Manajemen Keuangan: Pengertian, Fungsi dan Tujuan

Manajemen Keuangan

Hi, sobat kreasi..

Setelah sebelumnya aku bahas tentang literasi keuangan, dalam artikel kali ini aku juga masih bahas tentang keuangan yaitu tentang manajemen keuangan.

Apakah sobat kreasi selalu melakukan perencanaan sampai pengawasan pengeluaran keuangan pribadi dalam setiap bulannya?

Jika jawabannya iya, berarti sobat kreasi sudah melakukan manajemen keuangan pribadi. 

Dalam mengelola keuangan, kalian bisa gunakan bantuan aplikasi pencatatan keuangan yang banyak tersedia atau bisa juga menggunakan tabel manual jika tidak memiliki perangkat yang dibutuhkan untuk download aplikasi.

Seseorang yang sudah mampu melakukan manajemen keuangan pribadi, paling tidak sudah memiliki literasi keuangan dan berada pada tingkat literasi Less Literate dan di atasnya.

Sedangkan dalam sebuah organisasi baik organisasi baik organisasi profit atau non-profit, manajemen keuangan menjadi aspek penting yang harus diperhatikan. Organisasi perlu memprioritaskan kualitas manajemen keuangannya jika ingin berkembang.

Lalu apa sih sebenarnya pengertian manajemen keuangan, fungsi dan tujuannya?

Yuk simak ulasannya dalam artikel berikut….

Manajemen Keuangan

Pengertian Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan adalah segala aktivitas yang berkaitan dengan kegiatan pengelolaan keuangan baik keuangan pribadi ataupun organisasi.

Dalam konteks organisasi bisnis, manajemen keuangan adalah kegiatan pengelolaan keuangan organisasi/perusahaan dengan tujuan agar tercapainya tujuan dari organisasi bisnis tersebut.

Kegiatan pengelolaan keuangan yang dimaksud yaitu di antaranya mencakup bagaimana cara perusahaan untuk memperoleh pendanaan modal untuk operasional kerja, bagaimana perusahaan dalam mengalokasikan dana tersebut serta bagaimana perusahaan mengelola asset-aset yang dimilikinya.

Sehingga, secara umum seorang manajer keuangan dalam sebuah perusahaan memiliki tugas merencanakan, mencari pendanaan serta memanfaatkan dana yang didapatkan secara efektif dengan tujuan agar operasi perusahaan dapat berjalan dengan optimal.

Hal ini dilakukan yaitu agar dapat tercipta nilai ekonomis perusahaan, yang pada akhirnya dapat menciptakan kesejahteraan bagi para karyawan.


Manajemen Keuangan

Fungsi Penting Manajemen Keuangan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa seorang manajer keuangan memiliki peran penting, yaitu melakukan perencanaan, mencari dana serta dapat memanfaatkan dana dengan berbagai strategi yang bertujuan agar dana dapat berdaya guna secara optimal dalam rangka menunjang operasi perusahaan.

Tentunya hal tersebut membutuhkan pengetahuan akan pasar uang serta dari mana modal akan diperoleh dan bagaimana keputusan yang tepat di bidang keuangan harus dibuat.

Berikut penjelasan terkait dengan fungsi dari manajemen keuangan:

a) Planning atau Perencanaan Keuangan

Planning merupakan kegiatan awal yang harus dilakukan dalam mengelola keuangan. Pada fungsi planning, kegiatan yang dilakukan yaitu menyusun perencanaan arus kas serta laba rugi perusahaan.

b) Budgeting atau Anggaran

Setelah melakukan perencanaan, langkah selanjutnya yaitu kegiatan budgeting. Budgeting adalah kegiatan pengalokasian anggaran biaya secara efisien dengan tujuan untuk memaksimalkan dana yang dimiliki oleh perusahaan.

c) Controlling atau Pengendalian Keuangan

Controlling merupakan kegiatan untuk mengevaluasi keuangan serta sistem keuangan perusahaan. Jika ditemukan hal yang kurang atau tidak sesuai dengan apa yang sudah direncanakan, maka akan dilakukan perbaikan.

d) Auditing atau Pemeriksaan Keuangan

Fungsi selanjutnya yaitu auditing, auditing merupakan kegiatan audit internal terhadap keuangan perusahaan agar tidak terjadi penyimpangan dan dapat sesuai dengan kaidah standart akuntansi.

e) Reporting atau Pelaporan Keuangan

Fungsi terakhir yaitu reporting, reporting yaitu kegiatan untuk menyediakan laporan yang berisi informasi kondisi keuangan perusahaan serta analisis rasio laporan keuangan.

Tujuan Manajemen Keuangan

Tujuan utama dari manajemen keuangan yaitu untuk mengoptimalkan keuntungan perusahaan. Jika kondisi keuangan perusahaan memiliki performa yang baik, maka baik pemegang saham ataupun karyawan juga akan mendapatkan dampak positif dalam segi keuangan.

Berikut beberapa rangkuman terkait dengan tujuan manajemen keuangan menurut para ahli, yaitu untuk:

a) Memaksimalkan Keuntungan

Dalam dunia bisnis, akan selalu ada kondisi ketidakpastian. Sehingga, manajer keuangan juga tidak dapat menjamin bahwa dalam jangka waktu panjang perusahaan akan selalu memiliki kondisi keuangan yang baik dan keuntungan yang maksimal.

Namun, manajer keuangan dapat melakukan optimasi keuntungan dengan cara mengambil keputusan keuangan dengan tepat serta menggunakan dana perusahaan dengan tepat, efektif dan efisien.

b) Menjaga Arus Kas (Cash Flow)

Arus kas yang sesuai harus dimiliki oleh suatu perusahaan untuk membayar biaya-biaya kebutuhan operasional perusahaan. Misalnya untuk membayar gaji pegawai, pembelian bahan baku, sewa gedung, pembayaran listrik, dan lain sebagainya.

Arus kas yang baik dapat berdampak pada peningkatan keberhasilan perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan wajib menjaga cash flow agar tetap positif secara berkala.

c) Mempersiapkan Struktur Modal

Untuk menjaga agar kondisi keuangan perusahaan dapat selalu seimbang. Maka, manajer keuangan harus memutuskan rasio yang tepat antara pembiayaan yang dimiliki dan keuangan yang dipinjam.

Oleh karena itu, perusahaan harus menyiapkan struktur modal

d) Pemanfaatan Keuangan yang Tepat

Manajemen keuangan dapat mengarahkan seorang manajer keuangan untuk dapat memanfaatkan keuangan perusahaan dengan tepat. 

Sehingga, uang perusahaan benar-benar dapat dimanfaatkan dengan optimal dan tidak terjebak pada investasi yang tidak menguntungkan bagi perusahaan.

e) Memaksimalkan Kekayaan

Pemegang saham ketika menanamkan sahamnya pastinya memiliki harapan untuk mendapatkan deviden yang maksimal. Sehingga, secara langsung ini juga menjadi tuntutan bagi manajer keuangan.  

Oleh karena itu, manajer keuangan harus selalu berupaya untuk dapat meningkatkan nilai pasar saham. Sebab nilai pasar saham secara langsung berkaitan dengan kinerja perusahaan, dan pada akhirnya berpengaruh terhadap pertambahan kekayaan perusahaan.

f) Meningkatkan Efisiensi

Manajemen keuangan bekerja dengan tujuan sebagai upaya peningkatan efisiensi pada seluruh departemen yang ada pada sebuah perusahaan. 

Oleh karena itu, distribusi keuangan yang tepat dalam semua aspek akan meningkatkan efisiensi perusahaan secara menyeluruh.

g) Mempertahankan Kelangsungan Hidup Perusahaan

Keuangan adalah kunci dari kelangsungan hidup perusahaan. Oleh karena itu, seorang manajer keuangan harus selalu berhati-hati dalam setiap keputusan terkait keuangan. 

Banyak tantangan yang dihadapi oleh perusahaan seiring dengan meningkatnya ritme dunia bisnis yang semakin kompetitif saat ini. 

Kesalahan keputusan yang diambil oleh manajer keuangan akan memberikan dampak buruk bagi kelangsungan hidup perusahaan, apalagi jika sampai perusahaan mengalami kebangkrutan.

h) Mengurangi Resiko Operasional

Dalam pelaksanaan operasional perusahaan, akan banyak kemungkinan resiko yang muncul. Nah, disini manajemen keuangan hadir sebagai upaya meminimalisir resiko-resiko yang akan muncul.

Dengan langkah tepat yang diambil oleh manajer keuangan, maka akan dapat menghindari atau mengurangi resiko tersebut. 

i) Mengurangi Biaya Modal

Manajemen keuangan akan mengarahkan seorang manajer keuangan untuk bisa membuat perencanaan struktur modal yang tepat agar biaya modal dapat diminimalkan.

Penutup

Nah itu dia, pembahasanku mengenai manajemen keuangan yang meliputi pengertian, fungsi dan tujuan. 

Ada setidaknya 5 fungsi manajemen keuangan yang kalian perlu ketahui. Fungsi-fungsi tersebut dapat mengarahkan manajer keuangan dapat bertindak dan membuat keputusan yang tepat terkait dengan keuangan perusahaan. 

Sehingga, harapannya tujuan perusahaan secara keseluruhan dapat tercapai.

Namun sebenarnya fungsi manajemen keuangan tidak hanya bisa diterapkan dalam mengelola keuangan perusahaan atau suatu organisasi non profit. 

Fungsi manajemen keuangan juga bisa kita terapkan dalam mengelola keuangan pribadi dan rumah tangga Lho...

Jadi kalau kita sudah memiliki literasi keuangan yang baik, kita dapat dengan mudah menerapkan fungsi manajemen dalam mengelola keuangan pribadi.

Kualitas tingkat literasi keuangan seorang individu menentukan seberapa dia cakap dalam memanage keuangan.

Bagaimana? tertarik untuk menerapkannya? Komen dikolom komentar yaa.... 

Baca juga artikel saya tentang "Mengenal Ruang Lingkup dan Prinsip Manajemen Keuangan".

43 komentar

Terimakasih sudah berkunjung. Semoga sudutpandangnovita dapat membuat readers nyaman.

Ditunggu celotehnya dikolom komentar, namun jangan tinggalkan link hidup ya... 😊
  1. wah ini sih aku mesti belajar lagi soal manajemen keuangan. mulai dari manajemen keuangan rumah tangga dulu deh. sering bocor alus, euy

    BalasHapus
  2. Manajemen keuangan masih belum rapi nih, masih suka bocor sana sani. Konsistensi buat ngejalanin sesuai rencana dan anggaran ternyata sulit

    BalasHapus
  3. Mbak aku harus jadi mahasiswamu deh. Perlu belajar banyak soal keuangan hihi. Soalnya udah hemat udah nabung keknya aku belum merasakan banget dampaknya. Lebih sering kalapnya sih daripada sadar manajemen keuangan huhu

    BalasHapus
  4. Mengatur keuangan terutama di keluarga tuh perlu konsisten dan teliti. Dulu zaman rajin, sampai uang parkir, angkot pun aku catat satu-satu. Hehe...Lama-lama males.
    Yuuk ah, mulai lagi. Dengan memahami manajemen keuangan untuk menekan pengeluaran yang engga perlu sih...

    BalasHapus
  5. Manajemen keuangan ini kudu dibiasakan. Fungsinya akan sangat bagus untuk kesehatan keuangan dan pencapaian tujuan finansial ke depannya.

    BalasHapus
  6. Manajemen keuangan ini yang harus terus saya perdalam ilmunya, mengingat pekerjaan saya sehari-hari adalah di bidang tersebut.

    BalasHapus
  7. Baru belajar memanajemen keuangan keluarga biar tetap stabil dan ke depan punya dana darurat juga. Penting sekali memang mengatur keuangan apalagi jika ada usaha

    BalasHapus
  8. Managemen keuangan ini memang sangat perlu sekali. Klo aq sendiri tujuannya biar ngga terlalu banyak melakukan pemborosan, dan tabungan masa depan anak-anak

    BalasHapus
  9. Kalo cuma mencatat debit kredit keuangan, sudah termasuk melakukan management keuangan blm sih mb?

    BalasHapus
  10. Betul mba, kita juga bisa menerapkan prinsip di atas pada keuangan pribadi. Alhamdulillah saya dan suami merasakan banyak manfaat. Salah satunya lebih siap saat menghadapi kebutuhan darurat. Tapi ya harus mau menahan diri dan patuh dengan budgeting yang sudah dibuat.

    BalasHapus
  11. Untuk menjaga kesehatan keuangan dan mencapai tujuan finansial, kita harus menerapkan manajemen keuangan. Dengan manajemen yang baik, pengeluaran yang tidak perlu bisa dibatasi.

    BalasHapus
  12. Manajemen keuangan itu adalah salah satu hal yang harusnya nggak tabu untuk diperbincangkan ya, apaagi jika sudah berkeluarga :)

    BalasHapus
  13. Di dalam rumah tangga juga harus ada manajemen keuangan, klo nggak bisa ludes uang kita, trus ngga ada tabungan untuk masa depan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak apalagi buat tabungan pendidikan ya, sama dana lain lain itu wajib dipersiapkan

      Hapus
  14. Fungsi manajemen keuangan itu banyak banget ya. Bahkan dari laporan keuangan kita bisa menentukan keputusan. Perusahaan mau gimana. Mau go atau mau bertahan, tergantung dg situasi keuangannya.

    BalasHapus
  15. Manajemen keuangan dengan ragam manfaatnya bisa mendukung seseorang untuk bisa kelola finansial lebih baik. Cuss semangat yuk

    BalasHapus
  16. Sampai saat ini,saya masih terus berusaha menerapkan manajemen keuangan dalam keluarga, Mbak. Jadi saat ini, paling mencatat pemasukan dan pengeluaran. Terus karena saya freelance yang penghasilan tak menentu, harus pintar-pintar selipkan uang untuk dana cadangan hehehe.

    BalasHapus
  17. Meski ga sekaligus paham tapi saya juga tertarik untuk mengulik ilmunya nih
    Secara umum kan manajemen keuangan ini juga bisa kita terapkan dalam mengelola keuangan pribadi dan rumah tangga ya

    BalasHapus
  18. Itulah pentingnya kita belajar manajemen keuangan. Soalnya manajemen keuangan tuh bisa dimulai dari diri kita sendiri dl. Baru ke keluarga dan lingkup keluarga besar dan lainnya.

    Kalo kita bisa mengatur keuangan sejak lingkup kecil, percaya deh dlm mengelola keuangan dlm lingkup besar pasti akan gampang, meski hrs belajar lagi ya.

    BalasHapus
  19. Manajemen keuangan itu memang penting banget deh. Biar keuangan bisa lebih terencana dan penggunaannya lebih terkontrol. Gak amburadul seperti saya jadinya. Hufff... mesti mulai menerapkan manajemen keuangan nih.

    BalasHapus
  20. Saya terbiasa budgetting mbak tiap bulan kalau ga gitu agak bingung juga, lebih tertata aja sih rasanya

    BalasHapus
  21. Siapapun kudu tau basic memanage keuangan sih ya. Pelan-pelan diterapkan, kalo udah konsisten pasti gampang.

    BalasHapus
  22. Manajemen keuangan ini bisa diterapkan dalam segala kondisi, ya. Bisa di perusahaan maupun di keluarga.

    BalasHapus
  23. Bener banget nih, budgeting dan perencanaan keuangan itu penting banget buat kelangsungan perusahaan! Dengan planning yang matang, kita bisa siapin langkah-langkah jitu buat manfaatin dana seoptimal mungkin. Trus, budgeting juga bikin kita bisa alokasikan dana dengan efisien, jadi setiap rupiah bisa dipake dengan maksimal. 💰📊

    BalasHapus
  24. setiap perusahaan mau skala besar ataupun kecil harus punya manajemen keuangan yang baik ya. pemilik usaha atau bisnis harus melek atau paham soal keuangan apalagi yang terkait bisnis dan usaha.

    BalasHapus
  25. Wah jadi PR yaa mbaa, mengatur keuangan juga ada manajemennya tersendiri.. ada tipsnya.. tinggal prakteknya aja nih

    BalasHapus
  26. bagiku masih PR banget untuk manajemen keuangan terutama untuk masa depan
    selama ini kelola keuangan hanya untuk harian saja

    BalasHapus
  27. Meski nggak punya usaha atau perusahaan, tapi belajar manajemen keuangan perlu banget sih. Diterapkan di keluarga, manajemen keuangan bisa banget bantu mengatur keuangan biar uang keluarga nggak menghilang tanpa jejak, ada tabungan, ada dana darurat, buat investasi, dll

    Vita mamanesia.com

    BalasHapus
  28. Manajemen keuangan memang penting banget ya, Mbak. Perusahaan mungkin bisa merekrut orang yang ahli di bidang itu. Lah kalau individu atau keluarga? Mau nggak mau ya mesti belajar.

    BalasHapus
  29. Baca mengenai pengertian manajemen keuangan beserta tujuannya begini, mengingatkan aku sama perkenalan pertama sama mata kuliah manajemen keuangan di kampus dulu deh. Bukan hanya perusahaan atau bisnis saja yang butuh. Perorangan pun nggak ada salahnya menerapkan manajemen keuangan di keseharian. Paling nggak biar cashflow terencana dengan baik.

    BalasHapus
  30. Selain untuk mengelola keuangan bisnis, sepertinya manajemen keuangan ini juga perlu diterapkan untuk mengelola keuangan keluarga ya, Kak. Kayak budgeting, kalo gak dibuat dulu anggarannya, bisa boncos di mana-mana euy

    BalasHapus
  31. Penting sekali memanage keuangan ini untuk bisa mengerem pengeluaran, karena ada budget dan perencanaan untuk menggunakan uang. Sebagai ibu, bangga banget bisa menjadi manager keuangan di rumah, hehe.

    BalasHapus
  32. Ternyata busa diterapkan di ranah rumah tangga ya kak? Lengkap banget wis, aku biasanya juga melakukan budgeting tapi selalu lupa untuk auditing. Kalau reporting sih, pengeluaran seringnya aku catat

    BalasHapus
  33. Nggak cuma buat bisnis atau kantor, manajemen keuangan tuh harusnya mulai diterapkan dari rumah tangga atau diri sendiri yaaaa.. karena untuk mengatur keuangan tuh emang ga gampang.. huhu

    BalasHapus
  34. Baca artikel ini jadi mengingat kembali pelajaran-pelajaran waktu kuliah dulu. Setelah dewasa, aku jadi semakin paham kalau manajemen keuangan itu gak cuma penting untuk perusahaan namun juga untuk keuangan pribadi.

    BalasHapus
  35. Pekerjaan yang membutuhkan ketekunan dan kedisiplinan nih jika berkaitan dengan manajemen keuangan. Secara teratur memantau arus kas, sumber keuangan dan proyeksi keuangan di masa depan.

    BalasHapus
  36. Managemen keuangan sangat penting dan dibutuhkan semua orang. Khususnya agar keuangan dapat dikelola dengan baik sesuai dengan pos-posnya masing-masing.

    BalasHapus
  37. Ternyata fungsi manajemen keuangan itu ada banyak banget ya Kak nggak terbatas ke menjaga arus kas dan memaksimalkan keuntungan aja

    BalasHapus
  38. Saya suka dan tertarik untuk emmpelajari keuangan nih, manajemen keuangan ini kalau diterapkan ke rumahtangga dan pribadi, hasilnya bagus lo, lebih terarah dan cita-cita dapat terwujud karena telah mengatur keuangannya sejak jauh-jauh hari sebelumnya

    BalasHapus
  39. manajemen keuangan tuh juga butuh konsistensi. kayak aku awal-awal rajin banget ya bikin laporan keuangan gitu, tapi ke sini sini jadi males. tapi manage keuangan buat usaha sih penting banget, biar keliatan uangnya.

    BalasHapus
  40. Kalau ngobrolin Manajemen Keuangan dalam bisnis memang pasti utamanya adalah laba atau keuntungan, agar roda bisnis tetap berjalan dengan baik. Yan paling besar pengeluaran ternyata operasional yaa.. Maka kudu teliti membuat Manajemen Keuangan agar senantiasa balance, gak jadi minus.

    BalasHapus
  41. Wah manajemen kuanganku masih belum baik 🥲 dalam segala bidang manajemen keuangan memang sangat penting ya mba, apalagi kalau udah sampe minus

    BalasHapus
  42. Wah, ini mah sekelas kuliah 3sks ya 😁 ada rekomendasi aplikasi pencatatan keuangan yang simple dan cocok untuk rumah tangga gak, mbak?

    BalasHapus