konten yang baik, menarik, informatif, mudah dipahami dan berkualitas akan mempengaruhi pengunjung untuk tertarik berlama-lama mengakses website kita.

Konten website dapat berupa teks, gambar, audio, video, maupun kombinasi dari semuanya.

e. Desain Web

Desain atau tampilan website menjadi unsur pendukung yang juga penting dipertimbangkan. Desain website yang unik dapat menarik perhatian pengguna dan menciptakan pengalaman pengguna yang positif. Desain website juga harus responsif, yaitu dapat menyesuaikan tampilan sesuai perangkat yang digunakan oleh pengunjung.

Selain itu, kecepatan loading website juga sangat penting untuk menjaga minat pengguna dan menghindari kemungkinan mereka meninggalkan website karena proses loading yang terlalu lama. Itulah mengapa desain tampilan sangat penting bagi keberhasilan sebuah website.

Dengan desain situs web yang baik, pengunjung merasa nyaman dan mudah dalam mengakses informasi yang disajikan. Salah satu cara yang bisa kalian lakukan yaitu dengan update template fiksioner v4.

Website Bisnis

Jenis-Jenis Website

Berdasarkan sifat konten, website dibagi menjadi dua kategori, yaitu website statis dan dinamis.

Website statis adalah situs website yang informasinya bersifat statis atau tidak berubah-ubah tetap sama, misalkan ada perubahan itupun jarang sekali dilakukan. Dalam website statis tidak disediakan fitur untuk mendukung interaksi aktif dengan pengunjung.

Sedangkan website dinamis adalah jenis situs web yang tampilannya berubah secara otomatis sesuai inputan pengguna. Dalam jenis website ini disediakan fitur yang dapat mendukung interaksi aktif dengan pengunjung, seperti tersedianya kolom tanya jawab pada website, nya form untuk registrasi, fitur untuk chat langsung atau live chat, dan fitur-fitur lainnya.

Namun jika dilihat dari tujuannya, terdapat beberapa jenis website, seperti:

a. Website Pribadi atau Blog

Website pribadi atau blog adalag website yang dibuat oleh individu sebagai tempat untuk berkreasi mengekspresikan diri, berbagi pengalaman atau pemikiran, maupun sebagai wadah untuk menulis secara reguler.

Biasanya, konten pada situs web pribadi bersifat subjektif dan berkaitan dengan kehidupan pribadi si pembuat website. Contohnya, blog sudutpandangnovita yang merupakan personal lifestyle blog.

b. Website E-commerce

Website e-commerce merupakan website yang berfungsi sebagai toko online. Dalam website ini penjual dan pembeli dapat melakukan transaksi jual beli barang atau jasa secara online. Pada umumnya, website e-commerce menyediakan fitur-fitur seperti keranjang belanja, pembayaran online, dan pengiriman barang.

Contoh toko online seperti Lazada, Tokopedia, atau Shopee yang telah menjadi platform untuk membeli barang dengan mudah dan praktis.

c. Website Company Profile

Website company profile adalah jenis website yang dibuat untuk memperkenalkan suatu perusahaan atau bisnis. Situs web ini berisi informasi tentang sejarah perusahaan, produk dan jasa, serta visi misi perusahaan.

d. Website Organisasi atau Pemerintahan

Website organisasi atau pemerintahan merupakan website yang dibuat dan dikelola oleh organisasi maupun lembaga pemerintahan. Tujuan dibuatnya website ini yaitu untuk menyediakan informasi kepada masyarakat tentang lembaga tersebut. Selain itu, website jenis ini juga dapat memberikan akses kepada masyarakat untuk mengajukan permohonan atau mendapat layanan.

e. Website Berita

Website berita adalah situs web yang menyajikan informasi aktual dan terkini tentang berita dari berbagai bidang, seperti politik, sosial, ekonomi, dan lain sebagainya. Website berita biasanya dikelola oleh media massa dan menyediakan berbagai macam konten.

Pentingnya Website untuk Bisnis di Era Digital

Website sangat penting bagi bisnis, sehingga website menjadi platform yang wajib dimiliki oleh sebuah bisnis di era digital. Kenapa sih website menjadi penting? Berikut ulasan beberapa manfaat yang dapat diperoleh jika sebuah bisnis terintegrasi dengan platform website

a. Meningkatkan Visibilitas Bisnis Di Internet

Dengan adanya website, sebuah bisnis dapat dengan mudah ditemukan oleh calon pelanggan melalui mesin pencari seperti Google. Selain itu, dengan adanya website membuka peluang yang besar untuk bisnis dapat dikenal, diakses dan ditemukan oleh siapa saja, dari mana saja dan kapan saja. Jadi kemungkinan bisnis mendapatkan target pasar yang lebih luas peluangnya lebih besar.

Untuk mendapatkan tingkat visibilitas yang tinggi, website bisnis harus teroptimasi dengan strategi SEO.

Dengan SEO, konsumen dengan mudah dapat menemukan website bisnis kita di pencarian Google hanya dengan satu kata kunci. Jika dikelola secara optimal, website bisnis dapat diakses oleh target konsumen dari berbagai negara. Sehingga dapat menjangkau sampai ke pasar internasional.

b. Meningkatkan Kredibilitas Dan Kepercayaan Konsumen

Kredibilitas dan kepercayaan pelanggan menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Melalui penggunaan website, diharapkan kredibilitas dan kepercayaan pelanggan terhadap produk/layanan yang ditawarkan sebuah bisnis dapat meningkat.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan agar bisnis Anda terlihat profesional dan memiliki kredibilitas tinggi di mata konsumen:
  • Desain website dengan tampilan user-friendly, sehingga pengunjung dapat lebih nyaman dengan desain yang simpel dan mudah dipahami.
  • Pastikan kecepatan website berjalan secara cepat dan optimal
  • Menyajikan informasi produk/layanan secara detail dan akurat
  • Menampilkan testimoni produk dan review pelanggan
  • Menghubungkan website dengan akun media sosial yang dimiliki oleh bisnis
  • Menyediakan informasi kontak dan profil bisnis

c. Manfaat Website Untuk Bisnis Sebagai Media Promosi

Website tidak hanya bermanfaat sebagai media informasi dan komunikasi saja, tapi juga sebagai platform yang berfungsi sebagai media promosi dan penjualan produk. Melalui website, suatu bisnis dapat membuat berbagai materi promosi yang bertujuan untuk meningkatkan angka penjualan.

Kita dapat membuat konten artikel yang menjelaskan berbagai informasi terkait bisnis kita, produk dan layanannya. Dengan begitu, pengunjung akan lebih mengenal bisnis kita dan dapat menjadi prospek pelanggan yang potensial.

d. Menghemat Budget Operasional Bisnis

Jika dibandingkan dengan metode promosi tradisional seperti iklan di media cetak atau radio, website terbukti lebih menghemat biaya pemasaran suatu bisnis.

Selain itu, website juga dapat memberikan kemudahan bagi konsumen untuk melakukan pembelian secara online, yang dapat meningkatkan penjualan dan efisiensi bisnis.

Apalagi, di era digital saat ini konsumen cenderung lebih suka membeli berbagai macam produk secara online daripada harus datang langsung secara offline.

e. Bisnis Dapat Beroperasi 24 Jam Tanpa Libur

Melalui website konsumen dari berbagai daerah bahkan negara dapat mengakses kapan saja. Inilah yang memungkinkan konsumen dapat mengunjungi bisnis kita selama 24 jam dalam sehari, bahkan di hari libur sekalipun.

Dengan website yang beroperasi 24 jam, produk dan layanan bisnis dapat tersedia kapan saja, tak hanya terbatas pada jam kerja. Dengan demikian, pelanggan pun dapat mengakses website dan memesan produk/layanan bisnis kapan saja.

f. Sebagai Media Komunikasi Antara Bisnis Dan Konsumen

Dalam bisnis dibutuhkan komunikasi serta ikatan yang erat antara bisnis dan konsumennya. Oleh karena itu, website hadir sebagai media komunikasi yang efektif bagi bisnis dalam menanggapi berbagai macam keluhan, serta pertanyaan konsumen terkait produk/layanan.

Melalui website, kita bisa menyediakan fitur “chat” sebagai media komunikasi dengan konsumen untuk menjawab keluhan serta pertanyaannya.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan informasi kontak seperti email, akun media sosial, dan nomor telepon untuk memudahkan konsumen dalam berkomunikasi dengan kita.

g. Meningkatkan Pelayanan Konsumen

Melalui website, kita dapat memberikan layanan informasi yang dibutuhkan oleh konsumen dengan mudah dan cepat. Hal ini dapat membantu meningkatkan kepuasan konsumen dari bisnis kita.

Selain itu, untuk meningkatkan pelayanan bisnis melalui website kita dapat menyediakan fitur “shop” atau belanja langsung di website bisnis kita dan juga memberikan kemudahan transaksi dengan berbagai metode pembayaran.

Sehingga, melalui fitur tersebut konsumen dengan mudah dapat melakukan pembelian produk/layanan tanpa perlu datang secara offline.


Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Semoga sudutpandangnovita dapat membuat readers nyaman.

Ditunggu celotehnya dikolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup ya... 😊